Mantan Biarawati Bongkar Kebohongan GEREJA - Hj. Irene Handono

Komentar

  1. Mamaester Wifi

    Mamaester Wifi11 jam yang lalu

    Yesus adalah Bapa..Bapa adalah Yesus ..dari awal juga adalah Dia yang mahakuasa dan akhirnya dia juga yang maha kuasa ..dan akan menyatakan dirinya kedalam dunia yg kecil ini untuk menghakimi yang hidup dan yang mati..

  2. WACOT GAMING

    WACOT GAMING20 jam yang lalu

    Tolong share ke Teman2 kalian ya.

  3. WACOT GAMING

    WACOT GAMING20 jam yang lalu

    Terima Kasih ibu Hj Irene Handono atas ceramah anda❤❤❤❤❤

  4. Fira Syafina

    Fira SyafinaHari Yang lalu

    Semoga ibu tatap dalam lindungan Allah SWT Aaminnnn Ya Robbal Aalamiiinnnnn

  5. Oki sukirman

    Oki sukirmanHari Yang lalu

    TIDAK ADA SESUATU YANG BARU DIBAWA OLEH MUHAMMAD... KARENA BATU HAJAR ASWAD ADALAH SALAH SATU DARI 360 BERHALA YANG MEMANG SUDAH DISEMBAH OLEH KAUM PAGAN.

  6. Suparmin Sutarmin

    Suparmin Sutarmin3 hari yang lalu

    coba baca ini...... eneg bacanya,,,,, "Dan janganlah kamu kawini wanita-wanita yang telah dikawini oleh ayahmu, terkecuali pada masa yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh). (4: 22)" kayak kurang kerjaan bgt ya ??? selangkangaaaaan aja diurusin.

  7. Megawati melti

    Megawati melti2 hari yang lalu

    Gaperlu mencari keributan. Cukup bagimu agamamu, bagiku agamaku.

  8. sobo kali

    sobo kali3 hari yang lalu

    Allahuakbar

  9. Ami Ikhsan

    Ami Ikhsan3 hari yang lalu

    Tks ibu irena.. ..tauziah nya bgtu indah. Smoga allah berikan nikmat islam dan nikmat sehat buat ibu.

  10. Ahmad Fauzi

    Ahmad Fauzi3 hari yang lalu

    Bagus!!!

  11. Rifki hardja

    Rifki hardja4 hari yang lalu

    andaikan, andaikan Quran asli tidak dibakar si Usman anaknya si affan maka islam sekarang tidak berkitabkan kitab PALSU jadi masalah tafsir tidak berulang-ulang

  12. Supriyono Hasan

    Supriyono Hasan4 hari yang lalu

    Masya Allah knp mereka, mnghujat, memfitnah coba yg relefan orang beragama alangkah baiknya bila dijlnkan disitulah kita akan mnmukan hidup yg hakiki. Trm ksh bu hj.

  13. Indro Susanto

    Indro Susanto5 hari yang lalu

    QS 33:28 : "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu: “Jika kamu sekalian mengingini kehidupan dunia dan perhiasannya, maka marilah supaya kuberikan kepadamu mut`ah dan aku ceraikan kamu dengan cara yang baik. Apa itu mut’ah ?... Kawin kontrak ! . . . gileeee ! ..... (macem germo..!) TIdak heran banyak onta arab pergi ke puncak cari ‘istri sementara’ sebagai pemuas nafsu. Nikah sih nikah besoknya cerai . . . (Rupanya menjalankan perintah junjungannya toh . . . he - he -he . . .). * Kawin kontrak yang dilakukan orang arab dipuncak bukanlah sesuatu yang diharamkan Allah. Berikut dalilnya : Hadith Sahih Bukhari 6:60:139 Dikisahkan oleh Abdullah: Kami sering berjihad yang diselenggarakan oleh sang Nabi dan saat itu para wanita kami tidak berada bersama kami. Maka kami berkata pada Nabi, "Haruskah kami mengebiri diri kami sendiri?" Tapi Nabi melarang kami melakukan itu dan dia mengijinkan kami melakukan nikah sementara dengan memberi bayaran pada wanita itu sehelai kain saja. Setelah itu Nabi mengutip ayat Q 5:87: "Wahai Muslim! Janganlah mengharamkan hal² baik yang telah dihalalkan Allah bagimu."

  14. Afga 123

    Afga 1235 hari yang lalu

    Insyaa Allah sering kt mendengar kebesaran Allah akn ada girah untuk mengamalkan dn menyampaikan tuk kt sama dot ridloNya..

  15. vira anggrina

    vira anggrina5 hari yang lalu

    Kalau mau beli buku yg bahas soal natal dmna ya. Sya cari di gramedia dan toko online g ada. Apa ada yg bs kasih info?

  16. MaiZaka Channel

    MaiZaka Channel5 hari yang lalu

    Bersyukur banyak pembohong yang mualaf 🤣. Biar mereka tidak menodai Kristen dengan kebohongan yang mereka pelihara.

  17. PKM Entertaiment

    PKM Entertaiment6 hari yang lalu

    Haleluyah akhirnya emas sudah di tampi dan ternyata tidak murni glory haleluyah saifudin kini mencari domba yang sesat

  18. Falentino Spt

    Falentino Spt6 hari yang lalu

    Cerahmah anda bahas agama tanpa isi quran bodo amat

  19. Indro Susanto

    Indro Susanto6 hari yang lalu

    KAPAN TURUNNYA QURAN ? ------------------------------- Menurut ...... HADIST SAHIH BUKHARI, 62:136 ....... WAKTU LAGI BERSENGGAMA DAN ONANI ..!! - Wahyu turun keatas Muhammad, ketika sedang bersenggama dan mengeluarkan spermanya diluar vagina. (Dikisahkan oleh Jabir : Kami biasa melakukan azal /coitus interruptus (perkosa Budak dgn pengeluaran sperma diluar vagina), ketika Quran diwahyukan. Jabir menambahkan: Kami biasa melakukan azal /coitus interruptus semasa hidup Rasul Allah ketika Quran sedang diwahyukan. (Sahih Bukhari 62:136). Astagfirullah !!.... Bayangkan, pembuatan Quran dan penyemprotan sperma. Naudzubillah mindzaliq !?

  20. bagindo s tanjung channel

    bagindo s tanjung channel6 hari yang lalu

    Alhamdulillah, salam kenal

  21. Sri Windarti

    Sri Windarti7 hari yang lalu

    Sayang bu irene justru anda yg gk tahu tentang kristen dan islam yg sesungguhnya. Siapa bilang orang kristen gk tahu orang kristen konsep kristen.gk ada yg anda katakan maulid utuk kristen natal ea natal.justru loe itu yg cari umpan utk membohongi orang dgn ocehan loe.yg gk valid justru itu yg kamu katakan gk ada dialkitab yg namanya dewa mataharu.

  22. Muh Hernawan Saifulloh

    Muh Hernawan Saifulloh7 hari yang lalu

    Masyallah cerdas sekali 💓

  23. Andini Regita Cahyani Tarsini

    Andini Regita Cahyani Tarsini7 hari yang lalu

    Carkutt

  24. Senja fotocopy

    Senja fotocopy8 hari yang lalu

    wow ...ibu ini cukup sucikah????

  25. Budiono yono

    Budiono yono8 hari yang lalu

    KITA TDK USAH JAUH-JAUH UTK MENILAI ISLAM ITU AJARANNYA BENAR ATAU SALAH ..... LIHAT SAJA PERILAKU NABINYA DAN AJARANNYA, KALO DITEMUKAN PERILAKU NABINYA YG TDK PANTAS SEPERTI : 1. MENGAWINI ANAK UMUR 6 TH ( DISEBUT JG PEDOFIL ) 2. BERZINAH DENGAN BABUNYA 3. BANYAK GUNDIK 4. MENJARAH, MERAMPOK 5. PEMBUNUH 6. MENGARANG AYAT ALLOH HALAL HUKUMNYA MEMPERKOSA BUDAK 7. MENGARANG AYAT2 ALLOH UTK MERAYU AISYAH 8. MENJANJIKAN 72 BIDADARI BAGI PARA PENGIKUTNYA 9. MENGARANG CERITA NAIK KE SURGA PADAHAL LAGI INDEHOY DG GUNDIKNYA 10. DLL MASIH BYK PERILALU BEJAD / SADIS LAINNYA MAKA GUGURLAH AJARAN YG DIBAWAKANNYA

  26. Nike Kegou

    Nike Kegou8 hari yang lalu

    Stop baku hina sdh wee.... Ko tra sdar kh ko tinggikan kam pu agama tpi ko turunkan orng pu Tuhan itu ko sangat berdosa... Tuhan Yesus berkati dan jamah orng2 yg iman tra kuat ini... (Terlalu goyah cepat...)

  27. Pras Setya

    Pras Setya7 hari yang lalu

    Mendingan Anda Baca Kitab Biar ada pandangan tentang ceramah ..,, Jangan Cuma Ikuti kata gereja... Ilmu yang asli ada dalam kitabmu..

  28. afif royan hidayatulloh

    afif royan hidayatulloh9 hari yang lalu

    semoga bermanfaat. semoga beliau tetap di jalan Allah swt. Aammiinn.

  29. J M

    J M9 hari yang lalu

    Coba dulu bro n sist jawab kalau kalian itu mmg islam asli, atau palsu 😁😁👍👍 Allah SWT berfirman: وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰۤى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗ وَسَآءَ سَبِيْلًا wa laa taqrobuz-zinaaa innahuu kaana faahisyah, wa saaa`a sabiilaa "Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 32) Hal ini bertentangan dgn: Allah SWT berfirman: تُرْجِيْ مَنْ تَشَآءُ مِنْهُنَّ وَتُــئْوِيْۤ اِلَيْكَ مَنْ تَشَآءُ ۗ وَمَنِ ابْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكَ ۗ ذٰلِكَ اَدْنٰۤى اَنْ تَقَرَّ اَعْيُنُهُنَّ وَلَا يَحْزَنَّ وَيَرْضَيْنَ بِمَاۤ اٰتَيْتَهُنَّ كُلُّهُنَّ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَلِيْمًا turjii man tasyaaa`u min-hunna wa tu`wiii ilaika man tasyaaa`, wa manibtaghoita mim man 'azalta fa laa junaaha 'alaiik, zaalika adnaaa an taqorro a'yunuhunna wa laa yahzanna wa yardhoina bimaaa aataitahunna kulluhunn, wallohu ya'lamu maa fii quluubikum, wa kaanallohu 'aliiman haliimaa "Kamu boleh menangguhkan menggauli siapa yang kamu kehendaki di antara mereka (isteri-isterimu) dan (boleh pula) menggauli siapa yang kamu kehendaki. Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu adalah lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan semuanya rela dengan apa yang telah kamu berikan kepada mereka. Dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun." (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 51) allah itu amat baik pada muhammad, ia memperbolehkan istri2 yg telah diceraikan untuk digagahi lagi, entah si wanita udah punya suami atau belum, pokoknya kalau birahi dengan mantan istrinya, boleh deh ditiduri lagi. apakah itu bukan zina? allah menyuruh berzinah pada umatnya? allah macam apa ini, dan pengajaran macam apa ini??

  30. Dini Arafa

    Dini Arafa7 hari yang lalu

    Bismillahhirohmanirrohim (Kamu boleh menunda siapa yang kamu kehendaki dari istri-istrimu dalam jatah pembagian bermalam, dan kamu boleh bermalam di salah seorang dari mereka menurut kehendakmu, dan sipa saja yang kamu minta bermalam pada istri yang sebelumnya kamu menunda bermalam padanya, tidak ada dosa atasmu dalam hal ini. Pilihan tersebut lebih bisa membuat mereka bahagia dan membuat mereka tidak bersedih dan semuanya akan menerima apa yang kami bagikan kepada mereka. Allah mengetahui apa yang tersimpan dalam hati kaum laki-laki, di mana mereka cenderung kepada sebagian wanita atas sebagian yang lainnya. Allah Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati, Mahabijaksana sehingga tidak menyegerakan hukuman terhadap siapa yang durhaka kepadaNya.) Saya jg masih belajar,arti cerai disini bukan istri nabi Muhammad yg diceraikan,tapi arti cerai disini adlh istri yg dipisahkan antara istri lainnya. Dan surah al ahzab ayat 51 ini dikhususkan utk Nabi Muhammad,utk yg lebih tau bisa dikoreksi ya. Tiada keraguan mengenai isi kandungan Al qur'an bagi saya karna lgsg Dari Allah dan tiada berubah isinya dari diturunkam hingga sekarang. Betapa terjaganya isi kandungan ayat2 Al-Qur'an

  31. Jim Steward

    Jim Steward9 hari yang lalu

    Haaaa kasihan guru2 palsu yg imab tdk berakar, pasti sesatttttttff.

  32. Taco Brine

    Taco Brine10 hari yang lalu

    Saya orang kristen...ceramanya ngawur itu...gak ada ajaran yg kalau tidak mendapatkan domba masuk neraka...gak usah menjelek jelekkan begitu bu

  33. mitaa a

    mitaa a10 hari yang lalu

    Masya Allah ibu irene sd cantik, cerdas dan sangat bagus ceramahx, lugas, jelas ,memang hanya orang2 cerdas yg masuk islam spti ibu irene ini

  34. mitaa a

    mitaa a10 hari yang lalu

    Subhanallah memang islam agama cinta damai dan membawa kedamaian

  35. Selly Martalena

    Selly Martalena10 hari yang lalu

    Kasian ibu mantan biarawati ini, cetek banget pemahaman agama kristennya. Pinter bersilat lidah dan penjelasannya yg sangat salah banget. Bu... Ibu kurang paham agama kristen, jd nga usah ngebandingkan agama islam dan kristen. Klw ibu yakin pindah ke agama islam yaa pindahlah, jng bikin teori2 dan penelitian ibu berdasarkan pikiran ibu, yg terkesan agama kami kristen agama yg murtad dan kafir, Klw ibu mau dapat uang banyak dg pindah agama islam dg menjual buku ttg perbedaan agama kristen dan islam ya silahkan saja bu,.. tp hati2 lidahmu yg kamu lontarkan dr mulutmu akan kamu pertanggungjawabkan di kematianmu nanti dan di hari kiamat nanti.

  36. Pras Setya

    Pras Setya7 hari yang lalu

    Dia lagi menceritakan pengalamannya selama masih jadi kafir itu tepatnya..,, Dan Alkhamdulillah Sekarang Dia Udah dapat Petunjuk..,,

  37. Channel video 11

    Channel video 1110 hari yang lalu

    Allah wakbar

  38. Budiono yono

    Budiono yono10 hari yang lalu

    Suruh dia jelasin aja kenapa batu Item kok dicium-cium , trus kotak Item kok diputer-puterin 7 kali ? , kalo gak warisan Pagan ape namanya slim ?. Nama Abdullah ayah muhammad artinya hamba allah... Abdullah sampai meninggalnya dinyatakan kafir, jadi allah adalah sembahan abdullah dan org beragama Pagan lainnya, sebelum islam.

  39. iing Sumarman

    iing Sumarman10 hari yang lalu

    Subhanallah semoga ibu irenne mendapat Jannah nya Allah amiiin

  40. Ochin Ochin

    Ochin Ochin10 hari yang lalu

    Bela islam

  41. Gerald Winanda

    Gerald Winanda10 hari yang lalu

    Teman saya orang batak alhamdullillah dia masuk islam

  42. Benediktus Jombang

    Benediktus Jombang11 hari yang lalu

    Yg menyelamatkan kita itu bukan agama, tapi perilaku kita didunia....percuma beragama tapi tidak menunjukan sikap org yg beragama, krn agama sejatinya mengajarkan hal yg baik bukan menjelekkan org lain atau agama lain, agama itu hubungan vertikal dgn Tuhan dan urusan hati setiap manusia....

  43. Tina Kristiana

    Tina Kristiana11 hari yang lalu

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh,dimana saya bisa beli buku2nya ibu irene Handoyo, terlebih yg baru diterbitkan achir bln September ini

  44. Tri Usmani

    Tri Usmani11 hari yang lalu

    Alamat ibu irene mana ya

  45. Bimbo Zurk

    Bimbo Zurk11 hari yang lalu

    BONGKAR TERUS BU HJ KRBOHONGAN PENDETA MXEMBUXIKAN KEBENARAN TAUHID HUSUSXA DKAMPUNG-KAMPUNG

  46. Bimbo Zurk

    Bimbo Zurk11 hari yang lalu

    org2 kapir mencari teman unt bersama-sama jadi kayu bakar neraka ALLAH SWT BERPIRMAN DLM SLQUR'AN ,ALLAH MNGAMPUNI SELURUH DOSA ANAK ADAM KECUALI SIRIK !!! WONG KAPIR MXEMBAH MANUSIA ( SIRIK )

  47. yaya ozair

    yaya ozair11 hari yang lalu

    Saya di Malaysia. Gimana caranya mahu mendapatkan buku ini?

  48. Masdar Masdar

    Masdar Masdar11 hari yang lalu

    Smg Ustadzah sll dalam.lindungan Allah SWT

  49. Gusrizal Rizal

    Gusrizal Rizal12 hari yang lalu

    Wahai orang Kristen domba mu sdh di potong di idul Adha

  50. Winda Hutagalung

    Winda Hutagalung12 hari yang lalu

    Bertekunlah dalam iman dan agama masing-masing.

  51. MAS TressTV

    MAS TressTV11 hari yang lalu

    @Winda Hutagalung owh kliru ya?

  52. Winda Hutagalung

    Winda Hutagalung11 hari yang lalu

    @MAS TressTV iman sama imam itu beda saudara tolong dibaca dengan teliti biar gak terjadi kesalahpahaman

  53. MAS TressTV

    MAS TressTV11 hari yang lalu

    aku mau kok jadi imam mu

  54. Tina Kristiana

    Tina Kristiana12 hari yang lalu

    Saya ingin kenal ibu Irene Handoyo lebih dekat,dan saya ingin mempunyai buku2nya yg diterbitkan unt memperdalam ilmu Islam saya,dan saya ingin alamatnya atw no wa nya,syukron assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

  55. Emri Dahlan

    Emri Dahlan12 hari yang lalu

    Sy heran setiap ada orang msk islam (Mualaf )apalagi disebut ustat/hajah S'lalu menjelek2 kan agama lain Kupaslah isi alqur an sy juga islam Sy pribadi ingga senang dgn irene ini Orang ini sekalian dagang buku Mohon maaf cerdas dikit yg ibu2jgn mau dibohonngin sama irene ini ya?

  56. Sinar Kasih

    Sinar Kasih13 hari yang lalu

    Mudah2an dengan membaca & merenungkan tulisan ini, anda dapat memahami Ketuhanan Yesus / Isa Almasih dalam perspektif Alkitabiah: *Siapa sih Yesus itu?* Pertama-tama kita harus mengerti terlebih dahulu posisi Yesus di mata Kristiani. Ya, lepas dahulu kacamata Islam kita yang penuh dengan doktrin dan ayat-ayat Quran tentang nabi Isa agar dapat melihat dengan jelas perspektif Kristiani terhadap Yesus. (lepasin perspektif islamnya, bukan lepasin agama islamnya yach) Bagi umat Kristen, Yesus adalah Tuhan yang berinkarnasi (=menjelma) menjadi manusia, bukan manusia yang diangkat menjadi Tuhan seperti yang selama ini disalah pahami ummat Muslim. (Red : menurut perspektif Kristen, manusia tak mungkin jadi Tuhan. Tapi Tuhan Maha Kuasa, jadi Tuhan bisa menjelma menjadi apapun, termasuk menjadi manusia. Menyangkal bahwa Tuhan bisa menjelma menjadi manusia, berarti menyangkal Kemahakuasaan Tuhan) Hal ini bukan tanpa dasar. Mereka melihat banyaknya nubuatan mengenai kedatangan Messiah, sang pembebas, Tuhan yang mengambil rupa manusia ini dari kitab Taurat, kitabnya para Yahudi. Kitab yang sama yang juga memuat cerita mengenai nabi Adam AS, nabi Ibrahim, dan nabi Musa AS. Ummat Islam mungkin akan sulit mengerti ajaran Kristen mengenai kodrat ganda Yesus : “sepenuhnya insani” (kamil bi al-nasut), sekaligus “sepenuhnya ilahi” (kamil bi al-lahut) sebagai Kalimatullah. Agar mengerti, kita mungkin dapat membandingkannya dengan ajaran Islam sendiri mengenai kitab suci al-Quran al-Karim Bagaimanapun, sebenarnya konsep dalam Kristen ini juga ada dalam Islam, dengan posisi Yesus dalam iman Kristen dibandingkan sejajar dengan posisi al-Qur’an dalam iman Islam. Perbandingannya bukan Yesus dengan nabi Muhammad. Karena dalam Islam, nabi Muhammad sekedar penerima Firman Allah, padahal dalam Kristen Firman-Nya adalah Yesus itu sendiri Sebaliknya, posisi nabi Muhammad sejajar dengan Maria (Maryam), karena keduanya adalah “sarana turunnya Firman ke dunia” menurut keyakinan masing-masing. Secara teologis, keperawanan Siti Maryam juga paralel dengan kebuta-hurufan nabi Muhammad (Nabi al-Ummi). Karena fakta bahwa Maria tetap perawan dan nabi Muhammad buta huruf, menegaskan kemurnian Firman Allah, tanpa intervensi atau campur tangan manusia Jadi sebenarnya ada hubungan paralel antara keyakinan Kristen mengenai Firman Allah yang menjadi manusia dengan keyakinan Islam akan Kalam Allah yang kekal yang turun menjadi al-Qur’an atau nuzul al-Qur’an. Kalau Yesus itu Tuhan/Firman Allah/Kalimatullah, kenapa dia butuh makan? Kenapa dia bisa mati? Kenapa….. Salah satu hal yang sering menjadi olok-olok kepada kaum Nasrani adalah ketika orang awam membenturkan sifat keTuhanan Yesus dengan kodratnya sebagai manusia. Rata-rata karena mereka tidak paham sifat “sepenuhnya insani” (kamil bi al-nasut) dan “sepenuhnya ilahi” (kamil bi al-lahut) yang dimiliki Yesus diatas. Yesus adalah 100% Allah (dlm kapasitasnya sbg Firman Tuhan) namun juga 100% manusia (dlm fisik insaninya). Sama persis dengan Al Quran yang 100% Kalimatullah dan 100% buku. Secara fisik mungkin buku tersebut dapat rusak, robek, atau bahkan terbakar sampai habis, bukan? Namun ketika Al Quran rusak secara fisik, apakah artinya Firman Allah juga telah rusak? Tentu tidak. Yesus pun dalam rupanya sebagai manusia tentu dapat mengalami kerusakan secara fisik - merasakan rasa sakit, lapar, mati (namun bangkit lagi). Tapi kerusakan secara fisik tentu tidak berpengaruh apa-apa terhadap statusnya sebagai Firman Allah. Apalagi sampai hal-hal fisik ini dipandang sebagai bukti bahwa Yesus bukan Firman Allah. Mungkin lho ya, olok-olok kaum awam ini dipandang oleh umat Nasrani sebagai hal yang tidak lucu sama sekali sekaligus menyedihkan. Bukan, bukan karena mereka sedang tersinggung sehingga merasa olok-olok itu tidak lucu. Tetapi lebih kepada rasa miris karena mengetahui pemahaman pengolok-olok itu terlalu dangkal. Sama mirisnya ketika kita kedatangan orang yang niatnya menghina Al Quran yang kebetulan ketumpahan kopi: “Iiihh…. Kok lucu sih Firman Allah bisa rusak ketumpahan kopi? Bukan Firman Allah tuh namanya kalau bisa rusak!”. Kalau kamu dengar olok-olok itu apakah kamu tersinggung? Apakah menurutmu olok-olok itu lucu? Tentu tidak. Kita tidak merasa lucu bukan karena kita merasa tersinggung. Kita merasa tidak lucu karena memang olok-olok itu sangat menyedihkan. Menggunakan sifat2 fisik sebuah buku untuk menyangkal Quran sebagai Kalimatullah adalah sesuatu yang sangat tidak nyambung. Ini menunjukkan dengan jelas kapasitas dan volume otak si pengolok. Konsep ‘Dualisme’ Yesus (Kalimatullah-manusia) dan Quran (Kalimatullah-buku) ini juga bukanlah sebuah konsep yang dibuat-buat hingga terkesan unik bin antik, dimana suatu hal ternyata dapat memiliki 100% sifat A namun sekaligus juga memiliki 100% sifat B (sesuatu yang menjadi anggota himpunan sifat A dan B yang saling lepas). Dalam dunia science, cahaya juga memiliki sifat 100% partikel namun secara bersamaan juga memiliki sifat 100% gelombang. Tapi bagaimanapun juga, kita tidak bisa membenturkan segala hasil eksperimen yang menunjukkan bukti cahaya adalah partikel untuk menyangkal fakta bahwa cahaya juga merupakan gelombang. Begitupun sebaliknya. Hal ini karena memang tidak nyambung. Yang mau diuji apa, parameternya apa Ibarat kita yang adalah 100% anak ibu, namun juga merupakan 100% anak dari bapak kita. Fakta bahwa hidung kita mirip ibu tidak lantas bisa dipertentangkan untuk menyangkal bahwa kita bukan anak dari bapak. Begitupun dengan fakta bahwa mata kita yang mirip bapak tidak bisa dijadikan bukti bahwa kita bukan anak dari ibu. Lebih tepat kalau mau mempertanyakan Yesus adalah Tuhan atau bukan, ujilah apakah Ia pernah berbuat dosa atau tidak (karena kodrat manusia adalah berdosa). Dengan unsur Ilahi pada beliau, adakah mukjizat besar yang Ia perbuat dimana mukjizat ini hanya bisa dilakukan Allah sendiri? Membuat sesuatu menjadi mahkluk hidup, misalnya. Dst, dst. Sama halnya dengan jika kita ingin menguji Al Quran adalah Firman Allah atau bukan. Ujilah apakah Al Quran pernah bertentangan dengan sifat kemanusiaan atau tidak. Apakah ada ayat Al Quran yang isinya memerintahkan perbuatan jahat, seperti mencuri atau membunuh misalnya. Dst, dst. *Lantas waktu Yesus turun ke dunia siapa yang ngatur alam semesta?* Mengatur alam semesta tidak ada hubungannya dengan hadirnya Yesus di dunia. Kita ummat Islam juga percaya kan bahwa Allah memiliki sifat omnipotent (maha kuasa) dan omnipresent (maha hadir). Begitupun dengan umat Kristiani. Saat kita percaya bahwa Allah sedang hadir menjawab doa kita sekarang, tentu tidak perlu menyangsikan kemampuanNya dimana pada saat yang bersamaan Ia juga bisa hadir di tengah-tengah saudara kita di belahan dunia lain. Bukankah Allah itu Maha Kuasa? *Apakah benar Yesus adalah anak biologis Tuhan?* Teman-teman harus paham bahwa ummat Nasrani memiliki pemahaman yang sama dengan Islam, yakni Tuhan itu tidak beranak. Bible tidak mengajarkan Allah melakukan hubungan biologis dengan Maryam sehingga melahirkan allah baru, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Inilah pemahaman sebagian umat Muslim yang salah. Banyak dari mereka menganggap Tuhannya Nasrani itu ada 3: Tuhan Bapa, Tuhan Istri (Maryam), dan Tuhan Anak (Yesus). Mereka yang mempunyai pemahaman demikian, bahwa Yesus anak biologis Tuhan, sulit membedakan antara bahasa figuratif dan bahasa harfiah. Tapi anehnya, bila mendengar kalimat “Muhammad adalah kekasih Allah” mereka tahu ungkapan tersebut hanya kiasan, sedangkan saat mendengar kata “Anak Tuhan” mereka langsung mengartikannya secara harfiah. Kiranya kita mengerti bahwa Bible dan orang Nasrani manapun (bahkan bid’ah Nasrani paling melenceng seperti Saksi Yehuwa atau Mormon sekalipun) tidak ada yang mengajarkan Isa Al-Masih adalah hasil hubungan biologis antara Allah dan Siti Maryam! *Kalau Yesus bukan anak biologis Tuhan, trus kenapa dia disebut “Anak Tuhan”?* Anak Tuhan itu hanyalah istilah, sayang. Sama halnya dengan anak kunci atau anak tangga. Kunci dan tangga tidak melahirkan anak kunci dan anak tangga bukan? Istilah “Anak Tuhan” disematkan kepada Yesus dalam kapasitasnya sebagai manusia. Patut dipahami oleh ummat Islam bahwa istilah anak Tuhan tersebut tidak hanya terbatas untuk Yesus saja. Tiap individu umat Nasrani menyebut dirinya anak Tuhan, oleh karena itu mereka memanggil Tuhan mereka dengan sebutan “Bapa”. Istilah anak dan Bapa ini digunakan untuk menunjukkan kedekatan ummat Nasrani dengan Tuhannya. Layaknya seorang bapak yang memelihara, membimbing, melindungi, dan mendisiplinkan anaknya, begitu pula sikap Tuhan pada ummatNya. Akhirul kalam, seperti itulah Yesus. Bagi umat Nasrani dia adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Jadi tidaklah heran dalam dirinya terkandung atribut-atribut illahi yang tidak dimiliki oleh siapapun, bahkan oleh nabi manapun, seperti dapat menghidupkan orang mati. Pun demikian, sosoknya tidaklah lepas dari sifat-sifat kemanusiaan (karena Ia memang menjelma menjadi manusia) seperti dapat merasakan rasa sakit, kantuk, lapar, sekaligus atribut anak Tuhan juga tersemat padanya, sebagaimana umat yang mengenal Allah. Sementara itu, kita ummat Islam memandang Yesus adalah suci (QS 19:19), dapat meniupkan nafas kehidupan pada tanah liat hingga menjadi burung (QS 3:40), dan banyak hal senada lainnya. Hendaknya dari hal-hal yang sudah saya paparkan diatas dapat membantu teman-teman untuk memahami iman saudara kita yang beragama Nasrani, sehingga rasa saling menghormati dapat lebih terjalin. Aamiin… (Aisha Nurramdhani)

  57. Suharto Krupuk

    Suharto Krupuk11 hari yang lalu

    Non islam uda mulai ketakutan Orang cerdas pasti berfikir benar

  58. Gokma Sahala

    Gokma Sahala13 hari yang lalu

    irena handono...aku mau tanya nih.. apakah irena masih merasakan nikmat nikmatnya ML dgn kepastoral yg muda saat itu..mmm ??? menyengkan bukan masa masa muda kala itu ya irena..??sdh lah..kamu mereguk juga kok keremajaan pemuda pastoral kan..?? basi .....! !!!!! kamu memakai jubah kemunafikan...

  59. bychaniagoago ago

    bychaniagoago ago15 hari yang lalu

    itulah kafir degan segala tipu daya,akhirnya kebongkar juga,mantap lbu irene,,,,

  60. Anggi سونر

    Anggi سونر15 hari yang lalu

    Semoga istiqomah,, aamiin

  61. Aditya warman

    Aditya warman15 hari yang lalu

    MEMALUKAN SEKALI ...... : SI Mamad jual beli budak….. Hadis Sunan Abu Daud 2, 23, 3352 ...... ckckck...!

  62. Bima Mahesa

    Bima Mahesa14 hari yang lalu

    WHAT EVER TURNS YOU ON

  63. Aman Haloho

    Aman Haloho15 hari yang lalu

    Jelaskan irene ...Kog nabimu lahir setelah jangkawaktu2 thn ditinggalkan .Padahal selama 2 thn tak nerhubungan, betarti muhammad 2thn dalam kandungan.tanks

  64. Aman Haloho

    Aman Haloho15 hari yang lalu

    Pembohongan besar..Pembenaran diri itulah manusia kotor,Bilang Yesus dilantik jadi Tuhan olh manusia.Betul 2 penjilat kamu ,Setan lah yg metasuki otakmu.

  65. yordanus naga

    yordanus naga16 hari yang lalu

    Alasan karena lari dari kenyataan

  66. minggu minggu

    minggu minggu17 hari yang lalu

    Yg nga' kuat imannya memang pantas keluar dari kristen.

  67. mitaa a

    mitaa a10 hari yang lalu

    Hanya orang cerdas yg masuk islam

  68. Halimah Muhammad

    Halimah Muhammad17 hari yang lalu

    soalnya banyak teman saya,, teman kerja ,, kristen

  69. Halimah Muhammad

    Halimah Muhammad17 hari yang lalu

    saya di saudi ,, kemana beli buku itu tolong kasih tau

  70. Maria Parsiyem

    Maria Parsiyem17 hari yang lalu

    Bu