Menelaah Argumen Rocky Gerung Soal Kitab Suci dan Fiksi (Bagian I)

Komentar

  1. LAB videos

    LAB videosTahun Yang lalu

    Orang lain : wah bagus, nih, videonya. Argumenya mantap. Gue (dan sebagian besar pria yg tidak fokus) : Mbak Cania, mau nggak nrima aku? :D

  2. Jajang Nurjaman

    Jajang Nurjaman5 bulan yang lalu

    Wkwkw saking gak nyampenya otak dengan topiknya jd fokusnya ke situ

  3. Mahisa rizqii ardli

    Mahisa rizqii ardli5 bulan yang lalu

    Aku tidk peduli dengan isi videonya, yg aku peduli apakah pentil cania item ato pink

  4. Anggi Novrianisti

    Anggi Novrianisti9 bulan yang lalu

    Langka ye semacam mba cania ini 😂

  5. random video

    random video10 bulan yang lalu

    @TrojanHorse91 betul bnget tuh bro.

  6. Arsyla Rasya Inara

    Arsyla Rasya Inara10 bulan yang lalu

    kak cania...bahas film bokep dong...

  7. MLQ DJ

    MLQ DJ10 hari yang lalu

    Banyak yg tergelincir karena di permainkan oleh akalnya sendiri...tdk perlu membicarakan apa itu kitab suci. Sebab sdh jelas kitab suci itu adalah firman Tuhan yg terenting kita mengamalkan nya. kalau kita bicarakan makin banyak bicara makin tersesat.

  8. Abel Coffe #Abelian

    Abel Coffe #Abelian20 hari yang lalu

    sepertinya mba cania mengambil referensi dari buku 'Munduri, dengan judul LOGIKA'. i agree

  9. Yuri L7

    Yuri L721 hari yang lalu

    Sama aja,,,loe anggap diri loe bener,,,begitupun org lain

  10. CahyaningNalar

    CahyaningNalar22 hari yang lalu

    Bahwa perempuan indah sebagai fiksi dan berbahaya sebagai fakta adalah jelas fallacy yg overgeneralisasi.

  11. Kristen Menasehati Islam

    Kristen Menasehati Islam26 hari yang lalu

    ALQURAN KARANGAN MUHAMMAD, ITULAH KATA ALQURAN LHO, BUKAN KATA GUE

  12. Afandi Sugeha

    Afandi Sugeha26 hari yang lalu

    Luar biasa logika yang anda sampaikan...😁 Saya inggin bertanya jika anda punya anak perempuan di bawah umur kemudian anda dapati dia sedang menggunakan narkoba serta menonton video porno apakah anda akan melarang...?? atau membiarkan dia karena ini berkaitan dengan hak individu serta kedaulatan dan kemerdekaan dia untuk melakukan apa saja terhadap dirinya...😁😁😁🙈

  13. Yakobis Tv

    Yakobis TvBulan Yang lalu

    cerdas

  14. Restu Alpha

    Restu AlphaBulan Yang lalu

    Dalam buku "Sapiens" karya Yuval Noah Harari, dinyatakan bahwa ketika hewan lain hanya hidup dalam 1 realitas saja: realitas objektif, Homo Sapiens menjadi satu-satunya hewan yang hidup dalam 2 realitas sekaligus: realitas objektif (batu, gunung, sungai, singa) dan realitas fiksi (negara, uang, agama, mitos).

  15. lufti Susanto

    lufti SusantoBulan Yang lalu

    Udah Tau Hukum Ilmu Filsafat ,Itu HARAM JADAH mempelajarinya ,Semua 4 Imam Fikih Paling Terbaik di Dunia ,Mengharamkan , Ngak Perlu di Debat ....Krn Orang ahli Filsafat Isinya Orang Dungu ,Apalagi Dosen Filsafat ,Haaaaa

  16. Febrian Pratama

    Febrian PratamaBulan Yang lalu

    Jujur, aku perlu banyak belajar untuk bisa menyimak informasi ini, aku tidak bisa menerima secara pragmatis tentang video yang ditampilkan. So, terima kasih telah membingungkan ku dan memberi semangat kepada ku untuk belajar

  17. Ahya Adhiputra

    Ahya AdhiputraBulan Yang lalu

    Ngmong opo iki cewe. Coba kau ketemu sama orangnya, penyet congormu

  18. Yuga Parsadaan

    Yuga ParsadaanBulan Yang lalu

    if smart is the new sexy, you are too god damn hot

  19. Rofi Dwicita Mahardhika

    Rofi Dwicita MahardhikaBulan Yang lalu

    Kitab suci fiksi? Belajar ilmu logika (Mantik) Akal sehat adalah akal yg logis.. diantara ilmu logika yg kita kenal sehari hari adalah silogisme, salah satu inti terbesar dari silogisme ini adalah menggabungkan premis yang dapat menghasilkan sebuah hasil/kesimpulan.. Namun sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan/fallacy dalam logika mereka dan mengucapkan yang tidak seharusnya atas dasar itu adalah logika, contohnya adalah Kita lihat silogisme dari kritikus kondang yg berkata Jika fiksi itu menimbulkan imajinasi, maka kitab suci fiksi Premis minor: kitab suci menimbulkan imajinasi Premis mayor: "jika" fiksi menimbulkan imajinasi Hasil/kesimpulan: kitab suci fiksi Apakah penyataan tersebut benar? Secara rumus berfikir dan teori pengambilan kesimpulan seperti ini jelas benar dan sesuai dengan kaidah ilmu logika itu sendiri, tetapi.. Tidak semudah itu mengimani suatu silogisme, pertama kita harus sepakat dalam premis2 yg dibangun, dan seperti kita ketahui premis yg dibangun bahwa fiksi itu sesuatu yg menimbulkan imajinasi itu tidak disepakati banyak orang.. Hebatnya ia mengatakan "jika" berarti ia berandai bahwa fiksi itu memang bermakna menimbulkan imajinasi, Oke sekarang kita mengimani premis bahwa sesuatu yg menimbulkan imajinasi itu adalah fiksi, apakah kesimpulan dari silogisme ini benar? Jawabanya adalah salah, karena tidak semua yang menimbulkan imajinasi adalah fiksi, contoh: perintah, undang-undang, atau mungkin perkataan seseorang dan berita yang dilontarkan kepada kita pada umumnya menciptakan suatu imajinasi dalam benak kita yang mungkin tanpa kita sadari, jadi hasil dari silogisme itu salah karena tidak ada keterikatan yang kuat antara menimbulkan imajinasi dari fiksi dan menimbulkan imanjnasi dari kitab suci itu sendiri, jika seluruh yang menimbulkan imajinasi itu adalah fiksi, barulah kita bisa sepakat bahwa kitab suci adalah fiksi, karena kitab suci terikat dalam sesuatu yg menimbulkan imajinasi, dan yang menimbulkan imajinasi itu adalah bagian dari fiksi Silogisme yg dilontarkan tadi memiliki bentuk yg sama dengan pernyataan berikut: Premis minor: Reva berpoligami Premis mayor: "jika" Rasulullah berpoligami Hasil : Reva itu Rasulullah Masa iya sih?? Jelas salah, kan? Karena yang berpoligami tidak pasti Rasulullah Lalu apakah ilmu logika dan silogisme itu sendiri salah? Dan tidak patut dijadikan rujukan ilmiah? Itu salah juga, karena silogisme memiliki bentuk yg banyak dan beragam, saya sendiri kurang tahu dalam mengartikan istilah2 ini dalam bahasa indonesia, dan sebetulnua saya pun mencoba membantah argumen tersebut dengan silogisme dalam bentuk yg berbeda yg tidak dapat saya paparkan disini.. Lalu apakah ada silogisme yg pasti benar hasilnya? Ada, dalam catatan kita mempercayai premis minor ataupun mayor yg diungkap pemantik Contohnya Premis minor: budi orang indonesia Premis mayor: seluruh orang indonesia adalah orang asia Hasil: budi orang asia.. Intinya jenis dan bentuk silogisme yg benar adalah jika wasithoh/sesuatu yg mengikat kedua premis dalam contoh disini "indonesia" dapat menyeluruh, budi bagian dari indonesia dan indonesia bagian dari asia, maka budi orang asia.. Jadilah filsuf yang memiliki perasaan dan moral yang hidup, sebagaimana socrates telah berhasil menurunkan filsafat dari langit menuju bumi, dari alam menuju diri sendiri (akhlak)

  20. Sufi Saw

    Sufi SawBulan Yang lalu

    Ya saya setuju.tp kliahatan warna keyakinan dia..fluralisme keyakinan,sperti faham theosopy,anak dari freemansion.

  21. Ki Kuk

    Ki KukBulan Yang lalu

    Mantap. Berpikir kritis itu perlu untuk menilai setiap argumen (sekalipun orang itu penting).

  22. ari aja

    ari aja2 bulan yang lalu

    bahasin ideologi ideologi mbak wkwk

  23. Vieyan Evi

    Vieyan Evi2 bulan yang lalu

    Munkin anda pintar, berilmu , bahkan mungkin terlalu pintar melogisasi , tapi anda lupa beradap, karena yang anda bicarakan soal kitab suci, ingat utamakan adap sebelum ilmu, jangan biarkan anda berilu tetapi tak beradab

  24. Greji Cemekis

    Greji Cemekis2 bulan yang lalu

    Gue bayangin dia ngomong layaknya istri yang mau di manja

  25. Video gratis Tv

    Video gratis Tv2 bulan yang lalu

    Nggak Ada jika nya

  26. Norton Gartino

    Norton Gartino3 bulan yang lalu

    gr8 m8

  27. Safri Medan

    Safri Medan3 bulan yang lalu

    Ini pemisah antara idealisme, liberal, sekuler, ragam agama, aliran kepercayaan dan hakikat islam. Hal seperti ini ada solusinya dalam islam. Asal dua² nya konsisten dan memegang setiap argumen yg dia bangun. Mau tahu solusinya?

  28. Anthony Plus

    Anthony Plus3 bulan yang lalu

    Bg roky tdk menyebutkan kitab tertentu'felx siuw, mengatakan pabila ditujukan kepada alquran itu salah'karna alquran ranah allah, alquran berbeda dgn kitab agama agama lain, contohnya, siapa yg bisa membuat kitab suci seperti alquran satu ayat saja, pasti tdk ada yg mampu/bisa,

  29. I Putu Indra Saputra

    I Putu Indra Saputra3 bulan yang lalu

    1:20, punchline yg bagus 🙈🙈

  30. normal print

    normal print3 bulan yang lalu

    Kenapa backgroundnya ungu?

  31. normal print

    normal print3 bulan yang lalu

    Kitab suci yg dimaksud rocky gerung pasti bukan Al-Quran

  32. Ali Rahmatullahnew

    Ali Rahmatullahnew3 bulan yang lalu

    Mntap mbak... Penjelasannya mudah dimengerti...

  33. andy keempat

    andy keempat3 bulan yang lalu

    Ga usah banyak bahasa bkibet. FIKSI ITU ARTINYA HALU. GA NYATA. DONGENG.

  34. Abdul Denta

    Abdul Denta3 bulan yang lalu

    Bukannya ini orang yg di acara ILC.yg gagal paham soal sila pertama.yg mengangkat tema LGBT. Kok bisa di sini bicara gagal paham mulu.apa beda orang y yea.....🤔

  35. Clasik Guitar

    Clasik Guitar3 bulan yang lalu

    Loe ngomong apa sih... ngga jelas bangat.. hahahaha

  36. Tulus Robidin

    Tulus Robidin3 bulan yang lalu

    Soal video yg ini,,gue agak berasa aneh,,,jngn selalu menilai argumen orang, contoh felix video,,anda sendiri gagal paham,,

  37. Yasya Indra

    Yasya Indra3 bulan yang lalu

    Cania masih kiyis2

  38. Gandhi Komang

    Gandhi Komang3 bulan yang lalu

    Di kitab suci itu ada tertulis Firman Tuhan yang diterima nabi melalui malaikat. Artinya ajaran2 itu adalah fakta (jika meyakini). Memang beda dengan untaian doa, berdoa bisa dikatakan fixion, tujuan yang belum tercapai saat berdoa. Lagi pula Pernyataan kitab suci adalah fixie itu semestinya dikeluarkan di forum khusus membahas filsafat saja, bukan di forum publik yang temanya berbeda.

  39. Lewi Rumapea

    Lewi Rumapea3 bulan yang lalu

    Top

  40. Stefano Russel

    Stefano Russel4 bulan yang lalu

    Felix Siauw gagal paham 🤣 Thanks Cania that was epic explanation..

  41. gede joyonegoro

    gede joyonegoro4 bulan yang lalu

    Tanya...? Apakah setiap WNI yg tinggal di indonesia harus beragama? Apa konsekuensi hukum bagi WNI yg tidak beragama atau ingin tidak beragama? bagaimana hak politik, perlindungan dan layanan publiknya?

  42. Dwiyan

    Dwiyan4 bulan yang lalu

    Sebenrnya diksi roki yang kurang tepat. Toh pas gue baca penjelasan youval gue bisa nyerna dan nerima. Bahkan bukan cuma agama. Uang, dan hak asasi manusia itu juga mitos. Suatu kesepakatan bersama yang ga ada objetifitas realitynya. Suatu dogma/doktrin yang ditanamkan kepada kita. Tapi justru dogma itu yang membuat sapiens menjadi teratur hidupnya. Bayangin gaada dogma agama di muka bumi. Kita gaada bedanya sama manusia prasejarah, dan bahkan mungkin kita jadi manusia prasejarah selamanya

  43. The Red L

    The Red L4 bulan yang lalu

    Sebelum membahas terlalu panjang kali lebar kali tinggi, ada satu pertanyaan. Kitab suci apa yg d maksud oleh rocky ¿? Harus clear dulu itu

  44. Ristana Cahya

    Ristana Cahya4 bulan yang lalu

    Recall Bias berlaku juga gak ya untuk proses pengumpulan ayat ayat Al-Qur'an ??

  45. Muda Sakti Pramugita

    Muda Sakti Pramugita4 bulan yang lalu

    jujur saja saya baru liat video ini tp sudah banyak melihat thumbnail nya. TAPI, SAYA TIDAK SUKA RAMBUT MBAK CANIA DI PONI! :v

  46. Sandi Sinambela

    Sandi Sinambela4 bulan yang lalu

    Saya senang melihat vidio ini, karna menambah wawasan, istilah istilah baru sangat mengembangkan pola pikir, sekarang banyak sekali antara kita yang terkena sindrom kecemasan, saat terkritik kita lebih banyak menjawab diluar logis

  47. KebenaranBukanMilikAndaAtaupunSaya

    KebenaranBukanMilikAndaAtaupunSaya5 bulan yang lalu

    Realita itu memang persepsi. Setiap individu menginterpretasi realita dengan cara berbeda

  48. superwhelming

    superwhelming5 bulan yang lalu

    Muda cakep pinter Satunya tua, ga laku, bangkotan, idup lagi 😂

  49. Ryan@inside

    Ryan@inside5 bulan yang lalu

    Semoga mbak Cania menyampaikan sesuatu tetap objektif dan autentik tp klo sudah berdasarkan kepentingan personal atau klompok maka sia2 ilmu yg didapat.

  50. Aldo Irfani

    Aldo Irfani5 bulan yang lalu

    Kenapa ya setiap liat mbaknya aku sangek Hiyahiya hiya wkbdhlevsoabwvys

  51. Juwandi Juan

    Juwandi Juan5 bulan yang lalu

    Saya mah asal liverpool menang aja udh seneng,

  52. Ivan Adi Kurniawan

    Ivan Adi Kurniawan5 bulan yang lalu

    lu ngomong apasih mba..

  53. Ento Pungk

    Ento Pungk5 bulan yang lalu

    Prolognya kelamaan mba. Pembahasan judulnya jadi kurang deh.

  54. LINA LIE

    LINA LIE5 bulan yang lalu

    Mari belajar 😊

  55. Acho Sagu

    Acho Sagu5 bulan yang lalu

    sepakat ttg intersubjective reality.....!!!! tpi bagaimana dengan objective realitynya..??? bukankah nilai kebenaran dari sebuah... klaim tergantung (hanya) pada objek penyelidikan, bukan subjek yang melakukan penyelidikan...tolong koreksi sy....????

  56. rofid Cjmen

    rofid Cjmen5 bulan yang lalu

    MASUK AKAL

  57. Julpan Munthe

    Julpan Munthe5 bulan yang lalu

    Sedangkan kau aja nggak hafal pancasila. Yg sila ke 1... Jalang

  58. om boy

    om boy5 bulan yang lalu

    komunis berkata: semakin orang beragama maka orang tsb semakin lemah...prtama dengar memang agak jengkel tp klu kita memandang dr sudut lain memang benar.

  59. Xun Ho

    Xun Ho5 bulan yang lalu

    Ini cewek kn yg paling bodoh dan malu maluin di ilc

  60. Vargas Simbolon

    Vargas Simbolon5 bulan yang lalu

    Cania nya cerdas dan bijak. I love u cania

  61. Joni j

    Joni j5 bulan yang lalu

    waw membahas Hamurabi Raja Babilonia 😁 mohon kulik lebih dalam lagi donk mba cania Hamurabi ini.. supaya harus di pelajari bersama

  62. ageong Kadri

    ageong Kadri5 bulan yang lalu

    Anda menyampaikan argment dan perspektif untk berbagai fenomena. Ok, tu adlah Hak kebebasan sbgai warga NKRI. Akn tetapi sy terus melihat n mendgar banyak perumpamaan anda tentng atribut Agama Islam. Anda mengagungkan kebebsan tapi hati n pikiran anda tdk terbebas dari kebencian tentang dogma umat lain. Disitu anda dangkal!

  63. TUAH PROJECT

    TUAH PROJECT5 bulan yang lalu

    Ini chanel aps RUANG GURU kah?

  64. INNOZENZ INDRIAEAN

    INNOZENZ INDRIAEAN5 bulan yang lalu

    Love You.....

  65. Massogi Massogi

    Massogi Massogi5 bulan yang lalu

    Kebanyakan orng auto idiot jika di singgung tentang ngomong agama .