Pasal-pasal RKUHP yang MENCENGANGKAN & MENEGANGKAN! ft. Coki Pardede & Eno Bening

Komentar

  1. Geolive

    Geolive28 hari yang lalu

    Rencananya, akan ada aksi massa di depan Gedung DPR RI, besok (Senin, 16 September 2019), pukul 13.00 WIB. Mengusung usulan Tunda RKUHP. Kebebasan sipil terancam. Supremasi agama-agama besar dan pemerintah di depan mata. Hanya ada satu kata, LAWAN!!! Cek deskripsi video, ada tautan ke artikel-artikel penjelasan terkait RKUHP. Selamat membaca, merenungkan, dan memantapkan diri hadir dalam aksi besok :)

  2. RS Fx

    RS Fx15 hari yang lalu

    Jangan asal lawan, pintarkan diri sendiri aja biar gak kelihatan begonya... Itu di bahas bertahun tahun dan paripurna ( terbuka ).

  3. Gavin Lim

    Gavin Lim16 hari yang lalu

    Semoga Allah selalu melindungi pak Jokowi 2019-2024

  4. Jihan Farikha

    Jihan Farikha18 hari yang lalu

    Akhir2 ini banyak bat yg demo. Semoga jadi revisi.

  5. Doddy Leonard Andaya

    Doddy Leonard Andaya18 hari yang lalu

    Gara² ini, mahasiswa pada demo... Untung belum sah tuh KUHP 😂🤣kidding

  6. Iyan Kun

    Iyan Kun18 hari yang lalu

    Karyaseni? Doujin?

  7. Rizki Langit Ramadhan

    Rizki Langit Ramadhan6 hari yang lalu

    Terbukti oknum oknum DPR itu pintar pintar, buktinya ketika mendekati hari hari akhir periode jabatannya seketika mereka membuat buanyak sekali undang undang kontroversial yang sangat merugikan rakyat indonesia padahal mereka di pilih oleh rakyat. "Sungguh hina sekali".

  8. aji gede

    aji gede7 hari yang lalu

    Gue cuma minta satu.... Minta UU yg mau di revisi... Buat di baca di pelajari...siapa tau bisa buat standup comedy....wkwkwkwkkk

  9. Hanifa Nissa

    Hanifa Nissa8 hari yang lalu

    Ya, kalo penghinaan diganti fitnah, setuju

  10. Hanifa Nissa

    Hanifa Nissa8 hari yang lalu

    Emang ada ya orang mau jadi gelandangan?

  11. Solihin Salleh

    Solihin Salleh9 hari yang lalu

    Ngaco...untung aku bukan wni...haha...semakin gila undang2 nya

  12. Sorry Me

    Sorry Me9 hari yang lalu

    Terkhusus untuk pasal marx, apakah diskusi yg membahas tentang teori revolusi yg dmana2 itu yg secara langsung menentang teori keTuhanan, dimana itu tertera di Sila pertama kita. Apakah itu baik2 sja? Kita punya mulut itu untuk berbicara, yg menghasilkan diskusi yang menghasilkan edukasi. Maunya di buatkan ruang diskusi ini malah dibatasi! WTF!

  13. Sorry Me

    Sorry Me9 hari yang lalu

    Terlambat liat video ini, terlalu fokus pada persiapan kuliah 4 sks di jalan kmarin kak 🙏🏼

  14. Rii Kean

    Rii Kean10 hari yang lalu

    Setelah nonton ILC + interview dengan Prof Muladi, ternyata selama ini rakyat kena hoax. Kesian para pakar yang bekerja bertahun2 untuk ini.

  15. netizen public

    netizen public10 hari yang lalu

    prok... prok... prok... prok indonesia akan kaya oleh denda

  16. Primandaru Tangerang

    Primandaru Tangerang10 hari yang lalu

    Tenang aja, kan masih bisa jalur damai.

  17. Hansel Huminsa

    Hansel Huminsa11 hari yang lalu

    Baca buku yuk, biar nggak salah paham sama RKUHP, kasian rakyat diadu domba. #GERAKANBACABUKU

  18. Albian Johari

    Albian Johari12 hari yang lalu

    Inilah indonesia gakan pernah MAJU kalo hukuman KORUPSI begitu ringan. Lihat negara.negara yg luar yg maju . Hukuman pemerintahan lebih sadis . Tapi jadi Negara yg MAJU .

  19. Arc Lynce

    Arc Lynce12 hari yang lalu

    Kocak. Property penjara akan berkembang 5 tahun kedepan dengan KPR murah dari pemerintah. Goodbye Demokrasi!!!

  20. Mhmmd ramdani

    Mhmmd ramdani12 hari yang lalu

    DPR halusinasi Jokowi sakau

  21. l o l

    l o l13 hari yang lalu

    lihat kbdhn jokowi idreporter.net/v/video-h74EBHj0zS0.html

  22. aff am

    aff am13 hari yang lalu

    Coki ketawa ngakak speaker gw kek mau pecah wkwkw

  23. TheDesta82

    TheDesta8214 hari yang lalu

    DPR mending urusi moral kalian...ga usah ngatur2 moral rakyat

  24. Vaya Lovista

    Vaya Lovista14 hari yang lalu

    Kak, tolong baca dulu, mostly ada tuh. tapi memang setuju juga perlu banyak dibenahi. Ini menurut orang awam yes,, tapi emang aku udah baca banyak di RUU itu. yang terbaru yah, kalian kayanya blm yang terbaru deh soalnya pasal 598 nya beda dikit hihiiw. Kalau saya ada salah kata tolong di bantu kritiknya yaaaaahhh kita sama2 belajar di sini. Untuk pasal Perzinahan yah klo mau anaknya ga tersakiti sama yang lagi ena ena ya jangan ketahuan anaknya lah ya. Ga bagus juga untuk psikologi anak hahahaha. Ya kali gak malu anaknya sampe tahu klo lg berhubungan badan. itu kalo udah cerai. Kalo belum cerai? klo aku sebagai anaknya, malah semakin aku laporin aja hahahahaaa. Secara menghianati Ayah atau Ibu nya kan berarti? Boleh gak anak sakit hati? boleh. Gelandangan itu apa perlu diketahui, lalu kalo udah tau gelandangan itu apa dan ditambah keterangan sampingnya yaitu menyebabkan keresahan masyarakat ya tetap saja ditindak. Gelandangan adalah org yang tidak punya tempat tinggal tetap karena tunawisma. nah ketika dia pindah dari kolong satu ke kolong jembatan lain, lalu pindah ke pemukiman penduduk yang tiap hari melakukan pemerasan, atau mabuk hingga bikin onar. Nah ini yang dimaksud dapat dipidana. Ada? Banyaaaakkkkk hihihiwww kebanyakan nyampah dan mabuk2an pengrusakan properti juga banyak loh, terus ini bagaimana kalau kita yang jadi korbannya? gabisa nuntut? hehhehee terus secara gelandangan Gak bisa bayar denda? ya Kurungan atau masuk ke LSM atau lembaga pemerintah yang menampung, seenggaknya gak disitu terus melakukan hal serupa atau malah pindah tempat lain. Sepuluh juta ini maksimal ya, tergantung kerusakan apa atau pencurian apa yang ia timbulkan. INgat ya, gelandangan itu tunawisma, bukan wanita pekerja yang pulang malam dianggap gelandangan juga (seperti banyak hoax diluar sana). Nah untuk argumen "penghinaan dan kritik" apa bedanya? tolong baca dulu pasal 218 ayat 1. jangan sampai timbul fitnah ke pemerintah kalau anti kritik. salah besar pake banget, bukan cuma pemerintah sekarang ya, siapapun itu. Pasal ini sudah baik, pasal pencemaran nama baik saja buat warga biasa ada kok hukumannya, apalagi kepala negara yang sah secara hukum dan konstitusi. Ini bikin kita juga menghormati konstitusi, gak asal bicara ke publik. dan jangan salah, inipun Delik aduan ya, ada syaratnya. yaitu Presiden dan Wakil Presiden atau pemerintah yang sah harus melakukan pelaporan. jadi jangan buta apa apa di penjara. Ya Enggak juga, lagian mau bobrok atau berhasil bangsa juga dilihat bagaimana kita bersikap. Tutur yang baik juga mencerminkan orangnya. Saling menghormati. Apalagi ini Pemerintahan Sah, jika ada yang salahpun kita juga bisa menyuarakan pendapat. Demo sehari aja langsung didenger kok, jadi people power memang tetap diatas segalanya. Dengan cara yang baik dan tidak anarkis tentunya. Tentang yang pasal "atheis", sepertinya sudah jelas, negara kita itu Negara pancasila. SIlakan baca lagi pasal pertama Pancasila itu apa. Gak usah takut, kita mau atheis juga suka2 kita, keyakinan gabisa ada yang larang, tapi ketika kita menghasut orang lain buat ikutan kita, itu yang salah..... kalau dibilang ga akan hasut, yasudah case close. berarti ga ada yang pakai pasal ini kan untuk dipidana... ini kasusnya atheis ya, meniadakan keyakinan sama sekali, bukan memindahkan keyakinan satu dengan keyakinan lainnya. dan ingat, ada kata "bermaksud menghasut" di pasal ini. Bukan menyebarkan. takut salah tafsir. Pembelajaran di sekolah, kuliah tentu saja diperbolehkan, tapi mengajak Siswa nya untuk keluar dari agama yg dianutnya, ini baru menghasut. Saya tidak menyalahkan yang demo, wajar banget karena banyak hoaks dimana-mana. Malah bangga sama mahasiswa yang demo, ini bukti kita menjalankan demokrasi. Maaf jika ada salah kata, saya juga bukan pakar hukum cuma org biasa yang masih belajar dan gak lebih baik dari kalian semua guys..... hanya saja ini juga ada di KUHP yang selama ini kita terapkan kok sejak 1918 hingga 2019 dan itu warisan Belanda, jadi ini KUHP dengan 628 pasal kalo ga salah dan 200an halaman (sudah di rumuskan melewati 10 Presiden) semoga lebih bisa disempurnakan lagi, sehingga masyarakat bisa memedomani ini dalam hal pidana. Tapi kita harap gak lama bisa mencapai ketok palunya, kita kawal terus, dan plis keep sharp. Salam kenal semuanyaaaaa.... Bangsa yang maju, mau dikasih peraturan pidana berjilid-jilid juga ga akan gentar tapi malah merasa malu jika melanggarnya. Jangan kasih celah buat siapapun pidanain kita (Inshaallah Amin). Behave and be responsible.... Semangat semuanya, kita kawal bersama buat proses KUHP pertama seumur Indonesia dari mulai merdeka ini agar lebih membawa banyak dampak baik ke masyarakat. Amin.....

  25. mitha federika

    mitha federika14 hari yang lalu

    Kayanya anggota DPR pas kuliah pada bolos trs kali y, atau d dlm kelas tidur trs, soalnya keliatan buat RUU KUHP aja kacau. Kita aja yg g kuliah hukum ngerti loh. Kacau bgt Indonesia sekarang. Atau mereka banyak makan micin, kurang Vitamin otaknya.

  26. RS Fx

    RS Fx15 hari yang lalu

    Kontennya yg mendidik dong... Bawa orang yg kompeten menerangkan makna isi UU tsb. Jangan asal ditafsirkan.kelihatan tololnya. RUUKPK atau RKUHP justru sesuai Islam dan Hak asasi Manusia. Paham. Terimakasih.

  27. robi IX

    robi IX14 hari yang lalu

    Oke bang saya setuju dgn poin anda yg ini, tapi saya tanya ke Abang : apakah anda setuju kalau gelandang di denda segitu pantas untuk gelandangan ?

  28. Nur Hasan

    Nur Hasan15 hari yang lalu

    Lhah bener... Kemaren kan dah ada yg pernah bilang, keknya si RG, bilang klo hak kebebasan berpendapat kita emang dilindungi tp pendapatnya itu sendiri tak dilindungi. Ibarat lu ngomong di depan orang iya diperhatikan tp tak di dengar. 😂😅

  29. kyohangetsu TV

    kyohangetsu TV15 hari yang lalu

    SUPAYA DPR SADAR TOLONG PIHAK INDOSIAR BIKIN SINETRON ADZAB TENTANG ANGGOTA DPR YG SEENAKNYA SENDIRI TEEEEEEEEEEEEEEERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR[DIEDIT]

  30. Piko Monde

    Piko Monde15 hari yang lalu

    Tgl 24, nyari nyari pembahasan ruu kuhp di IDreporter ga muncul. Sekarang akhirnya dapet rekomendasi dari IDreporter. Makasi IDreporter.. 😁😁

  31. Mochamad Pandu

    Mochamad Pandu15 hari yang lalu

    Jadi bang (tidak bermaksud menggurui) membaca pasal itu tidak bisa dibaca hanya satu ayat saja, tetapi harus semua ayat dalam pasal itu dibaca karena akan berkaitan Untuk pasal 598 mengenai hukum adat, itu merupakan implementasi dari pasal 18B ayat (2) UUD 1945, nah karena di Indonesia itu hukumnya mengenal asas legalitas maka delik adat yang termuat pada pasal 598 harus diatur terlebih dulu di dalam perda daerah yang dimaksud, dengan begitu tidak mencederai asas legalitas yang dianut indonesia. Untuk pasal 188 tentang penyebaran ajaran komunisme. Kalau dilihat dari ayat (6) nya yang berbunyi "Tidak dipidana orang yang melakukan kajian terhadap ajaran komunisme/marxisme-leninisme untuk kepentingan ilmu pengetahuan". Maka pasal 188 itu ditujukan kepada orang yang menyebarkan ajaran komunisme secara 'sembarangan', sedangkan yang melalui buku/mengkaji ajaran atau ideologi ini tidak bisa dipidana karena tidak memenuhi rumusan delik. Untuk pasal 413 tentang pornografi. Sebelumnya saya menjabarkan bahwa di Indonesia terdapat asa "lex speciali derogat legi generali" jadi pada intinya uu yang mengatur secara khusus mengesampingkan uu yang mengatur secara umum. Dalam kaitanya dengan pasal 413 ini, ada uu yang mengatur secara khusus yaitu uu no.44 tahun 2008 tentang pornografi (dan di pasal 1 nya dijelaskan tentang pornografinya btw) dimana pada pasal 5 dan 6 nya bahkan sampai disebutkan yang meminjamkan, mengunduh, dan bahkan menyimpan vidio porno bisa dipidana. Dan menurutku uu ini hanya sebagai normatif, karena jika memang dijalankan maka saya yakin penjara akan penuh karna banyak mas mas yang menyimpan vidio porno :v Untuk pasal 417 tentang perzinaan saya juga kurang setuju sih :v apalagi disana tidak disebutkan apakah korban pemerkosaan masuk dalam delik tersebut. Untuk pasal 423 tentang gelandangan. Denda maksimalnya kan 10 juta, namun dalam Pasal 85 ayat (2) huruf g, hakim harus melihat kemampuannya terlebih dahulu, apabila orang yang bergelandang di tempat umum yang mengganggu ketertiban umum tidak dapat membayar denda tersebut, hakim dapat menjatuhkan pidana kerja sosial bagi orang yang bergelandang tersebut. Selanjutnya jika kita melihat pada Pasal 34 UUD 1945 dimana disebutkan, “Fakir Miskin dan anak-naak terlantar dipelihara oleh negara.” hal itu bisa dijadikan negara untuk "memberdayakan" gelandangan tersebut untuk diberikan pekerjaan yang layak. Dan perlu diingat lagi, pasal tersebut menyebutkan bahwa "yang mengganggu ketertiban umum" jadi jika tidak mengganggu ya tidak dipidana. Pasal 240 dan 241 tentang penghinaan terhadap pemerintah disebutkan oleh yasonna laoly bahwa yang dimaksud menghina adalah menghina PERSONA dari anggota dewan/pemerintahan, jadi jika mengomentari KINERJA tidak memenuhi rumusan delik, dan tidak bisa dipidana. Untuk pasal 306 jujur saya masih belum tau tentang pasal ini, jadi saya tidak berani untuk membahasnya. Karena takutnya nanti pandangan saya salah. *tambahan, bahwa di dalam kitab undang2, entah ith pidana perdata ataupun yang lain, selalu membahas tentang hal yang umum, jadi akan sering ditemui pasal2 yang multi tafsir. Maka dari itu, biasanya pasal2 yang multi tafsir akan dibahas lebih jelas pada uu lain, contoh uu kesehatan, pornografi, lalu lintas, pernikahan, ITE dan masih buuuaanyak lagi.

  32. Mochamad Pandu

    Mochamad Pandu15 hari yang lalu

    @NB Gaming kan disitu saya bilang mengajak berdiskusi, bukanya so so an ;)

  33. NB Gaming

    NB Gaming15 hari yang lalu

    Sok sok lu bro

  34. Mochamad Pandu

    Mochamad Pandu15 hari yang lalu

    Disini saya tidak bermaksud menggurui, tapi malah mengajak teman teman untuk bareng2 berpikir dan berdiskusi

  35. tiga production

    tiga production15 hari yang lalu

    nanti uang denda denda itu semua masuk ke pemerintah dan uang itu di korup sama pemerintah itu sendiri.. pantesan KPK di perlemah.. wow its amazing

  36. Desy Thata

    Desy Thata15 hari yang lalu

    kata Gus Dur didalam gedung DPR seperti kanak kanak ! Dan sekarang terbukti dengan RKUHP 😄 wkwkwkwk

  37. Tsubasa Ozora

    Tsubasa Ozora10 hari yang lalu

    Pingin pap tt 😑

  38. ansharullah El Rahmani

    ansharullah El Rahmani15 hari yang lalu

    Kata cania ada pasal yg menyangkut merekam tanpa ijin, sy lgsg kepikir CCTV dong wkwk di ATM, kantor2, traffic light dll, bahkan polisi atau persidangan ga boleh ada bukti CCTV dong hahaha

  39. Edy Sujarwo

    Edy Sujarwo15 hari yang lalu

    Mendadak tau hukum🤣🤣🤣🤣

  40. Dhefsoul _

    Dhefsoul _15 hari yang lalu

    Iya bener hukumannya kebalik-balik tuh. Ini nih kalo kebanyakan tidur pas rapat jadi gini :v

  41. tri apriyani

    tri apriyani16 hari yang lalu

    Mungkin menurut mereka gelandangan di indo kaya" jadi suruh denda segitu wkwkwkwkwk ngk ngotak asli sangking kepinteran nya mereka sampe buat uu kaya gitu

  42. tbc 105

    tbc 10516 hari yang lalu

    dpr.sulsel.go.id/ tidak ada web yang aman

  43. syuumshaumi

    syuumshaumi16 hari yang lalu

    kalo ruu gembel ternyata dibuat untuk mengurangi urbanisasi gmn? mungkin g? karena kan sebagian besar gembel itu paling banyak ada di kota besar, dan sebagian besar adalah pendatang yg mengadu nasib tapi nggak berhasil..(nggak semua juga sih). imho aja, cuman kasih perspektif lain.

  44. syuumshaumi

    syuumshaumi16 hari yang lalu

    mungkin pasal hubungan seksual dg selain suami/istri dibuat untuk mengantisipasi perselingkuhan, pelecehan, dan pemerkosaan, jadi selama ini pasangan yg mungkin nggak bisa menuntut pasangannya karena selingkuh atau victim date rape jadi bisa ada dasar hukum buat menuntut keadilan buat mereka. kalo produksi dan penyebaran pornografi itu dibuat untuk mengantisipasi pemerasan (extortion) dari siapapun yg jadi korban, dan jadi sekalian aja gitu bikin orang2 yg suka kirim d*ck pic jadi mikir2 untuk asal ngirim. kira-kira kalo misal mikir dari sisi ini salah nggak? dan mungkin untuk pembuktian bisa pake rekaman cctv.

  45. yusuf iman

    yusuf iman16 hari yang lalu

    Mamam tu 2 periode

  46. Kuyakuriku

    Kuyakuriku16 hari yang lalu

    Kok pasal 603 & 604 jarang ada yg bahas ya.

  47. Ayruz entertainment

    Ayruz entertainment16 hari yang lalu

    asli gw dulu masih kuliah tahun 2013an,make hoodie dengan badge swastika pun malah di ajak diskusi sama dosen,takut klo malah dilarang jadi semakin merajalela dan ini sangat membatasi pola pikir dengan tujuan pembodohan

  48. Yossy Andrew Girsang

    Yossy Andrew Girsang16 hari yang lalu

    judulnya bagus, isinya hehehe harusnya undanglah yg paham...

  49. dony 1618

    dony 161816 hari yang lalu

    gimana seneng ga?

  50. andhika wahyoe

    andhika wahyoe16 hari yang lalu

    kenapa "anda2" ini yg cuma WAKIL kami seolah2 ingin mengatur hidup kami dengan cara yg ribet?apakah fasilitas Lembaga Permasyarakatan anda sudah manusiawi?

  51. Bambang Super

    Bambang Super16 hari yang lalu

    gembel beralih profesi jadi copet buat bayar denda.

  52. Camelia Raj kumari

    Camelia Raj kumari16 hari yang lalu

    Apabila uu karet ini di sah kan . . . . . Auto gua pindah ke another planet Mars maybe 😆

  53. Windi Septian

    Windi Septian16 hari yang lalu

    598 ok sih... tu berarti mengangkat norma budaya... biar milenial balik lagi ke jaman w kecil. Dimana norma budaya sangat amat di taati...

  54. Daffa Oxa

    Daffa Oxa16 hari yang lalu

    7:57 Hayo Eno Bening yg biasanya nge review meme :v

  55. Ha Nisa

    Ha Nisa16 hari yang lalu

    padahal waktu smk di ajarin bahkan di sauruh cari buku untuk mengetahui siapa carl max

  56. malkyvanno mahar

    malkyvanno mahar16 hari yang lalu

    Penafsiran pasalnya lucu banget wkwkwk pakek logika yang gak berlogika wkwkw

  57. Iwan Cimis

    Iwan Cimis16 hari yang lalu

    Klo ga di demo..yakin ga tuh RKUHP di ACc presiden...???soalnya dulu pernah buat perpu tanpa dibaca ulang di acc trus ada kesalahan..sedangkan KUHP ada 600pasal...ckcckckckckckc

  58. Surya Agung

    Surya Agung16 hari yang lalu

    time 13:54 ekspresi CANIA yang cukup MERESAHKAN viewer. :) :) :)

  59. soerya dodi

    soerya dodi16 hari yang lalu

    apakah indonesia masih menganut demokrasi?

  60. Deny Lauwis

    Deny Lauwis16 hari yang lalu

    Hola kak caniaaa, Saya sudah membaca hal2 terkait bbrp pasal2 yg viral di RKHUP yg baru, dan dibandingkan dengan yg sebelumnya, Ternyata beberapa pasal itu sudah ada dari sebelumnya, apa saya yg salah membaca atau bagaimana? Kenapa KHUP yg sebelumnya ga viral ya? Knp yg baru malah viral? Padahal sudah ada sejak dahulu, Tolong dengan sangat dijelaskan kak :D

  61. robi IX

    robi IX14 hari yang lalu

    Bang saya sudah baca tapi memang tidak semua, saya tanya balik ke Abang apakah pantas gelandang di denda segitu ?

  62. novi purnama

    novi purnama16 hari yang lalu

    Ngomongin politik baru ngakak yky gini

  63. Sopian Hasibuan

    Sopian Hasibuan16 hari yang lalu

    Alangkah lucunya negriku

  64. Gandhi Komang

    Gandhi Komang16 hari yang lalu

    BAB XXXIII TINDAK PIDANA BERDASARKAN HUKUM YANG HIDUP DALAM MASYARAKAT Pasal 597 (1) Setiap Orang, yang melakukan perbuatan yang menurut hukum yang hidup dalam masyarakat dinyatakan sebagai perbuatan yang dilarang, diancam dengan pidana. (2) Pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa pemenuhan kewajiban adat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 66 ayat (1) huruf f. Pasal 66 (1) Pidana tambahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 huruf b terdiri atas: a. pencabutan hak tertentu; b. perampasan Barang tertentu dan/atau tagihan; c. pengumuman putusan hakim; d. pembayaran ganti rugi; e. pencabutan izin tertentu; dan f. pemenuhan kewajiban adat setempat. Jadi, hukumnya itu sesuai yang berlaku di hukum adat setempat. Ini bagus, ada dasar polisi untuk memprosesnya. Kita hargai hukum adat (awig awig) daerah/desa setempat.🙏🙏🙏

  65. Gandhi Komang

    Gandhi Komang16 hari yang lalu

    Ada baiknya utamakan menyesuaikan diri terlebih dahulu ketika masuk daerah baru. sopan santun berlaku .

  66. fahri fr potret

    fahri fr potret16 hari yang lalu

    fadlyzon dan fahri hamzah yang terhormat yang merasa paling benar sejagat wakil Rakyat harus tonton ini!!

  67. CQ STORY

    CQ STORY16 hari yang lalu

    Masalah utama ruu kuhp adalah logika hukumnya, dimana negara menempatkan rakyat bukan sebagai warga negara yg wajib dipenuhi hak2nya, tapi lebih ke rakyat jajahan, dimana hukum dipakai buat menjerat dan menakut2i. 😥😥😥

  68. James English

    James English17 hari yang lalu

    The conclusion is kalo aku liat orang lain pake baju palu, arit disilangin + warna merah, aku bisa dong aduin orang lain yg gk aku kenal? Yg penting kan aku benar dari hukum RKUHP

  69. Faqih Mappatunru

    Faqih Mappatunru17 hari yang lalu

    Mohon jika membahas suatu UU, jangan hanya liat pasalnya...tp juga penjelasan dari pasal tersebut. Terima Kasih.

  70. Damianus Agung Noprianto

    Damianus Agung Noprianto17 hari yang lalu

    jadi kalau misalnya kuliah terus pelajarannya tentang paham komunis, sosialis dan marxisme nah saya sarankan saat kuliah anda telanjang aja semua soalnya kalau kalian diciduk tinggal bilang aja kalian lagi kumpul kebo soalnya hukumannya lebih ringan cuma 1 tahun sedangkan belajar tentang komunis dll nya pidananya 4 tahun.

  71. Fendi Official

    Fendi Official17 hari yang lalu

    Kok gw yang bedah negarah merasah takut ke Indonesia Yaa Dan kalau gw tinggal di indonesia Pasti Uda pindah negarah.

  72. Vy Kouko

    Vy Kouko17 hari yang lalu

    Demoooo stm gabung sma mahasiswa...smoga sie uu kuhp ini dibatalin

  73. Syabidubidab

    Syabidubidab17 hari yang lalu

    cania gendut