Throwback! Alasan Rocky Gerung Bicara 'Kitab Suci Itu Fiksi'

Komentar

  1. Jhon Hendra

    Jhon HendraBulan Yang lalu

    Cara rocky tu duduk buat gw risik... Takut biji nya kegencet...

  2. Tisye Tisye

    Tisye Tisye2 bulan yang lalu

    Fix ini video ke 4 dan terakhir gw komenin. Baru jelas bhw sederhana nya om RG KEPELESET (manusia jg pasti keliru lah) menempatkan pengertian secara utuh kitab suci kepada pengertian tentang "Fiksi". Saya bukan bicara agamanya, tapi bicara ttng 2 pengertian secara utuh yaitu Fiksi dan Kitab suci. Jadi bukan hanya sekedar sifat fiksi yg imajinatif saja tp jelaskan juga donk latar belakang pengertian fiksi itu ada, apakah fiksi punya dasar pandangan yg dipertanggung jawabkan?? No! Fiksi itu hayalan/ketidaknyataan pikiran manusia wlpn ada pesan yg bisa di ambil. Tapi kitab suci silakan kalian cari artinya secara utuh, bila ada ketidakcocokan pengertian secara utuh antara Fiksi dan Kitab suci, Jadi jelas Kitab suci bukan Fiksi! Yg sy tanggap sec sederhana, sbnrnya om RG ini cuma mau kasih tahu kalau fiksi itu ga buruk/negatif. Tp di ambillah contoh dgn Kitab suci yg mnrt saya keliru. Jadi kalau orang-orang beragama yg meyakini kitab suci tidak sama dgn Fiksi ya wajarlah tidak setuju. Jd porsikan pengertian ilmiah, filsafat dgn ajaran yang hakiki. Karena statement nya ada diruang public ditonton jutaan umat beragama dan sy nonton juga kalau saat itu ada perwakilan 3 agama yg merasa tersinggung melaporkan om RG. CMIIW ๐Ÿ™‚

  3. Taufik Hasan

    Taufik Hasan4 bulan yang lalu

    Audionya mohon diurusin

  4. Sutarjo Harjo

    Sutarjo Harjo7 bulan yang lalu

    idreporter.net/v/video-HdBclxkH9n0.html buat pencerahan saja

  5. LeafSoul_Music

    LeafSoul_Music7 bulan yang lalu

    Otak nya gak ada . Makan nya kagak laku2

  6. Win Winanto

    Win Winanto9 bulan yang lalu

    Sebenar Roku ga waras karena. Orang lain dianggap bodoh

  7. La Jamuta

    La Jamuta10 bulan yang lalu

    dia bilang pertanyaan dari orang lain pertanyaan bodoh,karna mennyakan kitab suci apa ,,karna politisi tidak boleh menyakan masalah agama ..nah kan dia yang menggiring arah ke agama ,menyamakan kitab suci dengan fiksi .otomatis orang berhak bertanya dong kitab suci yang mana nih.....si rocky ini halusinasi sepertinya.

  8. Mesa Muda

    Mesa Muda10 bulan yang lalu

    Mending jadi detektif aja ini orang, Detektif Gerung ๐Ÿ˜‚

  9. Nuhid Muhammad

    Nuhid Muhammad11 bulan yang lalu

    Kitab Suci Porno vs Kitab Suci Fiksi. Ini penjelasan ilmiahnya: idreporter.net/v/video-75rrZrmST-s.html

  10. NKRI CINTADAMAI

    NKRI CINTADAMAI11 bulan yang lalu

    STATEMENT BUNG R.GERUNG MENURUT ANE MASUK "PENYESATAN UMAT/PENISTAAN AGAMA" . DAN HRS MEMPRTANGGUNGJAWABKN UCAPANNYA DIMUKA PENGADILAN/HUKUM, YG JUUUELAS & PUUUASTI IMAN PERCAYA ANE KITAB SUCI ITU FAKTA (BUKAN NOVEL/KAYALAN/IMAJINASI MANUSIA) KRN BERISI SEJARAH &UCAPAN/PERJALANAN NABI2, NAMA2 TEMPAT YG TERTULIS DLM KITAB SUCI (YANG DIIMANI UMAT BERAGAMA ISLAM, KRISTIAN, BUDHA DLL) SAMPAI SAAT INI BISA DITELUSURI ARKEOLOGI/NAMA TEMPAT YG TERTULIS PD KITAB SUCI TSB NYATA DAN BISA DITELUSURI/ DIKUNJUNGI/FAKTA ALIAS NON FIKSI. YG PUUUASTI CRITA FIKSI ITU CRITA BATMAN, SPIDERMAN, SUPERMAN DLL, DAN CRITA NOVEL2 ALIAS CRITA KAYALAN/FIKSI/IMAJINASI SESEORANG, DIMANA PEMERAN DAN TEMPATNYA TIDAK FAKTA/FIKTIF ALIAS DALAM KAYALAN/FIKSI/IMAJINATIF, GAK SAMA DONK DGN CRITA KITAB SUCI YG BERISI SEJARAH, UCAPAN NABI,&TEMPAT DLM KITAB FAKTA/ADA, JANGAN ANDA BER ARGUMEN YG BERBELIT-BELIT(GAK RASIONAL) & TIDAK CERDAS/DUNGU, SBAIKNYA ARGUMEN BUNG ROCKI DIUJI DIPENGADILAN SAJA BARU CLEANER,. JGN SOMBONG & MENYESATKAN UMAT DENGAN MENGATAKAN KiTAB SUCI ITU FIKSI, BUNG ROCKI BANYAK BERKAYAL SHG JADI FILSUF DUNGU/NON PROFESOR, INGAT!!! BUNG "BARANG SIAPA MENABUR ANGIN PASTI MENUAI BADAI".

  11. Adit Bagus

    Adit Bagus11 bulan yang lalu

    Astagfirullah.... Telah nyata terjadi sesuai Al Qur'an. Ada orang ingin main fiksi tentang kitab suci. Surat Hud 13-19

  12. Adit Bagus

    Adit Bagus11 bulan yang lalu

    Surat hud ayat 13-19..sudah dijelaskan. Inilah contohnya Rocky Gerung berucap kitab suci itu fiksi. Ingat semua kitab suci itu adalah kejadian nyata. Kalimatullah yang disampaikan melalui rosul rosul hingga rosulullah Saw.

  13. Sutarjo Harjo

    Sutarjo Harjo7 bulan yang lalu

    dia gak bilang itu kitab suci apa kan ya idreporter.net/v/video-HdBclxkH9n0.html

  14. ray bastian

    ray bastian11 bulan yang lalu

    Pernyataan Rocky Gerung tentang kitab suci adalah FIKSI jelas tidak รพepat jika dikaitkan khususnya dengan Alquran kitab suci Alquran . Alquran adalah Wahyu Allah BUKAN hasil pemikiran gagasan atau imajinasi manusia .Wahyu Allah derajatnya Maha tinggi sesuai sifat Allah. jadi kalau sebuah tiori gagasan ide ramalan imajinasi dari manusia silahkan dikatakan fiksi. Kitab suci bukan fiksi Rocky Gerung salah pemahaman /persepsi dalam hal ini karena sama saja mendegradasikan Wahyu Allah menyamakannya dengan hasil pemikiran imajinasi manusia

  15. SAMSUL RIJAL

    SAMSUL RIJAL11 bulan yang lalu

    Fiksi itu karangan imajinasi manusia yg bisa di karang berdsarkan kejadian sebenarnya bisa juga tanpa ada pelopor kejadian sebelumnya. Fiktif suatu kebohongan, fakta adalah sesuatu yg dapat di buktikan kebenarannya berdasarkan data2 yg ada. Jadi pertanyaannya kitab suci siapa yg RG maksud? Kalo kitab suci umat Islam atau Al Quran setahu saya bulan fiksi apa lagi fiktif. Karena berdasarkan kepercayaan saya al Quran adalah wahyu yg turun dari Allah SWT lewat nabi besar Muhammad SAW yg di jadikan pedoman, pembelajaran, pegangan, bacaan dll, sebagai "kompas" bagi kehidupan. Kalau kitab suci agama lain saya kurang paham.

  16. Lazuri

    Lazuri11 bulan yang lalu

    Babah tah sak ngomong ngomonge..... kita nikmati aja.

  17. Susuk Papak

    Susuk Papak11 bulan yang lalu

    demo aja brooo,ayo demoooo,,, apakah sekarang krn sudah tak ada imam besar tekadmu jadi surut wahai orang2 yang merasa benar sendiri,,,

  18. Dharu Stovia

    Dharu Stovia11 bulan yang lalu

    Orang kaya gini menentang kesucian kitab suci dengan pola pikir kepercayaan ada tidaknya tuhan..

  19. Ayu Banget

    Ayu Banget11 bulan yang lalu

    Aneh RG menganggap org2 tidak tahu beda fiksi dengan fiktif, padahal jelas, fiksi adalah kata benda sedangkan fiktif kata sifat. Bisa dicari, Google menerjemahkan fiksi sbg: 1. fiksi dan 2. rekaan. Ngapain RG mati2-an menjelaskan terjemahan kata 'fiction' dalam bahasa Inggris ke bhs Indonesia. Arti kata 'fiction' sudah tidak persis sama dengan arti kata 'fiksi' dalam bahasa Indonesia karena setiap kata yang dipinjam dari bahasa lain maknanya sudah lama beradaptasi dengan budaya dan aspek sosial-kemasyarakatan di Indonesia. Jadi wajar banyak orang beranggapan bahwa ucapan RG di ILC secara logis berimplikasi "Al Quran itu fiksi". Bantahan bahwa pernyataan itu tak lengkap, hanya kesimpulan dari sebuah premis, tak ada gunanya sebah bantahan tsb tidak berlaku di media umum seperti ILC (ada banyak siswa sekolah, ibu2, dan masyarakat sederhana yg nonton ILC), apalagi kalau premisnya juga benar. Beda sekali seandainya ucapan RG dilontarkan di suatu seminar ilmiah (jangan dibalik: setelah RG kena kasus baru minta diadili di 'ruang seminar'). ILC bukan bagian dari kampus di mana ada kebebasan akademik, jadi ILC bukan tempat bisa berpendapat seenaknya menafsirkan arti fiksi. Eh, mana suara tokoh2 radikal spt HRS dan FPInya, pengurus PA 212 dan lain2 thd kasus RG ini?

  20. Boanbala X

    Boanbala X11 bulan yang lalu

    intelektual fiksi alias pseudo intelek. Definisi buat sendiri. 11/ 12 sama Vicky. Sayang vicky gk semujur dia ini.

  21. ivan sepz hermawan

    ivan sepz hermawan11 bulan yang lalu

    fiksi : imajinasi pemikiran akal sehat memang kalian pikir alqur an hasil pemikiran manusia??? manusia berakal paling sehat mana yang bisa bikin kitab suci alqur an??? alqur an itu firman langsung dari Allah swt yang diwahyukan kepada rosulnya.

  22. Cinta Allah dan Muhammad

    Cinta Allah dan Muhammad11 bulan yang lalu

    Mari berfikir sehat, cerdas dan beretika. Mngkin kata rocky itu biasa saja tp dibalik itu konsekuensinya adalah perpecahan dan hal terburuk jika seseorang tersinggung dg kata bodoh dungu dll mngkn besoknya beliau sdh tinggal nama.

  23. Malam Terakhir

    Malam Terakhir11 bulan yang lalu

    Apakah yang dimaksud Rocky kitab suci itu untuk semua kitab suci?jika benar maka wajar jika di sebut penistaan. karna semua orang beragama akan menganggap kitab suci adalah dari tuhan bukanhasil karangan manusia,yang jika ditelaah lagi Fiksi itu berlaku hanya untuk sebuah buku hasil dari pemikiran manusia. Good job polisi jeblosin aja,karna apa yang anda tanam itu yang anda petik .

  24. Elfin Pasaribu

    Elfin Pasaribu11 bulan yang lalu

    Statement rocky gerung dlm ilmu filsafat sebenarnya hal biasa. Sebenarnya beliau takut mengucapkn yg lebih ekstrim. Mengenai kitab suci. Penakut krn delik pidana. Karena dia pasti sdh mempelajari pemikiran friedrich nietzche dan karl marx

  25. allo allo

    allo allo11 bulan yang lalu

    Jawab dulu si RG,, percya ada nya tuhan gak,, klo dia bisa jawab,, baru tau kalian yg dia bilng kitab suci itu fiksi,,apaartinya,, coba di jawab ya si RG percya adanya tuhan gak ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

  26. faris nurdin

    faris nurdin11 bulan yang lalu

    RG si manusia fiksi

  27. Gathutkoco Bimoputro

    Gathutkoco Bimoputro11 bulan yang lalu

    Di kamus arti fiksi adalah cerita khayalan tidak berdasarkan kenyataan, Rocky gerung berusaha membelokan arti yang sesungguhnya

  28. Tejo Kusumo

    Tejo Kusumo11 bulan yang lalu

    Omonganya selalu dibuat rumit sendiri, biar keliatan cerdas, kalo aku sih bilang kaya orang stres๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, suruh krja paling nol besar, alias omdo.

  29. ส™ษชฬˆBษชฬ„ ฤปลฏษดฬƒฤข MaHaBeNaR

    ส™ษชฬˆBษชฬ„ ฤปลฏษดฬƒฤข MaHaBeNaR11 bulan yang lalu

    Bergelar Profesor, sayangnya Cerdas tapi DUNGU yang haQiQi itulah RG Atheis...

  30. Akbar Mohammad

    Akbar Mohammad11 bulan yang lalu

    Mungkin hnya pendukung rocky gerung saja yg cerdas bisa memahami maksud kata fiksinya. Saya hnya orang Indonesia yang bodo dan jika bertanya juga "kitab apa yg dimaksud?" itu wajar saja. Rocky ini sudah terlalu pintar melebihi orang Indonesia mungkin jg rocky gerung ini sudah percaya dgn adanya Teori Darwin

  31. Shahril Aril

    Shahril Aril11 bulan yang lalu

    Yg merasa lebi cerdas dari ROKY GERUNG silakan jumpa Roky gerung....Kalau ANDAH DUNGU ATAU TOLOL jANGAN Pergi nanti..pastikan kepalamu yg besar itu ada isinya kalau kosong jangan pergi nanti di otak udang

  32. La Jamuta

    La Jamuta10 bulan yang lalu

    jika kamu percaya kata rocky bahwa kitab suci adalah fiksi karna belum final ..maka tidak usah menjalankan apa yang di perintahkan agama yang kamu ikuti,

  33. Dharu Stovia

    Dharu Stovia11 bulan yang lalu

    Shahril Aril kalo luh gentel sebut coba kitab suci yang fiksi itu apa? Bisanya cuma bersilat lidah junjungan luh gak tau apa yang menciptakan mulut itu siapa..

  34. Dendy Dendy

    Dendy Dendy11 bulan yang lalu

    R G org Gila, makanya pengikutnya LEBIH GILAAAAA lg

  35. jenal abidin

    jenal abidin2 bulan yang lalu

    Semoga RG diberi panjang umur smpay hari akhir(kiamat),supaya dia melihat ke benaran Al ~Qur'an d masa yg akan datang .akan adaya ,imam mahdi, dajall, dan nabi isa .agar dia meyaksikan kebenaran Al~Qur'an

  36. Nicolas Hasoloan

    Nicolas Hasoloan11 bulan yang lalu

    Gini ya para pemuja RG. Gua kasih pertanyaan. Siapa yg setuju SPIDERMAN, SUPERMAN, THANOS, IRON MAN, BATMAN itu sebuah FIKSI? Kalo gitu alquran kalian jg sejenis cerita AVENGER dong? Wkwkwkw Mikir nya simple aja...

  37. Fathur Rohman

    Fathur Rohman11 bulan yang lalu

    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ ngakak 5g... gini ya.. kalau peci anda kekecilan..jangan kepala anda yg dipotong..cari peci yg sesuai dengan kepala anda... Mungkin ini yg dimaksud pemikiran simple

  38. Septio Miasandi

    Septio Miasandi11 bulan yang lalu

    ngakak, yg dibilang jangan2 kitab suci elu wakakaka

  39. agus T

    agus TTahun Yang lalu

    menghadapi rocky gerung seperti orang yg sedang dikuliahi sama dosennya apa si polda bisa terima ? cara bicara dan bahasa yg dia pakai tingkat tinggi cocoknya diluar negeri bos bukan di indonesia orang ini

  40. ularzz s

    ularzz sTahun Yang lalu

    OPOSISI SUKA TEBAR HOAX ! MULUT MU HARIMAU MU. YA TERIMA AJA AKIBATNYA. WKWK

  41. Surya Bos

    Surya Bos11 bulan yang lalu

    Jokowi yg sebar hoax pembebasan abubakar baasyir ..diblg wiranto grasa grusu..ha ha ha

  42. Fitri Yati

    Fitri YatiTahun Yang lalu

    Masalah kitab suci fiksi yg di katakan rocy Gerung,, saya denger dari ustadz,dia bicara seperti ini.. kalo kita mendengar ucapan itu harus di lihat yg bicara siapa,, di sini yg bicara kan rocy Gerung,,, jadi kitab suci nya dia lah, karena dia yg berkata, ga mungkin dia bilang kitab suci itu "Al-Qur'an" karena dia toh blm baca, aku sih setuju ma pak ustadz,gitu aja,

  43. Abu Mirza

    Abu Mirza11 bulan yang lalu

    @Nicolas Hasoloan, diiyaina dong soalnya secara tidak langsung tidak menyalahkan RG jadinya ya didukung. Kan pendukung berat Rocky Gerung dan RG selalu benar.

  44. Fitri Yati

    Fitri Yati11 bulan yang lalu

    1lagi liat jawaban Buya Yahya, terimakasih.

  45. Fitri Yati

    Fitri Yati11 bulan yang lalu

    @Nicolas Hasoloan sama2 mas. Kitab suci saya ada Al-Qur'an, penunjuk dan penolong saya kelak di akhirat.

  46. Nicolas Hasoloan

    Nicolas Hasoloan11 bulan yang lalu

    @Fitri Yati oiya 1 lg mbak. Kalo kalian tidak merasa bukan alquran yg dinistakan. Ya sudah mbak ga perlu keluar trus berkomentar disini. Disini komentar bagi mereka yg merasa memiliki kitab suci. Trima kasih

  47. Nicolas Hasoloan

    Nicolas Hasoloan11 bulan yang lalu

    @Fitri Yati asal mbak tau, saya udah nonton sblm mbak ntn video yg mbak rekomendasikan. Itulah mengapa orang harus keluar dr zona jaman. Mbak ini hanya hidup di zona aman mbak sehingga mbak ga tau apa2. Keliatan ga belajarnya mbak. Cuman menerima apa yg diterima ustad. Sungguh2 sudah kecuci. Dengan segala hormat kalo begitu, sorry to say saya jd paham dr pemikiran mbak berarti alquran bukan kitab suci. Mantab

  48. Eko Pambudi

    Eko PambudiTahun Yang lalu

    Sebenarnya yg di utarakan RG di ilc tentang kata "fiksi" itu kan pendapat/ opini dia ttng arti kata fiksi, blm tentu itu makna sebenarnya kata fiksi, dan pendapat setiap org itu berbeda beda, salahnya dia mengatakan kitab suci itu fiksi, padahal dia masih beropini ttng kata fiksi tersebut, kalaupun benar arti kata fiksi itu sperti yg di jelaskan oleh RG itu tetep salah karena di kitab suci al qur'an banyak dalil yg memang kenyataan jadi sudah menjadi fakta bukan fiksi...

  49. Nicolas Hasoloan

    Nicolas Hasoloan11 bulan yang lalu

    Sama dong dengan kasus ahok. Ahok jg berpendapat jangan mau ditipu dengan menggunakan ayat2 alquran. Tp kalian ngeyel, dan kekeh kalo beliau menista agama. Padahal jelas video ahok diedit. Dan yg editnya sudah diproses hukum. Sekarang giliran rg yg ngomong dibela mati2an. Padahal sama saja posisinya seperti kasus ahok. Kalian tuh sebenernya mahluk apa?

  50. aldie marlo

    aldie marloTahun Yang lalu

    Ikut komen ia.. Apa yg si bicarakan rocky ingin mengajak satu langkah ke depan.. Bukan mau menghina atau menista.. Biasa kan mengatasi satu masalah jangan dari satu pandangan bawa seluruh pandangan. Baru berkomentar dan bertidak. Sudah lah kalo tidak bisa di ajak untuk cerdas atau apa kata rocky akal sehat. Lebih baik terdiam dan menjadi pengamat pintar aja.

  51. Boanbala X

    Boanbala X11 bulan yang lalu

    jelas sy tdk paham dimana letak hubungan antara fiksi harapan pnjelasan ente dan fiksi kitab suci yg jd substansi masalah. Dan sy tdk paham juga dmna letak fatwa yg anda mksdkan atas kitab suci. Intinya ini anda sama sperti RG yg suka2 hati mendifinisikan sesuatu mnrutmu pmahaman sendiri sperti sy bilang di atas pseudo intelek. Sekareplah nak. Urusan ente sndiri dgn Tuhanmu atas definisi kitab suci Nya.

  52. aldie marlo

    aldie marlo11 bulan yang lalu

    Masalah fiksi sudah. karna anda kan sudah mengeri.. Lalu anda lanjut menayakan berbalik kepada kitab suci di turun kan oleh siapa?? Apa oleh manusia yg bayak harapan harapan atau tuhan. Lalu sya jawab yg tadi. Tolong Di mengerti kata kata nya secara perlahan.. Pasti anda akan menemukan fatwa yg saya sebut tadi. Maaf sya tidak bisa menjelas kan secara detail karna takut anda tidak menerima wlo itu benar. Seperti sya suka buah duren.. Duren itu manis menurut sya tapi anda tidak suka. Tidak bisa dipaksakan. Maaf ia. Klo anda tidak suka RG gpp.. Tapi klo sya suka karna RG sosok yg mencerdaskan. Dan mohon jangan bawa bawa ahirat klo anda tidak mengerti tentang ahirat.

  53. Boanbala X

    Boanbala X11 bulan yang lalu

    penjelasanmu ttg harapan tak ada hubungan dgn kitab suci yg jd permasalahan penggunanaan kata tsb oleh "Prof" ini. Dan dimana letak fatwa imajinasi yg ente mksd kan?? yg ngomong jelas OM jangan kebanyakan dicekoki akal2an si RG otak jd kebalek balek gk jelas

  54. aldie marlo

    aldie marlo11 bulan yang lalu

    Alhamdulillah sukur klo bos ku sudah aga mengerti atau sudah mengerti tapi tidak mau mengakui.. Hehhee.. Tapi ini menayakan turun nya kitab suci.. Menurut pandangan yg saya kedua nya ikut andil. Diturun kan oleh tuhan melalui malaikat yg menjadi wahyu untuk di sampai kan kepada manusia yaitu nabi (saw) melallui perjalanan hingga terciptalah kitab suci. Nah disitu ada satu yg harus bos ku ketahui yaitu ada secara fatwa nya imajinasi. Aduh aga dalem nih takut jadi gagal faham lagi. Klo masalah pilpres tentu bos ku tau!.. Makasih ia udah komen hehehe

  55. Boanbala X

    Boanbala X11 bulan yang lalu

    anda membalas brarti bukan ateis. Harapan itu hasil imajinasi manusia jd semua yg ente bilang BENAR. Dan Fiksi lahir dr imajinasi bukan sbaliknya. Jd jangan dibalik balik kyk pseudo intelek ini yg suka bikin definisi sndiri. Silakan rujuk pustaka yg ada, fiksi dn fiktif memiliki substansi makna yg sama kecuali bagi seorang pseudo intelek kyk pujaanmu ini. Sekarang balik ke hati nuranimu, kitab sucimu itu hasil dr pikiran manusia (harapan2) atau wahyu (absolut) dr TUHAN mu? Gk usah ikut latah2an lah OM. Ntar di akherat gk bakal ditanya sbrapa greget nta ente bela RG dan siapa yg ente coblos april 2019.

  56. Wong Topo

    Wong TopoTahun Yang lalu

    Sebenarnya,, si.rocky gerung" ini AKALNYA SANGAT SEHAT, BAHKAN DIATAS RATA,2 nah itulah konsekuensinya, saking sehatnya melebihi KAPASITAS, jadi pola pikirnya jadi OVERLOUD, dan sedikit HALUNISASI, jadi kesimpulannya si.rocky gerung" secara sosial dia nggak SALAH, cuman sangat membahayakan bila d.biarkan liar,, jadi tolong disikapi dan diwaspadai. salam waras.

  57. Ucok

    Ucok9 bulan yang lalu

    bapak mu itu tidak salah, roky ini masih seucil debu dibanding filsuf di dunia ini. tapi tidak pernah mengclaim begitu, kalau dia org cerdas semua yg keluar dari mulut itu harus diolah dulu dalam otak baru keluarin lewat mulut

  58. krisnaaa kris

    krisnaaa krisTahun Yang lalu

    kasus Basi sblumnya dah di laporin dan pelapor ketemu di ILC sm bung RG , pernyataan akademis di gugat ... ampooonn dah pelapor g ada bahan lain? , drpd di laporin mending undang tuh RG di tempat kampanye DEBAT dah tuh .. keliatan kalau anda cerdas RG kalah debat bakal malu tapi gini cara nya keliatan siapa yang malu dluan .

  59. Satrio Haryono

    Satrio Haryono11 bulan yang lalu

    kasus basi tapi pas ahok kalian giat memenjarakannya. kalian jadi plinplan gini ya? sebenernya kalian itu siapa?

  60. hasan kbm

    hasan kbmTahun Yang lalu

    Masuk penjara aja deh , ajarin filsafat sama tahanan yg lain

  61. Diwa Diwa

    Diwa DiwaTahun Yang lalu

    Nggak ada yan salah tidak menyebutkan kitab suci mana disurat ap...rocky gerung beda pandangan tentang fiksi tidak apa....

  62. Syahid Ahmad

    Syahid AhmadTahun Yang lalu

    Fiksi, fiktip, fakta bedain sendiri cari di kamus kalo cebong cerdas

  63. Muhammad Rizky

    Muhammad Rizky9 bulan yang lalu

    Sen awang wi hebatnya sen awang , pinternya melebihi rocky gerung, lain kali dateng ya ke ILC buat di bego begoin

  64. La Jamuta

    La Jamuta10 bulan yang lalu

    jadi udah final nih bahwa kitab suci itu fiksi...?..yaaaaaahh...Al Qur'an kan juga kitan suci ,jadi turun dong drajatnya

  65. Imron Fauzi

    Imron Fauzi11 bulan yang lalu

    Pada gagal paham semua ya,, yang dimaksud RG fiksi itu kata sifat artinya imajinasi / khayalan misalnya kita baca koran secara tidak langsung kita juga jadi membayangkan (fiksi) kejadian tersebut yang ada di koran,, bukan mengartikan isinya jadi fiksi/fiktif,, sama seperti kita sedang baca komen di video ini, secara tidak langsung kita membayangkan (fiksi) yang nulis komenanya,, Coba cek lagi video bpk RG nya biar tidak gagal paham,,

  66. Abu Mirza

    Abu Mirza11 bulan yang lalu

    Syahid Ahmad, kalau lu takut ngomong salah karena lu gak tahu apa yang mau diomongkan dan gak tahu dasar dari omonganmu sebaiknya lu diam. Kata nabi,"Berbicaralah yang baik atau diam". Kalau lu tahu tentang apa fiksi dan seluk beluk fiksi silahkan sampaikan disini untuk membela si Gerung itu. Nggak usah berargumen yang tidak jelas. Sekarang terangkan pada saya kenapa RG menganggap KITAB SUCI ITU FIKSI dan menurut Anda ucapan itu benar. Silahkan! Monggo!

  67. buah selamat

    buah selamat11 bulan yang lalu

    @Rossifa Tananta udah bang adu argumentasi itu tidak akan habisnya toh pada akhirnya menang hanya akan mendapat kebanggaan diri saja, lebih baik kita rapatkan barisan menuju INDONESIA RAYA yang menjunjung tinggi Moral Budi Bekerti Akhlaqul Karimah untuk lebih baik lagi ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

  68. HanyaRian

    HanyaRianTahun Yang lalu

    Seperti lagu almarhum chrisye "jika surga da neraka gak pernah ada apakah kita tetap sujud kepadanya"

  69. Tara aha

    Tara ahaTahun Yang lalu

    Orang udah dewasa bicara kok , asal ngomong gimana lho , Om ... Ini ruang publik , dipikir setiap argumen , om

  70. Pejuang Keadilan

    Pejuang KeadilanTahun Yang lalu

    Cebong mana paham bahasanya....#"nyungsep ke laut aja sana

  71. Blue Moon

    Blue MoonTahun Yang lalu

    Dia bicara dari sisi science ...namun kalian gugat

  72. hasan kbm

    hasan kbmTahun Yang lalu

    Blue Moon bawa kitab n kpsrcayaan orang bnyk

  73. kuro Chanel

    kuro ChanelTahun Yang lalu

    Kok gak ada demo ya 218 gitu

  74. Keenan alias kinangus

    Keenan alias kinangusTahun Yang lalu

    Cebong goblok mana paham, asal bacot aja digedein

  75. aris muda

    aris mudaTahun Yang lalu

    PA 212 yang terhormat , Tolong kalian beraksi islam telah di nistakan oleh ROCKY GERUNG seorang ATEIS. Tunjukan kalau AKSI 212 yang dulu engkau GERAKAN hingga berjilid2 bahwa AKSI 212 itu MURNI AKSI BELA AGAMA, BELA TAUHID. Tunjukan SEMENGAT YANG BERAPI API bertakbir, bahwa semua itu BELA AGAMA. TUNJUKAN KEBENRAN-MU PARA AKSI 212.

  76. Septio Miasandi

    Septio Miasandi11 bulan yang lalu

    ya harusnya kamu yg aksi. dungu ๐Ÿ˜ฌ

  77. Fandi Channel

    Fandi ChannelTahun Yang lalu

    tolong dengar tanggapan ustad yahya dulu gi broo,, biar lo gak gagal fokus

  78. Budi Santoso

    Budi SantosoTahun Yang lalu

    Bangsat kitap sucy di bilang fiksi yang artinya novel / khayalan / hanya sebuah cerita dongeng ... Bangsat lu Ricky .. sya ramal kmu Tdk panjang umur

  79. abim

    abim11 bulan yang lalu

    udah gagal paham keras kepala pula, bong bong

  80. Fitri Yati

    Fitri Yati11 bulan yang lalu

    Sabar pak, lihat penjelasan ustadz Adi Hidayat,,

  81. Rapid Boots

    Rapid BootsTahun Yang lalu

    Kitab suci jadi kitap sucy, dari sini kita lihat kapasitas otak seseorang.

  82. Rapid Boots

    Rapid BootsTahun Yang lalu

    @Galih TV debat sama orang bodoh emang susah.

  83. Budi Santoso

    Budi SantosoTahun Yang lalu

    @Galih TV semuah sudh paham fiksi buka kamus dong teman

  84. grande fortune

    grande fortuneTahun Yang lalu

    Fiksi itu blm terbukti benar. Benar jg sih, masih hrs diperiksa, percaya surga begini begini tp blm perna kesana.

  85. Debora Tumigolung

    Debora Tumigolung11 bulan yang lalu

    Om Gerung ini,orang SULUT jah? Kalau org Suluy,bsca Ams Soleman. TENTANG HIKMAT,

  86. grande fortune

    grande fortuneTahun Yang lalu

    @Cepot Creator lagi bicara surga, krn semua org mau masuk surga. Kalau loe mau ke neraka, loe buktikan sendiri. Kok lho sewot. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  87. Cepot Creator

    Cepot CreatorTahun Yang lalu

    lo pingin lihat neraka saratnya mudah mati aja lo

  88. T W

    T WTahun Yang lalu

    Fiksi itu cerita rekaan, khayalan, pernyataan yang berdasarkan khayalan atau pikiran artinya si RG ini percaya bahwa Kitab Suci adalah Fiksi, Fiksi karya seseorang lho.. yang bener aja..!! ingat Kitab Suci adalah Al-Quran.. wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad..

  89. abim

    abim11 bulan yang lalu

    sudah mas Tw sudah di klarifikasi nonton berita ga sih

  90. T W

    T W11 bulan yang lalu

    Boanbala X Boanbala X udah ngga melihat contentnya apa.. mereka melihatnya subyektif.. apapun yg dinyatakan si RG selalu betul.. bener yg anda katakan efek April2019

  91. T W

    T W11 bulan yang lalu

    abim Pernyataan awal si RG bilang Kitab Suci itu Fiksi seharusnya diralat tuh.. Kitab Suci bukan Fiksi tapi Fakta krn kisah nyata kehidupan manusia yang sudah terjadi.. Fiksi adalah daya pikir imajinasi anda bergerak ketika berdoa atau membaca kitab suci.. Fiksi itu karya seseorang..

  92. Boanbala X

    Boanbala X11 bulan yang lalu

    Kitab suci adalah fiksi adalah pemahaman Ateis. Gak heran tercetus oleh Si RG. Yg heran banyak beragama menjadi pemuja pemahaman ini. Efek april2019

  93. abim

    abim11 bulan yang lalu

    wkwkwk lucu masa lu ngartiin argumennya cuma sepenggal doang. bong bong

  94. palur palur

    palur palurTahun Yang lalu

    Gimana pendapat kamu semua?

  95. Singo

    SingoTahun Yang lalu

    Woyyyy umat Islam 212 tonton nih pendukungnya Jendral Hoax kayak gini nih...

  96. Abu Mirza

    Abu Mirza11 bulan yang lalu

    @Hadnart, setuju. tanya juga kepada ahli sastra dan guru bahasa Indonesia tentang fiksi dan unsur-unsurnya biar mantap.

  97. Abu Mirza

    Abu Mirza11 bulan yang lalu

    Sen Awang, benar ente, ternyata banyak pengikut RG yang gak bisa memahami ucapan RG dan menganggap karena GAK NYEBUT NAMA SPESIFIK KITAB SUCI terus RG dianggap nggak bicara tentang Al Quran.

  98. Hadnart

    Hadnart11 bulan yang lalu

    Mendingan cari tau apa itu fiktif fiksi fakta dll dikamus

  99. Syahdan Fernandez

    Syahdan Fernandez11 bulan yang lalu

    kandas

  100. Rossifa Tananta

    Rossifa Tananta11 bulan yang lalu

    @Rara Kikuy termasuk Al Qur'an itu kitab suci gak, berarti si RG itu udah menistakan semua kitab suci

  101. Ridho Alfani

    Ridho AlfaniTahun Yang lalu

    Salam akal sehat om rocky,, saya yg bodoh ga sekolah ini koq ngerti ya omongan om rocky,, malah ga ngerti sama org yg mengadukan om masalah penistaan agama,,, ada apa dgn zaman zainuddin ngaciro skrg ini om?? Kebanyakan minum racun kalajengking kah jd otak nya ilang akal sehat nya???

  102. Imron Fauzi

    Imron Fauzi11 bulan yang lalu

    yang dimaksud RG fiksi itu kata sifat artinya imajinasi / khayalan misalnya kita baca koran secara tidak langsung kita juga jadi membayangkan (fiksi) kejadian tersebut yang ada di koran,, bukan mengartikan isinya jadi fiksi/fiktif,, sama seperti kita sedang baca komen di video ini, secara tidak langsung kita membayangkan (fiksi) yang nulis komenanya,, Coba cek lagi video bpk RG nya biar tidak gagal paham,,

  103. Abu Mirza

    Abu Mirza11 bulan yang lalu

    TheNothingness, alquran selamanya akan menjadi sesuatu yang real bukan fiksi.

  104. ivan sepz hermawan

    ivan sepz hermawan11 bulan yang lalu

    memangnya manusia mana yang bisa bikin alqur an sebagi kitab suci??? memangnya alqur an hasil pemikiran/imajinasi akal sehat seseorang? yang setuju kitab suci adalah fiksi bukan cuma menista agamanya tapi menista rosulnya juga

  105. TheNoth1ngnes

    TheNoth1ngnes11 bulan yang lalu

    @sampingan Kuliah sorry, salah tag

  106. TheNoth1ngnes

    TheNoth1ngnes11 bulan yang lalu

    Ingat iman kepada kitab Allah. Jangan sampai benih/ide kitab suci adalah fiksi alias dongeng tersebar kepada semua kalangan masyarakat. Jangan samakan dengan orang yang menggunakan alquran untuk kepentingan pribadi.

  107. yuniar penyu

    yuniar penyuTahun Yang lalu

    Gerung orang hebat dlm mengatur lidah...tp jangan lupa.... ingatlah. Dia cuma seonggok daging... dan roh.... dan sewaktu waktu roh akan pergi..... sewaktu waktu..ingat itu.