PENJELASAN KITAB SUCI ADALAH FIKSI ROCKY GERUNG

Komentar

  1. diangg pinontoan

    diangg pinontoan8 hari yang lalu

    Sebenarnya pengen liat dosen dosen filsafat di UI yg skrg dengan kampus kampus lain tampil di ILC, Krn RG telah membuat rujukan bahwa orang-orang filsafat jago debat, Sebutkan siapa lawan debat yg bisa ngimbangi RG skrg? Jawabnya tidak ada, sekelas prof Mahfud saja TDK ssnggup apalagi Irma Adian Bambang Lapian Ruhut dll... Kt tunggu dosen dosen filsafat yang lain tampil Sy SDH subscribe channel mu

  2. Iman Djakatara

    Iman DjakataraBulan Yang lalu

    Mantap bang rasionalisasinya.. Setuju sy dg abang

  3. Rimba Chanel

    Rimba ChanelBulan Yang lalu

    πŸ€—πŸ˜…πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  4. Black Cat Kuro

    Black Cat Kuro3 bulan yang lalu

    mungkin bkan gagal paham . tapi short fuse. tipe personal yg lbih ngedepanin otot ketimbang otak & IQ (logics). contohnnya Boni Hargens disingkat : BH

  5. Osi Iswanto

    Osi Iswanto7 bulan yang lalu

    Nah ini penjelasan yg joos kita gk jadi terombang ambing siiip mas

  6. indonesia menang

    indonesia menang7 bulan yang lalu

    Karni ilyas : kenapa anda bilang bahwa tv one itu tv oposisi? Rocky gerung : karna disinilah tempat saya NGIBUL. karni ilyas: jadi selama ini smua omonganmu itu ngibul? Rocky : iya saya Tukang Ngibul. Ngibulin para kampret biar pada begoo πŸ˜‚

  7. Eri Shanum

    Eri Shanum6 bulan yang lalu

    indonesia menang kau bukan saya

  8. indonesia menang

    indonesia menang6 bulan yang lalu

    @Eri Shanum kau kampret?

  9. Eri Shanum

    Eri Shanum6 bulan yang lalu

    indonesia menang ..kau selain kampret ya

  10. indonesia menang

    indonesia menang6 bulan yang lalu

    @Eri Shanum kau yg dungu

  11. Eri Shanum

    Eri Shanum6 bulan yang lalu

    indonesia menang ....dan yang selain kampret biar pada dungu

  12. hazard abah

    hazard abah7 bulan yang lalu

    Cerdas nya roky gerung.politikus tau nya duet aja yang dipikirkan logikanya.politik ada penjahat nya.contoh pelacuran di dalam berpolitik.kok bisa ya.berpolitik akan bisa tambah kaya kali ya.ingat main sepak bola juga bisa kaya

  13. surya khamim

    surya khamim7 bulan yang lalu

    maaf bang klo muslim tolong ralat ucapan abang mengenai tidak meyakini injil. yang benar tidak meyakini kitab injil yg sekarang bang karena buatan manusia, sedangkan rukun iman ada loh bang " percaya dan yakin akan kitab-kitab Allah" yg terdiri dari Zabur yg asli Taurot yg asli Injil yg asli dan Al Qur'an sebagai pelengkap kitab2 sebelumnya. terimakasih n semoga diridhoi Allah bang

  14. Faidil & Lova TV

    Faidil & Lova TV8 bulan yang lalu

    Hanya petahana yg menyerang Rocky Gerung. Karena masyarakat mempercayai rocky gerung. Kan dia org filsafat. Pikiran nya kan hanya logika. Jelas2 Rocky Gerung mengucapkan Kita Suci itu adalah Fiksi, bukan berarti Alquran itu fiksi. Kan goblok yg melapor itu. Maunya td pengen membunuh karakter si rocky gerung eh taunya membunuh karakternya sendiri.

  15. Dukun MOBIL

    Dukun MOBIL8 bulan yang lalu

    Bukti kalo Rocky Tidak bersalah adalah sampai detik ini beliau masih diruang publik, bukan didalam bui... andaipun dipaksakan pihan2 tertentu yang takut pada rocky sehingga harus menjebloskan beliau ke bui.. itu akan menjadi kasus yg absurd dan lucu, yg tercatat di sejarah digital.

  16. Doni Hardianto

    Doni Hardianto8 bulan yang lalu

    Logika sesat Contoh: Kalau pelacur adalah wanita pekerja keras karena bekerja sampai larut malam, apa bisa dibilang jika ibu mu juga bekerja sampai larut malam maka ibu mu juga pelacur?

  17. Iman Djakatara

    Iman DjakataraBulan Yang lalu

    Premis yg salah😁

  18. robiansyah chubiel

    robiansyah chubiel8 bulan yang lalu

    Masuk akal penjelasannya mas, benar ini hanya masalah logika, dan org filsafat memang selalu lebih paham tentang logika. Dan kata2 yg saya ingat adalah "jangan jadi pelapor jika tidak paham"

  19. Ahmad Syafi'i Sihotang

    Ahmad Syafi'i Sihotang8 bulan yang lalu

    Harus y si karung emang gx usah bkin polemik..dia sngaja maiin2 bhsa pilsft..untuk nyalur hobi yaitu bkin polemik..itu liciiiik gx da da untung y dia bikin dlil sndri pa lgi bw kitab2 sci..emang cocok tuk frpokator..orng pintar gx pd tmpat y di puji..chanel taiik..itu poin y..

  20. Rizqi Uchiha

    Rizqi Uchiha8 bulan yang lalu

    Maaf bang Sekedar berbagi informasi aja Bang, kitab injil sudah gk ada Yg ada kitab bible Sama halnya seperti kitab zabur juga sudah gk ada Yg ada talmuts Kitab zabur, taurat, injil, quran adalah kitab suci umat islam Dan wajib diimani sesuai yang ada pada rukun iman

  21. roni fantezi

    roni fantezi8 bulan yang lalu

    Penjelannya luar biasa bung. Semangat terus buat konten2 pendidikan seperti ini. Sehat selalu bung.....

  22. Wendys Alfarizki

    Wendys Alfarizki9 bulan yang lalu

    Rocky gerung emg jenius, cerdas...akal sehatnya nyambung dgn logika.. skses buat rocky gerung..slm 02 prabowo sandi

  23. Eko Haryono

    Eko Haryono9 bulan yang lalu

    Nih baru paparan yg jelas....kalo RG paparan level atas...he..he..

  24. Rizha Ilham

    Rizha Ilham9 bulan yang lalu

    😁

  25. muslim tolol

    muslim tolol9 bulan yang lalu

    Belain trus golongan prabocor....

  26. Santoso Herry

    Santoso Herry9 bulan yang lalu

    Abu janda itu makhluk fiktif Jd ga kan nyambung sama logika rocky gerung

  27. UMI PELANGI

    UMI PELANGI9 bulan yang lalu

    Iyaa benar bung' πŸ‘ŒπŸ‘ "Kalau/jika saya pake definisi fiksi adalah mengaktifkan imajinasi maka kitab suci adlh fiksi.... " bung Rocky tdk bodoh makanya di depan kalimatnya jga ada kata jika/ kalau/ seandainya, spy tdk jadi delik tuh 😁 salam akal sehat bung Rizha ✌✌✌

  28. Lulu Zain

    Lulu Zain3 bulan yang lalu

    Proposisi hipotesis ya.

  29. ihwan awalli

    ihwan awalli9 bulan yang lalu

    Berkat bung roocy membuka faham, apa fiksi, fiktif, fakta, realita.

  30. iyoung

    iyoung9 bulan yang lalu

    Kebiasaan mereka ga baca dg selesai.

  31. VIVO PHONE

    VIVO PHONE10 bulan yang lalu

    JGN LUPA FIKTIV DAN FIKSI BUAT BUATAN MANUSIA SPRTI FILM JIKA FILM TRSEBUT KARANGAN MAKA AKAN JATUHNYA FIKTIV SEDANGKAN PENEMUAN PENEMUAN OL3H MANUSIA BARU DI BLH FIKSI,COBA BEDAIN FIKSI DAN HAQIQI ,KITAB SUCI LANGSUNG DRI ALLAH SWT DAN KITAB TU TDK BISA DI KARANG OLEH MANUSIA JD DANI KATA FIKTIV GG MASUK TRMASUK LAH FIKSI

  32. Arman Aditya

    Arman Aditya10 bulan yang lalu

    Niat banget bang hahaha,segitu lambat nya pemikiran orang sampe di simulasiin gitu hahaha

  33. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    πŸ˜‚

  34. adi HRD

    adi HRD10 bulan yang lalu

    Numpang ketawa aja ya, penjelasan yang kabur, kalau mas gak ngerti kenapa mas coba jelaskan? Bukan ahli bahasa tapi kok coba tafsirkan bahasa, di awal pakai kamus KBBI di akhir gak gunakan kamus KBBI karena yg di maksud Rocky Gerung bukan dalam kamus bahasa tapi kamus??? Kamus filsafat? Kamus hukum? Atau kamus apa mas?

  35. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    RG itu ahli filsafat, dan kita juga pastinya tahu bahwa filsafat itu dasar dari segala ilmu. Semua cabang ilmu setahu saya pasti ada proses berfikir filsafat. Yg namanya definisi kan menjadi sah sah saja jika akademisi mempunyai pendapat, setiap akademisi pasti juga mempelajari bahasa mas, apalagi filsuf, bisa trans bahasa. Kalau dalam mengambil definisi harus ahli bahasa, bukankah sangat sempit bagi akademisi untuk berpendapat? Jika anda ingin menilai, coba anda nilai saja premis dan kesimpulanya, apakah itu menodai kitab suci atau tidak. Kan begitu.

  36. adi HRD

    adi HRD10 bulan yang lalu

    @Rizha Ilham saya bukan ahli bahasa jadi anda boleh setuju atau tidak? Begitu ya mas? Perbandingan yang benar itu mas ada sandingannya, jika gak menggunakan KBBI jadi gunakan apa mas? Menurut RG ya? RG itu siapa? Jika filsafat yang di gunakan oleh RG berarti itu bukan bahasa RG mas tapi bahasa filsafat. Logika itu pengantar saja menuju alam filsafat. Jadi sekarang pertanyaan paling mendasar itu yang di RG itu ahli bahasa atau ahli filsafat sih? Hehe

  37. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Justru itulah yg dimaksud Rocky, dia ingin melakukan semacam neologisme pada kata fiksi karena dia tidak setuju pada definisi KBBI mengenai kata Fiksi, itu adalah tanggung jawab dia sebagai akademisi. Itu penjelasan Rocky di acara Q n A metro tv. Yg menyusun KBBI itu akademisi, Rocky juga akademisi, perbedaan pendapat oleh akademisi itu hal yg lumrah terjadi. Kita tidak perlu kaget dengan hal itu. Poin penting dari fenomena ini adalah, tidak ada penistaan agama atau apapun dari statement Rocky. Terimakasih atas komentar dan apresiasinya.

  38. adi HRD

    adi HRD10 bulan yang lalu

    @Rizha Ilham neologisme gak nyambung sama pemaparan mas, Neologisme itu penjelasan makna baru terhadap suatu kata yang lama, tapi kata" yang baru dicipta oleh seseorang itu juga harus melalui ujian dari ahli lingustik dan juga masyarakat itu sendiri untuk menjadi sebuah perkataan yang mantap dan diterima umum. Bagi ahli lingustik, neologisme adalah tidak digalakkan sekiranya terdapat perkataan lama yang mampu menyampaikan maksud yang sama untuk perkataan baru itu. Dan Neologisme itu dalam psikologi adalah salah satu penyakit jiwa. Chanelnya mantap mas tapi kalau sebelum memberikan opini mas ke publik alangkah lebih baik lagi jika mas menambahkan dasar atas opini mas, bukan pendapat yg tak berdasar atau hanya opini semata. Jika seperti itu pun anak SMA pun bisa melakukannya. Mohon mas sekedar memberi masukan. πŸ™

  39. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Coba cari mengenai neologisme.

  40. almi car

    almi car10 bulan yang lalu

    Mantap ini chanel reaction nya mantap,penjelasan dalil rocky gerung soal kitab suci adalah fiksi mantap lanjutkan

  41. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Terimakasih πŸ˜€

  42. febyastrada genteng

    febyastrada genteng10 bulan yang lalu

    πŸ‘

  43. sem mancing

    sem mancing10 bulan yang lalu

    Saya setuju pendapat anda bang !! Dan menurut saya RG memang sengaja mengucapkan (kitab suci itu fiksi) dan dampaknya sekarang kita bisa berpikir lebih baik dari sebelumnya...

  44. Ajistal Putra Lambu

    Ajistal Putra Lambu9 bulan yang lalu

    Mantap .. Saya juga se7 itu..

  45. Hendri Adrian

    Hendri Adrian10 bulan yang lalu

    Memang sesagala sesuatu nya itu perlu di kaji dulu,, jangan asal asalan dikit dikit dilaporin pdhl yg laporin rlki gerung itu yg sebenar nya terlalu dungu gk ketulungan akhirnya ggl phm.

  46. Achdyat Edi

    Achdyat Edi10 bulan yang lalu

    dengan menarik demikian yaitu dibatasi ke dalam bentuk persoalan logika "jika" dan "hanya jika" maka "menjadi bla bla bla" seperti itulah kaidahnya itu adalah persoalan bentuk berfikir atau cara berfikir atau sudut pandang mau apapun persoalannya terserah ya apapun jadi intinya ada di BENTUKnya saja nah kalo hal ini dibawa ke ranah umum atau awam maka kesimpulan sdr merasa bener sendiri yg lain bodoh konsekwensi logisnya seperti itu dan sdr harus terima coba misalnya kita ambil contoh anda misalnya baru punya anak terus anak sdr ditaro di atas loteng sampai dia besar diberi makan saja sampai dewasa coba tanya apa itu idung kepada anakmu pasti dia tidak tau diem saja tanpa angguk2 apalagi geleng2 jadi tidak tahu apapun jadi kalau sianakmu mau tau berarti harus kamu ajarkan begitupun kamu bisa tau dari ortu kamu ortu kamu tau dari ortunya juga ortunya juga tau dari ortunya lagi ortunya lagi bisa tau dari ortunya lagi ortunya lagi dan ortunya lagi terus terus terus terus sampai ke adam adam bisa tau dari mana? jadi bisa tau dari sang pencipta jadi logik itu dari pencipta mengajarkan atau memberitahu kepada ciptaannya dan seterus dan seterusnya sampai sekarang

  47. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Anda ngetik panjang lebar, poinnya apa? Saya gak nemu poinnyaπŸ˜‚

  48. Sumarno Sumarno

    Sumarno Sumarno10 bulan yang lalu

    Penjelasannya mantapp...mas ilham cerdas

  49. Yanpedia

    Yanpedia10 bulan yang lalu

    Setuju Gan, mereka yang marah ketika kitab Suci dikatakan fiksi, karena mereka punya kepentingan saja, masih banyak kok kasus lain yang lebih dahsyat dari itu, tetapi mereka mingkem...ono opo iki, ...setuju gan, biar pada cerdas...

  50. SALHENDRO. M

    SALHENDRO. M10 bulan yang lalu

    Aku suka analisanya , trims bro..?

  51. Syair Adrianto

    Syair Adrianto10 bulan yang lalu

    KITAB SUCI itu sama dgn FIKSI krna sma2 berfungsi bisa mengaktifkan imaginasi...

  52. Bara  Sakti

    Bara Sakti10 bulan yang lalu

    Sedikit banyak memberikan ilmu untuk menggurkan argumen yg masih nyiyirin pernyataan rocky gerung.

  53. Ciner Rese

    Ciner Rese10 bulan yang lalu

    Setuju bang, jika tidak melihat kkbi atau devisi rocky cukup bilang tidak setuju, krna itu hnya masalah logika, Jdi inget sya pernah lihat ceramah HRS, tentang seorang ateis vs abu khanifah, yg intinya dri seorang ateis memberikan logikanya bhwa dunia ini tercipta dg sendirinya, dan abu khanifah cukup membalas dg logikanya jg, saat dtang menuju kesini (tempat debat ateis dan abu khanifah) kata beliau (abjkhanifah) bingung, krna harus melawati sungai besar, dan beliau hnya duduk dibawah pohon, nmun kemudian ada batang pohon membelah sendiri dan membentuk rakit/prahu, kemudian aku naiki hingga dtang ksini. Itu jwban abu khanifah untuk melawan sang ateis trsbut dan sang ateis itu menertawakan abu khanifah dg mengengolok2 bhwa dia gila mana ada pohon membelah dan mnjdi rakit dg sendirinya, dan kata2 itu dibalik oleh abu khanifah, jika kmu gk percaya dg pohon membelah itu, maka kmu lebih gila, jika dunia dan seisinya tercipta sendiri, Kurang lebih sperti itu.

  54. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Mantap sekali. Saya suka kisah itu.

  55. rino rinaldy

    rino rinaldy10 bulan yang lalu

    Karna gw islam dah alquran bukan tulisan/karangan manusia gw yg dianggap fiksi karna dalam aquran smua itu fakta dari jaman bumi belum diciptakan sampai akhir jaman sudah tertulis jelas dalam alquran.salam waras

  56. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Salah besar kesimpulanmu bro. Dr awal kamu gak paham. Nabi Muhammad sudah melihat Neraka, tp kita belum. Neraka dan surga itu MUTLAK ada. Tapi ketika kamu mendengar kata "neraka" kamu mengimajinasikanya. Mengimajinasikan itu bukan berarti bentuknya tidak ada. Bro, Monas itu mutlak ada, seandainya kamu ada di Papua, lalu cerita soal Monas ke orang Papua, orang Papua akan mengimajinasikan bentuk Monas, tentu saja hanya karena mengimajinasikan bentuk Monas, bukan berarti Monas tidak ada. Paham gak?

  57. rino rinaldy

    rino rinaldy10 bulan yang lalu

    @Rizha Ilham kenapa situ bela roky gerunk sedangkan dia bukan agama islam,,bisa saja dia bilang kitab suci itu fiksi mungkin dia belum belajar dari alquran.roky pernah bilang kita belum melihat neraka tapi kita sudah tau karna imajinasi kita,,,jusruh kita percaya karna nabi muhammad pernah melihat neraka klo situ percaya kita fiksi berarti situ beranggapan nabi muhammad melihat neraka lewat imanjinasinya

  58. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Saya juga Islam, dan sangat yakin dan percaya bahwa Islam yg paling benar, dan Al Qur'an adalah kitab yg tiada keraguan di dalamnya.

  59. Priyanto Sudirman

    Priyanto Sudirman10 bulan yang lalu

    KALOK EMANG MOSLEM BIN ISLAM...UDAHLAH...GAK USAH IKUTAN OTAK FIK SI ROCK GEMBLUNG GERUNK..., NGAPAIN DI BELA'IN ???

  60. Mundus Samir

    Mundus Samir10 bulan yang lalu

    Jangan menjelaskan sesuatu pakai maunya sendiri.menjelaskan sesuatu harus ada pijakannya

  61. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Bukan karena anda tidak menemukan. Tapi anda tidak mencoba utk mengerti. Rocky gerung sedang melaksanakan neologisme pada kata fiksi itu sendiri. Karena menurut rocky makna fiksi lebih dari itu. Itulah alasan dia melakukan neologisme pada kata fiksi, sebagai tanggung jawab bagi seorang akademisi. KBBI Juga kan yg buat akademisi. Kalau akademisi lain beda pendapat, masalahnya dimana?

  62. Mundus Samir

    Mundus Samir10 bulan yang lalu

    Kalau RG tidak menggunakan kbbi dia menggunakan kamus apa. Saya mencari kamus filsafat untuk memnuat saya mengerti cara berpikit rocky saya tidak temukan mhn ssya dibantu.

  63. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    L

  64. Mundus Samir

    Mundus Samir10 bulan yang lalu

    @Rizha Ilham l

  65. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Saya berdasar pada KBBI dan narasumber. Pijakan apa yg anda maksud?

  66. Amazing Football

    Amazing Football10 bulan yang lalu

    waalaykumsalam... hehehee... kalau masnya percaya kata rocky gerung berarti mas percaya kitab suci adalah imajinasi... kalau mas percaya sama KBBI berarti mas percaya kitab suci adalah khayalan. ini yang namanya logika. kitab suci sebagian besar adalah fakta, bukan imajinasi apalagi khayalan.. pertanyaan di buku mas diganti biar gak jadi delik, apakah sebagian kecil kitab suci adalah fiksi (fiksi menurut rocky gerung loh ya bukan kbbi)? kayaknya saya bakalan sering komen dan nonton video mas, selain ramah balesin komen masnya juga balasnya santun gak marah-marah, dan yang tidak kalah menarik buat saya adalah, sebagian pendapatan dari chanel ini utk donasi anak yatim. giliran donasi pake "sebagian" giliran kitab suci gak pake "sebagian" hehe.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  67. Alfian Sulaksono

    Alfian Sulaksono10 bulan yang lalu

    Di kitab suci ada surga dan neraka Imajinasi nya surga itu indah tapi posisi nya belum tiada dan masuk surga jadi tau dari mana surga itu indah kalo belum merasakan Ya mungkin itu pemikiran saya saat mencari tau apa itu fiksi dan fiktif dan fi fi fi lainya Berbeda beda tetap satu jua ya heehee

  68. Amazing Football

    Amazing Football10 bulan yang lalu

    @Rizha Ilham πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  69. Boy Wiliam

    Boy Wiliam10 bulan yang lalu

    Ngakaka...

  70. Rizha Ilham

    Rizha Ilham10 bulan yang lalu

    Nah kan masih gagal paham. Intisari dari pendapat rocky adalah kitab suci isinya bisa diimajinasikan, tapi tetaplah firman tuhan bagi yg mengimani. Bukan isinya yg imajinasi. Paham gak bedanya?