Kitab Suci Fiksi : Penistaan Agamakah? - Buya Yahya Menjawab

Komentar

  1. Tuan Prabu

    Tuan PrabuBulan Yang lalu

    Kalao alqur'an itu kitab suci umat islam jadi fokus satu saja.... Tetapi kalau disebut kitab suci sebener malah menjuk banyak karena masing"agama punya kitab suci.......roki gerung mmng tdk menyebut alqur'an...tapi menyebut kitab suci....betul mmng..... Tetapi bukankah alqur'an itu adalah kitab suci... Dan ini ustadz kok jelaskanya bgni yah...... Kyai ulama bilang alquran itu firman wahyu dan nyata fakta..... Kok ada orang yg bicara kitab suci itu fiksi kok malah senang gembira.... Kalo begitu surga akerat itu ya hanya cerita saja fiksi saja..... Dan kalao ada orang yg Bicara mengatakan bahwa kitab suci itu fiksi maka semua kitab suci itu ya hanya fiksi hanya cerita dan alqur'an juga hanya cerita.... Bukan kenyataan....bisa"hanya bohongan.... Maka orang islam tidak marah dibilang kitab sucinya fiksi... Orang kristen katolik hindu buda juga gak marah.... Malah senang"saja......karena mmng sesungguhnya kitab suci hanya kumpulan fiksi cerita cerita..... ( saya kira kitab suci itu sungguhan.... Mohon maaf ustadz ternyata semua kitab suci hanya fiksi cerita cerita) tetapi pertanyaan saya kalo kitab suci itu fiksi cerita untuk ustadz ceramah terus dan mewajibkan bgn bgt.... Untuk apa pak ustadz

  2. Priyan Engineer System

    Priyan Engineer SystemBulan Yang lalu

    Cerdas Buya. Buya tokoh ustadz yg cukup disegani, cerdas.

  3. ppk tomo

    ppk tomo2 bulan yang lalu

    kalau semua penceramah seperti buya adem dan tentram nya hidup ini

  4. Asri Loremsa

    Asri Loremsa3 bulan yang lalu

    Buat apa diurus, Lagian Dia non muslim 😁, tidak Menyebut nama Al-Qur'an πŸ˜€, mungkin cuma Cari Sensasi 😁 πŸ˜‹

  5. Nur Dian

    Nur Dian3 bulan yang lalu

    buya dukung 02 kmrin.

  6. Sakura Uchiha

    Sakura Uchiha4 bulan yang lalu

    Abu janda HARUS lihat ini. Harus banget.

  7. Wenk Satriani

    Wenk Satriani5 bulan yang lalu

    Kliatan Bner Yg nanya di kirain Buya Gk Pernah Nonton wkwkwk ,,

  8. Ahmad Ahadiah

    Ahmad Ahadiah6 bulan yang lalu

    ini adalah kaedah yahudi mencurigai kebenaran pada anugerah Alloh..yang mengizinkan berfikir itu siapa...manusia tiada upaya sama sekali...yang melahirkan fiksi atau fiktif itu izinNya Alloh..bagi yang memohon kebenaran pada jalan yang lurus akan mendapat logika dan sebalikNya mendapat angan2...Al Quran bukan fiksi yang mana Maha menjadikan Alloh ya awallu dan ya akhirru itu semua demi masaNya...terpulang bezaNya manusia itu memandang atau menyaksikan segalaNya milik Alloh atau mempersoalkan keberadaan segalaNya milikNya memjadi... fiksi atau fiktif... nyata apa manusia MenAkui berfikir atau anugerah berfikir milik Alloh..buka akal yang tiada dalam kebodohan diri...jangan terlihat diri memiliki...InshaAlloh...πŸ€”πŸ™‚

  9. TLR_Adh 05

    TLR_Adh 058 bulan yang lalu

    Ajib ajib penjelasan Buya yahya

  10. Yulis sanda65kg

    Yulis sanda65kg8 bulan yang lalu

    Buya yahya satu paket sama abdul somad,adi hidayat dan masih banyak lainnya,termasuk tokoh kristolog yahya waloni.mudah2an para ulama sehat panjang umur agar bisa berdakwah untuk umat.karna kita butuh tokoh yg tegas jelas dan tidak munafik...Allahuakbar

  11. Wahyu Aja

    Wahyu Aja8 bulan yang lalu

    Jawaban mantap dari buya yahya?membela agama jgn angin2an?tau nya cuma penista agama?tpi gak paham ilmu

  12. Syarifudin Albar

    Syarifudin Albar9 bulan yang lalu

    Yg gagal paham. Biasanya pasukan cebong. Haaha

  13. Bintang Utama

    Bintang Utama9 bulan yang lalu

    Buya yahya saya mau bertanya = jika setelah pemilu ada orang atheis mengajak orang2 berpikir "Kitab Suci itu fiksi " apa jawaban anda? Karena kitab suci sifatnya umum maka anda sebagai orang beragama tentunya kitab suci anda disinggung juga mohon jawabannya buya yahya

  14. Ujang Sandy

    Ujang Sandy9 bulan yang lalu

    buya yahya berbicara dengan tenang karena beliau tidak punya kepentingan politik..... orang yang tidak punya kepentingan politik bicara nya juga adem. sehat selalu buya

  15. heri setiawan

    heri setiawan9 bulan yang lalu

    Lebih duduk jawaban Buya Yahya daripada yg Lc, Ma. Menurut saya. Buya Yahya menjawab dari kacamata Keadilan.

  16. Anto z

    Anto z9 bulan yang lalu

    Maaf jawaban BUYA ane msh blm dapat goldnya..

  17. Anto z

    Anto z9 bulan yang lalu

    Ya sm aja sih pas dikubu yg sama dibela.. Yg mengucap ngga ngerti agama lain kalau BUYA faham agama. Saya mau bertanya, bukankah Al - QUR' AN juga kitab suci.. Tuhan YME itu ALLAH. haduh tolong dijawab yg logic aja..

  18. Raisha nurmala

    Raisha nurmala10 bulan yang lalu

    Saat Rokcy Gerung bilang Kitab Suci adalah Fiksi, Mereka balik bertanya kitab suci yang mana, Emang Al-Qur'an itu bukan kitab suci APA?..? Aneh bin Ajaib, Coba Kalau Jokowi bilang kitab suci itu FIKSI saya yakin Bakal Pecah PERANG DUNIA ke 3 di Indonesia,, APA BOLEH BUAT..!!!!

  19. Neldayanti Neldayanti

    Neldayanti Neldayanti10 bulan yang lalu

    Apa susahnya bicara fiksi tanpa harus sebut kitab suci. Tak ada kata-kata (bahan)yg lainkah dari semua itu. Wajar kau bela kubumu tapi aparat tak mau tentang itu. "Kau yg mulai dan kau yg mengakhiri".

  20. Eva Triana

    Eva Triana10 bulan yang lalu

    Alhamdllh.. Penjelasan yg bagus..real.jenius.tidak gagal faham. Ustad buya yahya. Semoga anda ttp dlm lindungan allah.

  21. Cak Opiq

    Cak Opiq10 bulan yang lalu

    idreporter.net/v/video-VdVFEcE_ODk.html kenapa kitab suci itu fiksi...

  22. Meta Tong

    Meta Tong10 bulan yang lalu

    berarti kalo alquran itu bukan kitab suci.... tetep belain karena yg ngomong temennya sendiri...semoga mulut3 mu di hukum ma yg maha kuasa

  23. dodol hana

    dodol hana11 bulan yang lalu

    Rata rata ulama yg menjelaskan soal fiksi ini memang tdak langsung menyalahkan. mereka amati dl cermatin dl. ya inilah ulama qt yg sesungguhnya sblm bicara dicermati dl baru mmberikan keterangan di jelaskan scara gamblang, ulama qt bukan kaleng2 bkn angin2an

  24. Aries Tampubolon

    Aries Tampubolon11 bulan yang lalu

    kitab suci itu fiksi kara RG. Al'quran bkn kitab suci ya??

  25. Rigel Star

    Rigel Star11 bulan yang lalu

    Terharu saya mendengar kalimat dari Buya Yahya : Jangan jadi pembela agama yg angin-anginan, yg kalau tidak suka dengan seseorang main hantam, padahal sebelum-sebelumnya ketika agama dilecehkan diam saja. :(

  26. Ways Pamungkas

    Ways Pamungkas11 bulan yang lalu

    pertanyaan salah (untung buya udah mengetahui video aslinya) jadi dia mengerti apa yang ditanyakan tanpa provokator

  27. ANTKARA Anak Tengah Karanganyar

    ANTKARA Anak Tengah Karanganyar11 bulan yang lalu

    Yang dislike kita do'a kan semoga diberikan hidayah

  28. Jdienz Rose

    Jdienz Rose11 bulan yang lalu

    Buya yahya itu ulama yg sangat rendah hati... Ulama yg tdk pernah mau d panggil ustad/kyai.. Dia slalu mnganggap dirinya santri... Subhanallah...

  29. Ryouichi Uri

    Ryouichi Uri11 bulan yang lalu

    Berikut pernyataan lengkap TGB: Catatan tentang "kitab suci itu fiksi": 1.Saya tidak bisa bayangkan kalau di sebuah toko buku, Alquran atau Injil diletakkan di rak "fiksi" bersama novel, dongeng, kumpulan cerpen dan karya fiksi lain. Bisa didemo toko itu. 2.Kitab suci bukan fiksi, karena ia bukan imajinasi namun pemberitahuan tentang kenyataan, yang telah terjadi ataupun yang akan terjadi. Gaib bukan fiktif tapi hakiki dan benar bagi orang beriman. 3. Sebagian orang mencari pembenaran dengan mengatakan, bahwa yang dimaksud adalah bukan Alquran tapi kitab suci yang lain dalam hal ini Injil. Orang itu lupa dua hal. Pertama, Alquran adalah kitab suci, maka ketika disebut "kitab suci", Alquran termasuk didalamnya. Kedua, kesucian Taurat dan Injil dalam pandangan Islam tetap diakui selain bagian-bagian yang diyakini ditahrif atau ditabdil, diganti atau dirubah. Kisah penciptaan alam, kisah para nabi secara umum sealur dengan Alquran selain beberapa perincian yang berbeda. Wasiat tentang perintah dan larangan juga banyak kesamaan antara Taurat Injil dan Alquran selain juga ada beberapa perbedaan. Itu sebabnya para ulama melarang kita untuk melecehkan Injil atau Taurat dengan membuangnya ke tempat sampah misalnya, karena didalamnya ada nama ALLOH dan asmaNya serta firman ALLOH yang tidak dirubah. Bagian yang tidak dirubah tentu bukan fiksi karena itu wahyu dari ALLOH. Karena itu pula, terkadang para ulama mengutip Taurat atau Injil untuk menguatkan apa yang ada dalam Alquran seperti kisah tentang Bani Israil dalam kitab-kitab tafsir. Ungkapan "Kitab suci itu fiksi" menghantam semua pondasi kemutlakan dan kebenaran wahyu. Baik Alquran, Injil maupun kitab suci lainnya. 4. Ungkapan "Kitab Suci itu Fiksi" ditambah ucapan "Atheisme itu diijinkan oleh Pancasila" oleh orang yang sama kiranya cukup menjelaskan pandangan orang tersebut terhadap agama.

  30. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    Surga/neraka itu fiksi atau fakta? Kalo fakta buktinya apa? Pasti gaada soalnya surga/neraka aja belom ada, fiksi yg dimaksud disini merupakan "mengaktifkan imajinasi" terhadap suatu tujuan akhir, dalam kata lain surga/neraka merupakan fiksi namun kita percayai sebagai fakta.

  31. X User

    X User11 bulan yang lalu

    Ustad cerdas masya allah

  32. m ikbal fauzi

    m ikbal fauzi11 bulan yang lalu

    masyallah saya hampir saja berfikiran negatif dengan pertanyaannya jema'ah tersebut,sebaiknya jika bertanya paparkan dengan jelas,untung saja guru kita buya yahya sudah mengetahui permasalahnnya. syukron buya atas tanggapannya

  33. Nyoman Tours

    Nyoman Tours11 bulan yang lalu

    Alquran itu kitab suci apa bukan pak ustad ?

  34. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    Iyalah goblok

  35. Dessy Rosdiana

    Dessy Rosdiana11 bulan yang lalu

    @Felix Siauw

  36. Dessy Rosdiana

    Dessy Rosdiana11 bulan yang lalu

    @ustad felix

  37. Arn Dhni

    Arn Dhni11 bulan yang lalu

    Cebong2 ko bawa2 kamus KBBI sama kamus luar. Ni penjelasanya bong! Simpel ko mudah di pahami. idreporter.net/v/video-ctZjdZ7r5Q4.html

  38. Arn Dhni

    Arn Dhni11 bulan yang lalu

    Ini yg dislike ga punya otak apa gimana? Mungkin indra2 dan hatinya sudah mati

  39. JEJAK CREATOR

    JEJAK CREATOR11 bulan yang lalu

    Setuju pisan Buya. Baper aja kali.

  40. Okikomalady Com Okikomalady Com

    Okikomalady Com Okikomalady Com11 bulan yang lalu

    ttg ahok mnista agama.cebong yg islam diam.....ttg volume adzan cbong yg islam mingkem.....ttg pmbakaran bndera tauhid cbong plangak plongok....ttg rg bilang kata fiksi.cbong sok''pduli islam.....paham kagak....

  41. Damai Saputra

    Damai Saputra11 bulan yang lalu

    Begini saja buya, bagaimana dg "Tukang Khotbah itu Pembual". Jika saya mendefinisikan Pembual itu mengatakan yg belum dia alami, Maka bisa saya katakan "Tukang Khotbah itu Pembual".πŸ€”πŸ€”πŸ€”

  42. Damai Saputra

    Damai Saputra11 bulan yang lalu

    Begini saja buya, bagaimana dg "Tukang Khotbah itu Pembual". Jika saya mendefinisikan Pembual itu mengatakan yg belum dia alami, Maka bisa saya katakan "Tukang Khotbah itu Pembual".

  43. Arip Amin

    Arip Amin11 bulan yang lalu

    Man kola? Rocky Gerung dia pemikir akal sehat, pakar Filsafat, yg barangkali sedang jengkel dgn situasi saat ini. Jika Fiksi mampu mengaktifkan imajinasi, maka Kitab Suci Fiksi, dan RG tidak menyebutkan Kitab Suci apa. Matur nuwun Kiyai atas penjelasannya, ini sangat mencerahkan untuk masyarakat yg sedang penat. #SaveRockyGerung #SaveAkalSehat #WujudkanIndonesiaAdilMakmur.

  44. dihan moba

    dihan moba11 bulan yang lalu

    Entah anda merasa atau tidak, RG menggiring kita dalam jalan pikirannya, padalah dalam islam kita punya RUKUN IMAN,, salah satunya IMAN KEPADA KITAB ALLAH,, tiada keraguan sedikitpun di dalam AL QURAN,, baik yg sudah terjadi maupun belum terjadi itu nyata. Jika AL QURAN cuma di anggap fiksi,, posisi AL QURAN sama dengan cerpen atau cerita belaka,, ini paham yg harus kita hindari sebagai umat muslim..AL QURAN itu FIRMAN ALLAH yang haq,, Imajinasi itu gambaran dari kenyataan,, atau cuma khayalan. Ini contoh, surga dan neraka kita tak pernah melihat, kok mau berimajinasi,?pasti dalam imajinasi kita itu suatu khayalan yg tak nyata,, yg kadang Imajinasi bisa membohongi kita,, AL QURAN bukan ranah manusia,, tapi AL QURAN itu ranah ALLAH.

  45. dihan moba

    dihan moba11 bulan yang lalu

    @Theocritus dalam islam surga dan neraka itu sudah ada mas,, itu sudah di jelaskan dalam AL QURAN,, dan sudah ada manusia yg ada di sana..

  46. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    Surga/neraka itu fiksi atau fakta? Kalo fakta buktinya apa? Pasti gaada soalnya surga/neraka aja belom ada, fiksi yg dimaksud disini merupakan "mengaktifkan imajinasi" terhadap suatu tujuan akhir, dalam kata lain surga/neraka merupakan fiksi namun kita percayai sebagai fakta. Justru pernyataan RG membuat pikiran kita semakin terbuka.

  47. Herman Gunawan

    Herman Gunawan11 bulan yang lalu

    Tapi kalau misalkan ini jadi konsumsi publik dan publik memahami Kitab suci itu adalah fiksi. Nanti di toko2 buku Kitab suci di simpan di rak buku Fiksi bareng dengan buku fiksi2 yg lain. Gimana ya.

  48. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    Sebenernya sah2 aja tapi toko buku kan punya bagian masing2, jadi biasanya klo kitab suci adanya di bagian agama.

  49. cah Angon

    cah Angon11 bulan yang lalu

    Semoga Buya Yahya sehat selalu dn panjang umur, kapan ya bisa silaturahmi ke albahjah lagi,,???

  50. Msia Msia

    Msia Msia11 bulan yang lalu

    Rukun iman:Beriman kepada kitab2 suci para Nabi(Rosul), trus ada yg bilang kitab suci itu Fiksi, Salah Fatal.. Ada dua pilihan yaitu 1.beriman(percaya kpada kitab suci) prcaya pada kitab yg di turunkan kpada Muhammad Sallallohu'alaihi wasallam dan beriman kpada kitab yg di turun kan terdahulu.. lihat surah(Al Baqarah ayat 4) 2. Kitab suci Fiksi, yg di sampaikan oleh (ga usah sebut namanya)

  51. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    @Msia Msia ea bilang aja gatau mau komen apalagi wkwk, pernyataan RG justru membuat pemikiran kita sebagai masyarakat makin terbuka.

  52. Msia Msia

    Msia Msia11 bulan yang lalu

    Saya tidak mau berkomentar banyak mas, saya tetap dalam pendapat saya bahwa kitab suci buakn fiksi tapi Al Qur an kalamulloh

  53. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    @Msia Msia jadi sekali lagi lebih tepatnya kitab suci itu merupakan fiksi NAMUN dipercayai sebagai fakta, kalo semua yg berdasarkan kepercayaan dianggap fakta, berarti keberadaan Zeus sebagai dewa langit itu fakta? Keberadaan Anubis sebagai pencabut nyawa itu fakta? Kejadian Ragnarok sebagai era berakhirnya kekuasan para dewa itu fakta? Ulama aja setuju dengan pernyataan RG, kok anda yg latar belakang agamanya gajelas sok2an merasa lebih paham. AKAL SEHAT DIPAKE BOS.

  54. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    @Msia Msia lagi2 gabisa bedain ya mana fakta mana fiksi, anda bisa buktikan ga keberadaan Lucifer? itukan yg anda percayai berdasarkan kitab suci yg anda baca, bukan berarti hal tsb bisa dikategorikan sebagai fakta, karena dasarnya hanya pada kepercayaan dan objeknya sendiri berdasarkan kemampuan untuk berimajinasi masing2 individu.

  55. Msia Msia

    Msia Msia11 bulan yang lalu

    Surga dan Neraka itu Fakta mas, buktinya Nabi Adam pernah brada di surga dan Nabi Muhammad tau ke adaan di Neraka... Coba baca kitab makanya mas.. kita kan meyakini Hal2 Goib.. Jadi intinya kita tidak spendapat dngn Roky gerung yg nyebut kitab suci itu Fiksi, krna makna kitab suci umum, kcuali ada yg bilang kitab suci Al Qur an buakn kitab suci.. Dan udah jelas Al Qur an kitab suci kalamulloh

  56. hairil hairil

    hairil hairil11 bulan yang lalu

    Mana suara gerombolan 212 yg katanya bela ulama Tu liat si zonk mnghina ulama besar indonesia tp kenapa 212 pura2 tuli...dasar kaum monas munafikun idreporter.net/v/video-xaB_xWZzaAw.html

  57. Kakarot

    Kakarot11 bulan yang lalu

    Penjelasan Ustad Buya mudah dimengerti😊

  58. Francisco Hilman

    Francisco Hilman11 bulan yang lalu

    SATU GERBONG

  59. Fajar Megan

    Fajar Megan11 bulan yang lalu

    Saya minta ijin untuk mengeshare vidio ini min.

  60. Angga Prasetya

    Angga Prasetya11 bulan yang lalu

    Anak orang china yang menghina presiden sbgai ( maaf) kacungnya aja bebas kok.. msa blg kitab suci fiksi itu mau dihukum ah..

  61. Tsuki Abdillah

    Tsuki Abdillah11 bulan yang lalu

    Alhamdulillah betul sekali ustadz dia mengatakan fiksi kitab suci berarti kemungkinan mengatakan kitab sucinya sendiri mestinya yg tdk terima atau yg melaporkan yg sama. agamanya dg.dia , mengapa orng islam yg tdk terima kecuali dia.mengatakan kitab suci Alquran adalah fiksi,

  62. Widi Salam

    Widi Salam11 bulan yang lalu

    Susah buya kalo bukan akal sehat yang menangkap sesuatu. Kalo udah dungu ya gitu,...

  63. Hobir Gaza

    Hobir Gaza11 bulan yang lalu

    Tidk mnyebutkan Al.qur.an

  64. kampret durhaka

    kampret durhaka11 bulan yang lalu

    Saya rasa klo buya yahya nonton siaran ulangnya pasti dia merasa keliru atas pernyataannya....seolah" al quran bukan kitab suci...

  65. khalid great

    khalid great11 bulan yang lalu

    Kalo rocky gerung bilang tuhan menciptakan manusia setelah baca buku darwin gimana??? #cumananya

  66. tridadi saputra

    tridadi saputra11 bulan yang lalu

    Penilaian dan pola pikir yang sangat bagus... Jujur. Dan objektif.

  67. Al mahmud

    Al mahmud11 bulan yang lalu

    Siapa yg angin anginan hhhhh

  68. Ahmad Humaidi

    Ahmad Humaidi11 bulan yang lalu

    Antum miskin literatur buya. Maaf tolong bicara dgn refrensi jngan cuma asumsi sendiri.

  69. Ahmad Humaidi

    Ahmad Humaidi11 bulan yang lalu

    Maaf buya, Antum minim Literasi, minim refrensi coba antum tanggapi literasi dan uraian Ilmiah TGB. Hilanglah respect saya... Antum gk belajar logika aritmatika silogisme. Kitab suci adalah fiksi, rocky menjelaskan fiksi itu imajinatif. Literatur bahasa manapun fiksi itu karya manusia. Tabayyun buya

  70. Theocritus

    Theocritus11 bulan yang lalu

    Surga/neraka itu fiksi atau fakta? Kalo fakta buktinya apa? Pasti gaada soalnya surga/neraka aja belom ada, fiksi yg dimaksud disini merupakan "mengaktifkan imajinasi" terhadap suatu tujuan akhir, dalam kata lain surga/neraka merupakan fiksi namun kita percayai sebagai fakta.

  71. Terima Kasih

    Terima Kasih11 bulan yang lalu

    Defenisi fiksi menurut RG itu berbeda makna yg selama ini kt pahami