Mengenal N250 Gatot Kaca, Pesawat Pertama Indonesia Karya BJ Habibie

Komentar

  1. Kadek Sudaniasih

    Kadek SudaniasihBulan Yang lalu

    Jangan pernah kita lupa dengan pak bj habibie kita akan selalu ingat dengan pak bj habibie😭😭😭😭😭😭😘😘

  2. Hamdan Bin Basiran

    Hamdan Bin BasiranBulan Yang lalu

    MasyaAllah

  3. Gibran Gmlr

    Gibran GmlrBulan Yang lalu

    Ternyata sudah dari dulu bangsa ini tak bisa menghargai karya anak bangsa sendiri , terlebih kurang bersyukur .. Dan sekarang pun sepertinya sama , kita hanya memikirkan kalah dan menang .. Mau sampai kapan di teruskan ..

  4. Merza 9

    Merza 9Bulan Yang lalu

    Dan sekarang akan di buat pesawat R80 dan kabar buruknya bj Habibie telah pamit,

  5. aira. khairunnisa

    aira. khairunnisaBulan Yang lalu

    :_(

  6. Connor Newman

    Connor NewmanBulan Yang lalu

    Biar milenial gak gagal paham sejarah baca ini: Soekarno adalah presiden yang memiliki kelebihan dalam politik tingkat dunia, memiliki percaya diri yang tinggi dalam mengambil keputusan2 yang berani seperti mengusir amrik yang ingin invest di Indonesia, mempelopori politik non-blok, kampanye boneka malaysia, anti liberalisme dan benar2 ingin menjaga agar rakyat betul2 menguasai SDA Indonesia baik secara pendidikan dan teknologi. Namun, karena prinsip itulah yang menyebabkan pembangunan masa itu sangat tertinggal karena berharap besar investasi berasal dari USSR, gelora bung karno dibangun, kapal selam, pesawat datang dari Soviet meskipun tetap harus dibayar dengan mencicil kemudian. Akhirnya, di akhir jabatan soekarno, ekonomi anjlok, inflasi tinggi, rakyat sulit memenuhi kebutuhan pokok. Sedangkan di sisi lain politik dunia bergejolak antara komunis dan liberal. Padahal pihak barat sangat ingin berinvestasi di Indonesia, namun lagi2 soekarno sangat anti liberal, karena menganut paham socio economic sehingga condong kepada blok timur (ditunjukkan dengan patung pancoran) Soeharto melihat peluang investasi yang dapat mempercepat pembangunan meskipun itu dari barat, namun ditolak keras oleh Soekarno meskipun stabilitas negara saat itu sudah diujung tanduk. Akhirnya G30SPKI pecah dan Soeharto mengambil alih kekuasaan. Terlepas hal tsb merupakan konspirasi atau bukan, faktanya hal tersebut sudah menjadi bagian dari sejarah indonesia. Pembangunan meningkat tajam, dibawah kepemimpinan Soeharto rupiah menguat jauh dibanding orde lama. Kemajuan di segala bidang, karena pintu investasi dibuka tidak seperti zaman Soekarno. (sama seperti JOKOWI sekarang yang mengharapkan investasi dengan promosi kesana kemari) Banyak investasi masuk terutama dari barat, caltex, freeport, yang menjadi pendapatan eknomi terbesar Indonesia melalui sektor energi. Tidak hanya itu, toyota, daihatsu, produk2 elektronik semua menbangun pabrik di Indonesia, swasembada pangan, sehingga mendapat penghargaan dari UN UNICEF, Repelita dijalankan dengan roadmap yang jelas. Pembangunan infrastruktur, tol JAGORAWI, TMII, Dunia fantasi sudah dibuat dimana negara tetangga seperti Malaysia belum jadi apa2 pada masa itu. Soeharto pun menghormati Soekarno dengan mengabadikan nama Soekarno-Hatta menjadi nama bandara Namun seiring berjalannya waktu, Soeharto tidak ingin selalu mengandalkan pihak asing dalam menguasai industri2 strategis di Indonesia, pelan2 soeharto membangun proyek2 teknologi tinggi. Diaspora2 berprestasi dipanggil langsung oleh beliau untuk berkarya di Indonesia, fasilitas diberi, anggaran disediakan. Salah satu diaspora yang mendapatkan kemewahan tersebut adalah Habibie. Habibie dihubungi Soeharto untuk pulang mengembangkan teknologi dan mendapatkan jabatan staf khusus presiden Sorharto. Dengan soeharto mengundang diaspora insinyur kembali ke Indonesia, N250 didanai penuh oleh negara, PT PAL dapat membangun kapal terbesar di asia tenggara masa itu, STAR 50, mobil nasional dapat bersaing di pasar nasional TIMOR, terlepas dari kepemilikan Tomy atau bukan, faktanya Indonesia saat itu sudah bisa memiliki brand mobil nasional dan durhakanya rakyat tutup mata atas hal itu dan sengaja lupa bahwa Indonesia di tahun 80-90 hampir dicap sebagai “macan asia” Asing jelas tidak menyukai gerakan Soeharto tersebut dalam menguasai industri2 teknologi strategis, maka dari itu krisis global ekonomi 1998 menjadi momentum untuk menggagalkan pencapaian2 Soeharto, salah satunya permintaan IMF untuk menshutdown proyek N250. Soeharto saat itu tidak ada pilihan lain, demi kepentingan rakyat karena krisis ekonomi global, agar harga kembali stabil tidak ada opsi lain selain mendapatkan bantuan IMF saat itu. Sekarang banyak rakyat menutup mata, menghujat Soeharto habis2an tanpa tahu/tutup mata apalagi mengapresiasi apa yg sudah beliau capai. Setiap pemimpin ada kelebihan dan kekurangan, namun durhakalah rakyat Indonesia yang selalu menghujat kekurangan Soeharto tanpa paham kemajuan hebat yang beliau perbuat terhadap bangsa Indonesia.

  7. medan

    medanBulan Yang lalu

    🧡🙏bj habibie

  8. Maylissa Matsumi

    Maylissa MatsumiBulan Yang lalu

    Dulu diabaikan, sekarang dipuji-puji. Nyesal kan?!

  9. notlikethis

    notlikethisBulan Yang lalu

    Pesawat inilah yg menjadi inspirasi bagi anak-anak sd periode 90an ketika ditanya cita2nya mau jadi apa? Hampir semua menjawab mau seperti pak Habibie, semoga almarhum dilapangkan kuburnya serta diberi tempat terbaik oleh Allah SWT, Aamiin

  10. Raditya Adiwiguna

    Raditya AdiwigunaBulan Yang lalu

    SEMOGA BJ HABIBIE DI TERIMA DI SISI TUHAN YG MAHA ESA :)

  11. izakdyarza

    izakdyarzaBulan Yang lalu

    IronMan meninggal BJ. Habibie meninggal Kenapa org pintar meninggal duluann?? 😫😫😭😭😭

  12. Abu Mazaya

    Abu MazayaBulan Yang lalu

    Nangis rek

  13. Jaya Agatha

    Jaya AgathaBulan Yang lalu

    Hebat

  14. krepnata kadara

    krepnata kadaraBulan Yang lalu

    Legenda dirgantara nasional yang terlupakan. Sayang ditinggal gitu aja padahal buatan lokal dan diatas standar untuk kelasnya di masa itu. Bisa tuh dipake buat bantu peberbangan antar wilayah yg krg infrastruktur

  15. Anggoro Sigit

    Anggoro SigitBulan Yang lalu

    Hilang ditelan reformasi kemunduran technology..sekarang buat mobil gerobak uelek saja dari china.

  16. just hair

    just hairBulan Yang lalu

    muscle of iron, bone of steel

  17. umpet channel

    umpet channelBulan Yang lalu

    Semoga suatu saat nanti ada penerus pak bj Habibie

  18. Daniel Raharja

    Daniel RaharjaBulan Yang lalu

    Pesawat pertama indonesia "si kumbang" pesawat tempur baling baling buatan nurtanio.protype jadi monumen di IPTN/PT.DI

  19. Kang Galer

    Kang GalerBulan Yang lalu

    Kapan landas terbang ya nih pesawat?

  20. jancok \

    jancok \Bulan Yang lalu

    😭😭😭😭😭😭

  21. BL Batur Lombok

    BL Batur LombokBulan Yang lalu

    smoga lahir penerus BJ Habibi

  22. Rio Rizki Mahesa

    Rio Rizki MahesaBulan Yang lalu

    gara gara IMF !!!! !!!! bank bank dan bank !!!!

  23. JKG 006 2

    JKG 006 2Bulan Yang lalu

    Semoga bj.habibi dapat tempat yg baik dan layak di syurga nya allah swt amin berkat eyang habibi indonesia maju

  24. Rizki Erlangga

    Rizki ErlanggaBulan Yang lalu

    Tadi siang lewat di bandad lampung Pesawatnya terbang mengelilingi kota bandar lampung Keren pesawatnya👍

  25. Ilham Mbois

    Ilham MboisBulan Yang lalu

    Mencari sosok penerus bangsa seperti beliau ibaratkan mencari jarum dalam tumpukan jerami,,,entah klo dari putra-putrinya adakah yg seperti beliau R.I.P selamat jalan bapak teknologi Indonesia semoga Amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT,amiin😭😭

  26. Rubish Love

    Rubish LoveBulan Yang lalu

    Pesawat kebangaan kita bersama.. Ini beneran asli dan murni buatan indonesia. Justru saya setuju jika ini dimodali pemerintah dan dipakai sebagai taksi antar pulau indonesia..modal yang terkumpul untuk pengembangan teknologi mesin jet

  27. Geger Zaidul Karim

    Geger Zaidul KarimBulan Yang lalu

    Kapan N250 diproduksi lagi

  28. Muhammad Heda Nurhidayatulloh

    Muhammad Heda NurhidayatullohBulan Yang lalu

    Ada R80 yang sedang dipersiapkan dari sebelum eyang habibie meninggal

  29. Godzilla

    GodzillaBulan Yang lalu

    Cita Cita nya Tak Tercapai

  30. OWWSOME SCENES

    OWWSOME SCENESBulan Yang lalu

    Wkwkw indo be like, making own car names "gatot bocah" Indon be like wow ww

  31. Ahmad Jafri

    Ahmad JafriBulan Yang lalu

    Gatothkaca dalam mobile legand😆

  32. Soccer File

    Soccer FileBulan Yang lalu

    Harapan mending eyang bj habibie yang belum terkabul sampai saat ini adalah kapan pesawat rancang alm itu mengudara dan diproduksi massal di indonesia,kalau nanti nya diproduksi massal saya mengusulkan nama pesawatnya adalah BJ habibie atau nama bandara BJH airport,supaya apa biar anak cucu kita tau bahwa sejarahnya alm bj habibie pernah membuat pesawat ditanah air indonesia kita sendiri dan untuk mengenang jasa2 beliau selama hidup didunia

  33. حيرمان hhmsip

    حيرمان hhmsipBulan Yang lalu

    Bpak teknologi, selamat jalan b.j habibie semoga husnul khotimah amal ibadah nya d terima amiiin yaa الله 🙏🙏🙏 . 😭😢😢

  34. pupu kaspudin

    pupu kaspudinBulan Yang lalu

    Semoga jasa2mu tetap di kenang bangsa ini..selamat jalan putra terbaik bangsa kamibsangat kehilanganmu

  35. MEMOS WORLD

    MEMOS WORLDBulan Yang lalu

    Kalau IMF tidak menekan pemerintah untuk membuat PESAWAT ✈ , mungkin sekarang indonesia bisa jadi sudah memiliki ROKET ANTARIKSA 🚀

  36. Ginan Official_

    Ginan Official_Bulan Yang lalu

    Njir,bener banget sumpahh👍

  37. Momogii anggie anggie

    Momogii anggie anggieBulan Yang lalu

    Betull bngtt kaa...👍👍😎🤗❤️🇮🇩.....

  38. Rio Rizki Mahesa

    Rio Rizki MahesaBulan Yang lalu

    MEMOS WORLD nah betul

  39. PATROLI KOMENTAR NORAK!

    PATROLI KOMENTAR NORAK!Bulan Yang lalu

    "Teknologi pesawat dipersiapkan untuk 30 tahun mendatang" gilaaaa pak Habibie keren bgt

  40. Boon Boon

    Boon BoonBulan Yang lalu

    Bukannya NURTANIO adalah orang pertama Indonesia yang membuat pesawat ?

  41. Boon Boon

    Boon BoonBulan Yang lalu

    Nurtanio lah yang telah merintis industri penerbangan Indonesia. Kalau tidak ada beliau, mana mungkin ada PT. Dirgantara Indonesia seperti sekarang ini.

  42. Idam Idris

    Idam IdrisBulan Yang lalu

    Tidak ada sejarah dirgantara indonesia itu nurtanio

  43. rey_ 025

    rey_ 025Bulan Yang lalu

    yg nonton karna rindu pak bj habibie🖒

  44. Angga Candra

    Angga CandraBulan Yang lalu

    Pak habibi berhasil menciptakan pesawat, Pak jokowi berhasil menciptakan Mobil ESEMKA. Kecerdasan Pak habibi hampir mendekati kecerdasan Pak jokowi.

  45. Egi Widodo

    Egi WidodoBulan Yang lalu

    Jauh cerdasan Habibie dibanding Jokowi

  46. Orenji Orange

    Orenji OrangeBulan Yang lalu

    Baca sejarah mobil SMK dulu dek. Biar ga terjerumus politik busuk. Urai dari mana awalnya, biar tidak mudah termakan hasutan pihak lain. Salam.

  47. Adang Lesmana

    Adang LesmanaBulan Yang lalu

    Selamat jln si jenius. pahlawan bangsa indonesia. nama mu akan kenang😭

  48. Agus Evita

    Agus EvitaBulan Yang lalu

    Siapa ya yg setelah nonton pesawat ini stelah melihat ir bj habibi meninggal..

  49. Syahrul Huda

    Syahrul HudaBulan Yang lalu

    Pada zaman itu indonesia hampir maju d bawa pimpinan beliau, tapi sangat d sayangkan beliau hanya sebentar sekali memimpin

  50. Garuda Nusantara

    Garuda NusantaraBulan Yang lalu

    KARYA EYANG HABIBIE HARUS DI TERBANGKAN😊😊

  51. Sere Nity

    Sere NityBulan Yang lalu

    Sekarang gampang jd presiden, bikin mobil mobilan bisa jd presiden. Kalo pak Habibie jelas kelasnya jauh sama yg sekarang😁😁😁😁

  52. Insight Prestige

    Insight PrestigeBulan Yang lalu

    sekiranya di tiru bussiness model airbus, mungkin berjaya. pembuatan parts di bagi2 kan antara negara asean. pasti berjaya

  53. Feri Hartanto

    Feri HartantoBulan Yang lalu

    Kok airline lokal malah sibuk pesan sama boeing,airbus,embraer,etc Garuda indonesia explorel dan wings air ,pake jenis ini aja buat singgah di bandara perintis

  54. Uun Nurhida

    Uun NurhidaBulan Yang lalu

    Sosok yg sangat baik religius dan genius turut ikut brduka cita yg sedalam2nya 🙏

  55. Sapto Sentono

    Sapto SentonoBulan Yang lalu

    Indonesia bikin mobil aja di nyinyiri sama seperti dulu awalnya pak Habibie bikin pesawat banyak pengamat yg Apriori dengan karya beliau tapi kini karya beliau sudah melangit di berbagai negara.....

  56. Blackpieser

    BlackpieserBulan Yang lalu

    Anda itu naif menyamakan mobil dgn pesawat, tak layak bung! Pesawat buatan habibie 100% rancang bangun beliau dan tim ahlinya.. Sedang sejarah mobil nasional yg sudah sampe tahap produksi hingga pemasaran sampai sekarang belum ada yang 100% rancang bangun bangsa sendiri..

  57. Simon Robert

    Simon RobertBulan Yang lalu

    Klo ini jadi, gak atr lom tentu laku

  58. Raja Kong

    Raja KongBulan Yang lalu

    Saingan nya sama ninja 250

  59. Idham Gustipriyo

    Idham GustipriyoBulan Yang lalu

    Karya beliau dihargai kok oleh negara kita *INDONESIA* tapi yg tidak menghargai itu orang-orang yg benci negara ini maju.

  60. Dandy ZoNe

    Dandy ZoNeBulan Yang lalu

    R.I.P hokage ke 3, dan mereka bener meninggal di umur yg sudah tua, bisa kebetulan gitu ya

  61. sakkarep ku

    sakkarep kuBulan Yang lalu

    Pak Habibie jasamu begitu besar😭

  62. rizalfajar dwiprayoga

    rizalfajar dwiprayogaBulan Yang lalu

    karya asli presiden indonesia nyata BJ HABIBIE. mengharumkan nama indonesia di dunia. presiden cerdas. presiden BERTEKNOLOGI. bangsa indonesia kehilanganmu. selamat jalan eyang. karyamu sungguh luar biasa. mampu membuat pesawat terbang aslis indonesia. jannah tempatmu alfateha. amin

  63. Wasiul Fikri

    Wasiul FikriBulan Yang lalu

    Jgnkan cuma pesawat 4Gpun bisa orang indonesia

  64. gideon saputra

    gideon saputraBulan Yang lalu

    Kita sudah bisa buat pesawat sendiri tapi kenapa maskapai dalam negri Indonesia malah pakai produk asing Airbus dan Boeing ?? Tidak cinta produk Indonesia ya ?? masa produk Indonesia yang kita cintai cuma boleh sekelas Maspion.. Padahal pesawat Habibie sudah jelas jelas diakui negara maju sekelas Jerman ☹️☹️☹️

  65. Ihsan Kamil

    Ihsan KamilBulan Yang lalu

    Keinget waktu prakerin di PT DIRGANTARA INDONESIA dan bangga melihat pesawat N250 GATOT KACA terparkir di landasan PT DI

  66. Viktor Yanukovich

    Viktor YanukovichBulan Yang lalu

    Kalau dibilang pesawat pertama Indonesia gk juga sebelum Habibie ada yg sudah bikin pesawat

  67. Zacrow 88

    Zacrow 88Bulan Yang lalu

    Maksudnya mungkin pesawat komersil pertama

  68. hamba Nya

    hamba NyaBulan Yang lalu

    @Wawan Saputra NURTANIO

  69. Viktor Yanukovich

    Viktor YanukovichBulan Yang lalu

    Pesawat sikumbang

  70. Wawan Saputra

    Wawan SaputraBulan Yang lalu

    Coba disebutkan biar kt smua pd tahu

  71. Wawan Saputra

    Wawan SaputraBulan Yang lalu

    Sp coba kmu sebutkan

  72. Batik Gedog Tuban

    Batik Gedog TubanBulan Yang lalu

    Seharusnya N250 dikembangkan trus...jika kurang sempurna di sempurnakan lagi...Untuk Pesawat Kepresidenan RI keren ini.. Kami bangga dengan karya anak bangsa. Yg setuju pesawat karya B.J Habibi unk pesawa Presiden RI like

  73. alvin nusantara

    alvin nusantaraBulan Yang lalu

    Tidak semudah itu ferguzooo

  74. Dwi Indah

    Dwi IndahBulan Yang lalu

    Pesawat ini papa saya yg nerbangin pertama kalinya. Capt.Sumarwoto bersama rekannya Capt.Erwin. Masyaa Allah .. semoga selalu menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Inshaa Allah bi'idznillah..

  75. Abassy Zulfikar

    Abassy ZulfikarBulan Yang lalu

    @Rio Gunadi 😁

  76. Crazzy Russian

    Crazzy RussianBulan Yang lalu

    buyut nya kakek gua punya temen dan temen nya itu punya kakak, nah kakanya dia adik, tuh adik punya eyang trus eyang nya punya cucu, cucunya punya anak dan anaknya klo ga salah sempet kerja di proyek n250 bagian nyapu runway dan ngepel WC

  77. Muhammad Hary

    Muhammad HaryBulan Yang lalu

    Owh iya teman ku yg waria jadi pramugari pesawat yg di terbangkan oleh papa kamu 😂😂😂

  78. Dewa kade Arsa prasetya

    Dewa kade Arsa prasetyaBulan Yang lalu

    Bapak sy yg ngisi bensin di spbu

  79. Patriku

    PatrikuBulan Yang lalu

    bapak gw bagian dari masang mesin nya :v wkwkwkkwkw 😂😂😂 :v

  80. MU Siregar

    MU SiregarBulan Yang lalu

    Innalillahi ,, Semoga beliau di terima disisi mu ya allah ,, semoga husnul khotimah .. aminn 🙏🙏