GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung - Ustadz Jel

Komentar

  1. Aku Aku

    Aku Aku2 jam yang lalu

    Tobaik lah li uda kiyai m ruh...ugang minangko ketek disugau kadang dirantau moh...gaek pakak.. Salam anak ranatau..anak pariaman

  2. MINANG GAMING

    MINANG GAMINGHari Yang lalu

    Yang utaknyo pakak piliahlah jokoncek Jo maaruf dalang tu,dak tau nyo sia urang awak do,salah lawan ang ko ma maaruf amin,eee maaruf amin dalang,engak,urang gaek engakπŸ”ͺπŸ”ͺ

  3. Zainal Mustofa

    Zainal Mustofa2 hari yang lalu

    Gak usah gembar-gembor di metsos klu apa lapor polisi aja.jangan buat suasana memanas. Berpikir positip aja..

  4. Dee Must Die

    Dee Must Die2 hari yang lalu

    Dasar tua bangka brengsek...mangango sabalum mangecek yuang gaek!!!

  5. franky marwan

    franky marwan4 hari yang lalu

    Kami warga Aceh merasa marah kalau pak Kiai tua itu bilang Sumatra barat buta Alquran.. asal kau tawu pak Kiai, syekh Abdul Rauf itu guru nya syekh Burhanuddin... Jadi kami di seluruh Sumatra ini sudah duluan baca Alquran dari pada t4 asal muasal kau

  6. franky marwan

    franky marwan4 hari yang lalu

    Duluan Sumatra barat Islam πŸ’―% dari pada pulau Jawa... Paham kau kiai tua..

  7. mekka gifari

    mekka gifari6 hari yang lalu

    yang ada itu pemerintah yang merusak pelajaran al-quran di sumbar, karna waktu sekolah di perpanjang anak2 sore jadi tidak bisa pergi ke tpa/mda, makanya orang kampung saya gak mau pilih jokowi. kalau di minangkabau ya pak kyai tercinta, preman pasarnya bapak minta lomba ngaji sama bapak, mungkin bapak masih kalah, jangankan orang yang di masjid, itu di kampung2nya ya, kalau dikota padang saya gak tau karna saya bukan orang padang

  8. Rosyidy Mun'im

    Rosyidy Mun'im6 hari yang lalu

    Syekh Khotib al-Minankabawi dan Syekh Yasin al-Fadani adalah 2 ulama Sumatera Barat yang membawa harum Nusantara di kota suci Mekkah al-mukarramah

  9. Akbar Oktavian 1990

    Akbar Oktavian 19907 hari yang lalu

    Kami ketek2 disuruh lalok mah di surau dek mandeh jo abak mah...kami di minang akhlak buat beradab ini nmor satu...jaan di jagoan kabau merah lalok,

  10. MUHAMMAD YUNARDI adi

    MUHAMMAD YUNARDI adi9 hari yang lalu

    Kami Minang sejati,, Islam sejati,, karna apa.. "ADAT BASANDI SARAK, SARAK BASANDI KITABULLAH" jaga bicara anda yg mengatakan Sumatra barat buta Qur'an,, sbagai pertimbangan buat anda,, putra saya berumur 4th sudah hapal dari surah adduhaa hingga annass,, bacaan sholat dan gerakan sholat dan cara wudhu dg sempurna,, dan doa umum sehari hari.. Mohon dg hormat tarik kata kata anda kembali. Kami urang padang ketek di surau dan gadang kami dirantau. Pandeka nyo Allah da Rasullullah.

  11. Sugeng A

    Sugeng A9 hari yang lalu

    mbah makruf kedanan donyo

  12. Sugeng A

    Sugeng A9 hari yang lalu

    jangan2 mantan kyai nakruf amin ini dah lupa baca al quran ...

  13. Dedi Jayadi

    Dedi Jayadi9 hari yang lalu

    yg pilih prabowo jaga karukunan umat...

  14. Rezi Aritama

    Rezi Aritama9 hari yang lalu

    Mantap sumara barat jgn d terima mbah itu ya arga mati mantap siumatra barat usir

  15. Ismail Taharuddin Taharuddin

    Ismail Taharuddin Taharuddin11 hari yang lalu

    UDA tukiyai buta al-Quran UDA cucu Nyo firun tu UDA APO nyo indak aja urang awk baco alquran klu Nyo pandai berdebat agama jok ulama awak baru tahu Nyo kiyai bangsat tu UDA ndak usah lwn ulama awak lawan debat agama jok amboi

  16. Zulhardi Gani

    Zulhardi Gani12 hari yang lalu

    Maklum ajalah akiΒ² yg pikun ikut jadi cawapres..

  17. Titin Azizah

    Titin Azizah13 hari yang lalu

    Ngapain tersinggung, siapppa yg lebih hina, ....tuhanlah yg memandang kita

  18. CINTA ULAMA ###

    CINTA ULAMA ###13 hari yang lalu

    klu udah org minag. pasti islam.. saya org riau.. tau klu sudah org minag pasti islam.. kita bersatu aja bang.. pilih prabowo sandi..

  19. CINTA ULAMA ###

    CINTA ULAMA ###13 hari yang lalu

    klu udah org minag. pasti islam.. saya org riau.. tau klu sudah org minag pasti islam.. kita bersatu aja bang.. pilih prabowo sandi..

  20. Abdul Rahman

    Abdul Rahman13 hari yang lalu

    Ini suatu penghinaan berat ..ini artinya orang Padang jarang yg bisa baca qur an...padahal org Padang itu agama Islamnya taat bgt ..

  21. Hery Ri

    Hery Ri14 hari yang lalu

    Guru asyim ashari tu siapa sama ahmad dahlan siapa, kyai anda propesor tapi kurang sejarah.

  22. Hery Ri

    Hery Ri14 hari yang lalu

    Amiin, amin, anda nggak tahu Sejarah. Mahaguru di Indonesia siapa, kayak nggak tahu Sejarah. Aja. Orang minang adat basandi syarak, saya tersinggung sebagai orang minang, khatib al minang kabawi. Itu orang mana. Jangan anda asal ngomong. Aja.

  23. Habi Nul

    Habi Nul14 hari yang lalu

    minang ketek disurau gadang di rantau! ulama besar dunia orang Minang gag tau tu si akik2

  24. Oki Ernando

    Oki Ernando15 hari yang lalu

    Sasek amin ma...,wkkwkwk la gaek ndk tau sejarah.....Prabowo idola urang minang

  25. Herigadevi Chaniago

    Herigadevi Chaniago16 hari yang lalu

    Prabowo gak bisa mengaji, gak bisa imam sholat, gak bisa sholawat nabi bahkan gak bisa berwudhu dgn cara yg benar.. Prabowo setiap tahun selalu joget2 bersama ksum Kafir utk merayakan acara natal.. Ustad HRS-Yusril ihza mahendra menyatakan: Prabowo agama islamnya gak jelas.!! Hanya muslim gak waras alias muslim sableng atau muslim gila yg mendukung dan mau dipimpin oleh prabowo..

  26. Taufik Usman Piliang

    Taufik Usman Piliang17 hari yang lalu

    ma'ruf amin geroh .asa mangecek se bibia taba KMA ko.pro liberal nih KMA.urang minang hampir semua taat agama ISLAM.

  27. Fadhly Rahmadian

    Fadhly Rahmadian17 hari yang lalu

    Harus dikasih plajaran ni orang.....klaw memang bnar ucapan ny

  28. Fadhly Rahmadian

    Fadhly Rahmadian17 hari yang lalu

    Woi ma'ruf amin....lu klaw ngomong dipake otak lu ya....gak salah orang kaya gni diangkat jadi wapres......mulut mu harimaumu

  29. Iwan Putra

    Iwan Putra17 hari yang lalu

    Gaek pikun, Hidup Prabowo

  30. sekedar share

    sekedar share18 hari yang lalu

    Dak k kmi piliah gaek baduo tu do.

  31. sekedar share

    sekedar share18 hari yang lalu

    Kami dari sumbar dukung prabowo

  32. Morvin Maco

    Morvin Maco18 hari yang lalu

    Kia mahauruf amin...jgan asal ngomong...saya dari keci di ajari alquran..saya orang minang...buat warga smatra barat..tlong berikan dukungan kepada 02..

  33. Eka Domar

    Eka Domar19 hari yang lalu

    Mbah yai mungkin gak tau buya hamka berasal dari mana

  34. M. Rhinaldy

    M. Rhinaldy19 hari yang lalu

    Bukti perlawanan Maruf amin, agar dia kalah, itu emng sengaja, agar ada peluang untuk Prabowo sandi, sebenarnya kalau bukan karena tekanan dan paksaan Maruf amin tidak akan mau menjabat jadi calon cawapres.

  35. co san

    co san19 hari yang lalu

    nu tu siapa guru ny...cba anda serching...itu adlh org minang....siapa yg prnah jd imam di mekah org minang...nm ny aj org dungu maklumi aja

  36. Putra Minang

    Putra Minang19 hari yang lalu

    SABALUN URANG ARAB TU BARIMAN URANG MINANG ALAH MALAKUAN ISLAM

  37. Putra Minang

    Putra Minang19 hari yang lalu

    URANG MINANG NDAK PARALU MAARUF AMIN DO MANUSIA TUO MUAFIAK, NDAK MANGANA MATI

  38. Aldi Nova

    Aldi Nova19 hari yang lalu

    Gaek sumbarang ngicek

  39. Ridwan Rahim

    Ridwan Rahim20 hari yang lalu

    Apakah ini karna jabatan, Ulama pun hilang moral

  40. dewok putra

    dewok putra20 hari yang lalu

    slam dari pasisia sanak 02

  41. PUBG GOKILS

    PUBG GOKILS21 hari yang lalu

    Sumatra barat dapat dalam dari saudara se iman mun di Lombok. 😁😁

  42. Ronal Doank

    Ronal Doank21 hari yang lalu

    Iyo mah jan dipilih no 1 inyo alah menghina nagari kito nagari minag kabau manga gaek tu mangece maca tu inda di pikiy kan nyo duluh mah kalau mangece tu

  43. Iwan Tagor

    Iwan Tagor23 hari yang lalu

    Ahmad khatib alminangkabawi maha guru nya para ulama. Orang asli sumbar. Pak makruf baru kelas mui saja jadi ga usah sok tau soal histori islam di sumbar.

  44. Jmr Jmr

    Jmr Jmr23 hari yang lalu

    Mahruh amin vikun sejarah kok di pilih jadi wakil presiden banyak2baca ayat kursi besok mau mati .

  45. Isam Adi

    Isam Adi24 hari yang lalu

    pengalaman cuma segitu kok di calonin wapres..anwh ustat ini dulu jdiketua MUI blm kelihatn tululnya sekarng nampak betul dungunya...asal aja klo ngomong .

  46. Afrizal Anwar Zal An

    Afrizal Anwar Zal An24 hari yang lalu

    Saya asli minang Bukittinggi Agam. Saya dukung pak Prabowo Sandi menjadi Presiden 2019 sampai 224 Insyaallah mudah mudahan menang Ammin yrb'alamim.

  47. Yudhi Yudhi

    Yudhi Yudhi26 hari yang lalu

    Kiai gilo pangkek,lah baun tanah

  48. Nonk bee

    Nonk bee26 hari yang lalu

    Eeeeeee kiyai sasekkkk mangangoooo angkuuu duluuu kamangecekkkk!!!!

  49. Handi Herlan ibrahim

    Handi Herlan ibrahim26 hari yang lalu

    ✌

  50. Deby Irawati

    Deby Irawati26 hari yang lalu

    Dulu sgt menghoramati dan sgt segan dgn Ma'ruf amin sbg seorang kyai dan ulama sepuh. Tp sekarang lht muka nya aja rasa nya mules perut saya.

  51. Ali Asman

    Ali Asman26 hari yang lalu

    Kiyai pikun thu

  52. Jai Zhuu

    Jai Zhuu26 hari yang lalu

    Tidak tau dia.,, sumatra barat itu diluan ngaji dari pada dikampung maruf amin,,gimana caranya orang disana buta huruf qur'an..tapi jangan kuatir ma ruf amin ga bakal kesana karna insyallah 2019 ganti presiden

  53. Rico Rodriguez

    Rico Rodriguez27 hari yang lalu

    Alah tu gaek.. pabanyak se lah baibadah di ujuang umua nan lah baun tanah ko..

  54. iyos nyos

    iyos nyos27 hari yang lalu

    Sy orng lombok sasak.. Dengr pernytaanx sj sngt miris .. Tu nmx plcehan.. Tdk ad kh kt yg lbih bagus supaya tdk ad yg tersinggung.. Pak kiyai cptlh minta maaf..

  55. Adam Sikumbang

    Adam Sikumbang27 hari yang lalu

    Si gaek maruk amin saraso inyo paling tau adek minang ajo.. Si gaek tuh karambia pacah.... Demi jabatan jo pangke sakandak paruik sajo mengecek urang minang

  56. Mardianton Anton

    Mardianton Anton27 hari yang lalu

    Kalau indak tau minang jan mangecek,, Kami orang minang kecil disurau gadang dirantau

  57. Iskandar Zulkarnaen

    Iskandar Zulkarnaen27 hari yang lalu

    Yang Buta itu Nurani dan Hatinya Makhruf Amin, mungkin Allah sudah mengangkat Rakhmat Ilmu dan Aqidahnya manusia sok suci itu

  58. Pra Yetno

    Pra Yetno27 hari yang lalu

    Ang udah tuo ba macam tuh pulo kampang ang capek mati se lah ang

  59. Dedet Pramana

    Dedet Pramana27 hari yang lalu

    Cebong tolol !

  60. Broputra Kb

    Broputra Kb28 hari yang lalu

    Kiyai dari pjawa gila pangkat kebanyakan, beda dgan ustat dari minang, ustat dari minang mengislamkan orang bukan Islam. Pilih aja p Sumatra keluar dari Indonesia, pasti Aman Dan makmur,

  61. Sovhia Laurenza

    Sovhia Laurenza28 hari yang lalu

    Ma'ruf amin tabaliek kaji.. Lah baun tanah ..utak kurang..

  62. Joel Keren

    Joel Keren29 hari yang lalu

    Sotoy

  63. Kapuyuak

    Kapuyuak29 hari yang lalu

    Bangih den mancaliak m amin adu ilmu agama jo inyo amuah wak mah,ntah sia nan kuat agamo nyo

  64. Donie Satria Wijaya

    Donie Satria WijayaBulan Yang lalu

    Jgn hiraukan kata kata itu. Menyesatkan !

  65. Donie Satria Wijaya

    Donie Satria WijayaBulan Yang lalu

    Astagfirullah tega nian berbicara seperti itu

  66. Mila Kusmila

    Mila KusmilaBulan Yang lalu

    Sok tau!!! Antum bilang kami (urang minang) sumbar buta Al-Qur'an... Jngan antum remehkan akan ke islaman kami, kami orang minang tak ada yang diluar islam! Orang minang yang keluar dari islam tak akan di anggap orang minang, karna kami minang memegang teguh SANDI BASARAK, SARAK BASNDI KITABULLAH! jadi sekarang antum bilang kami buta Al-Qur'an? Bagaimana dengan antum dan daerah antum sendiri!!! Sumbar (Minang) TAKBIR!!!

  67. Arjun Elfiedz

    Arjun ElfiedzBulan Yang lalu

    Udh gk usah banyak d kuskusi lg. Gk ush mkir2 lg. Prabowo Sandi sudah pasti jdi pilihan. Jgn mau jdi cebong goblog

  68. Akbar Rahmat

    Akbar RahmatBulan Yang lalu

    TIDAK PANTAS JADI KYAI ULAMA ATAU SEJENIS NYA! jgn hanya krn pangkat dan jabatan semua ilmu di lupakan, dan yg salah di benarkan! TAK MAU DI PIMPIN SAMA YG MACAM INI!! #02!!!

  69. Akbar Rahmat

    Akbar RahmatBulan Yang lalu

    Para pahlawan dan para ulama dulu di dominasi oleh siapa bro?? TANAH SUMATERA BUKAN?!!! Udah ga tau HISTORI TANAH SUMATRA MALAH JANJI BERANTAS BUTA HURUF AL-QUR'AN.. TAK AKAN KAU NAIK DI 2019 orang SUMATRA MANA SUARA NYA!!!

  70. Joe Cakep

    Joe CakepBulan Yang lalu

    Msh bagus buta al-quran krna msh bs blajar dri pada orang pinter ngerti agama tapi tidak di amal kan Contoh tuh maruf katanya kyai tapi msh doyan jabatan ijo mata liat duit

  71. Rusian Riflan

    Rusian RiflanBulan Yang lalu

    Boleh aja mengklaim semua warga sumtra barat agamis semua tapi faktanya banyak juga yg belum ngamalkan atau punya aliran2 lain.

  72. Kapindiang 87

    Kapindiang 87Bulan Yang lalu

    Sumatra barat 99,9% Prabowo Bagi kawan*,dunsanak,apak,etek,mamak,kamanakan,niniak mamak jo nan lain nyo satuju Ndak Sumatera Barat,Padang ganti presiden ?? Allahu Akbar πŸ‘†βœŒβœŒ Yg setuju like,,bagi cebong silahkan merapat ke kaliπŸ˜‚

  73. antonio marcoantoniojR

    antonio marcoantoniojRBulan Yang lalu

    Pemikiran yang sangat rendah itu adalah siapa yang pertama merendahkan orang lain atau golongan tertentu, tegakkan keadilan dan kebenaran salam PAS O2 πŸ‘†πŸ‘†πŸ....

  74. cucu Pian

    cucu PianBulan Yang lalu

    enak aja bilang orang sumatera barat buta Qur'an

  75. depe rusdekno

    depe rusdeknoBulan Yang lalu

    Mempelajari histori suatu daerah itu perlu sebelum menawarkan suatu program, jadi kan kesannya menghina seolah menganggap warga Sumatera Barat buta Al-Qur'an.

  76. Gorged Gooo

    Gorged GoooBulan Yang lalu

    Jujur saya sangat menghargai makruf amin ktika masih menjadi ktua MUI sbelum terjun jadi calon wapres..tapi sekarang sulit rasanya untuk menghargai beliau karna saya merasa beliau sudah berubah total..seakan2 ini bukan lagi beliau yg dulu saya liat..telah hilang rasanya ke ulamaan beliau ktika beliau harus gandeng tangan bareng psi anti islam ..belum lagi cara ngomong yg terkesan tanpa ilmu agama lagi alias menghalalkan segala cara untuk mencari simpati dgn menjual islam nusantara.. Sudahlah pak kiai...kasian nanti klo anda kalah maka anda bakal jadi sampah....

  77. tombak siiotodidak

    tombak siiotodidakBulan Yang lalu

    bogor siap menangkan 02

  78. belalang tempur

    belalang tempurBulan Yang lalu

    Nsmo den tuangku den ndak rela ano ksiko den urang kamang tanamo bulando ndak talok k nagari den jd jan urang nan ndak jaleh ulama nyo lai iamin sakik tu..ko dpek den baka spanduk nyo nan tagak d nagari den

  79. Efrizal Ef

    Efrizal EfBulan Yang lalu

    orang minang lebih pintar dr MA

  80. jokowi pki

    jokowi pkiBulan Yang lalu

    Jawa Timur 100% prabowo

  81. Shidiq Ishak

    Shidiq IshakBulan Yang lalu

    Maklum ustaz makruf dah tua Jadi pikun deh

  82. Richar Guntur

    Richar GunturBulan Yang lalu

    Wooiii ma'ruf amin.. Ati2 kau kalo ngomong.. Jangan asal ngomong kau binatang... Kami orang sumbar minang . Ati2 kau ngomong ..

  83. Richar Guntur

    Richar GunturBulan Yang lalu

    Ma'ruf amin murtadd.. Pengikut dajjal..

  84. DAVID PB

    DAVID PBBulan Yang lalu

    Sudah lah, ngapain mencalonkan diri jadi Capres, sudah pikun gtu, mending mundur aja. Gmana jadinya Indonesia kalau sampai terpilih nanti

  85. Ariiq Jerman

    Ariiq JermanBulan Yang lalu

    Ya Allah semoga KH.ma ruf amin gk jadi presiden salam ✌️prabowo

  86. Bernie Mighty

    Bernie MightyBulan Yang lalu

    Orang sumbar (minang) sangat berperan dalam penyebaran islam di bumi celebest khususnya sulawesi selatan,

  87. Al de chanel

    Al de chanelBulan Yang lalu

    Pa yai pa yai... Sumatera barat tuh wajib pandai baca al-quran. Melamar gadis nya aja wajib laki" baca al-quran.

  88. Firma Wati

    Firma WatiBulan Yang lalu

    Woyy pas 02 pokok nya

  89. Riki Anjori

    Riki AnjoriBulan Yang lalu

    Ma'ruf amin,jgan sok thu kau,kau yg buta alquan,bkan kami?kau ulama munafik,asal kau thu,orag yg prtama x jdi imam di mekah,orag minag,mkanya bca sjrah minag,bru kau thu...

  90. Willy Evi

    Willy EviBulan Yang lalu

    maaruup makin sinting salam no 2 dr kalimantan timur

  91. ima dudiansyah123 Laki Laki

    ima dudiansyah123 Laki LakiBulan Yang lalu

    ketika seorang yang ber iman di uji dengan segenggam kekuasaan... hanya Allah yang tau apa yang selanjutnya terjadi...

  92. Safina 29

    Safina 29Bulan Yang lalu

    Kyai MA semoga sadar Malu sama Allah SWT pak. Jangan sombong ilmu Pak!!!!

  93. sejarah hitler

    sejarah hitlerBulan Yang lalu

    Semoga cepat2 akhir zaman aja.biar tau siapa yg suka propokatif adu domba dan dpt balasan Inilah tanda2 bakalan terjadi perang saudara seperti ditimur tengah.rakyat vs pemerintah,masih ingatkah kalian yg mendalangi tragedi tanjung periok dijakarta dan tragedi jumat kelabu dibanjarmasin 1997,coba pikir siapa tentaranya saat itu,kami masyarakat kalimantan masih ingat tragedi itu yg dikomandui presiden soeharto,dan capres no.2 yg memperintahkan untuk membantai mahasiswa dan pemberontak ,cuma krn agama dicampur adukkan dengan politik sama dengan kacau.inilah pembodohan

  94. Daniel Chaniago

    Daniel ChaniagoBulan Yang lalu

    Mungkin Ma'ruf Amin belom baca ini id.m.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Khatib_Al-Minangkabawi Datang ke kampung saya, masih ada dokumen jaman perjanjian tanah jaman belanda yang ditulis dengan aksara arab melayu (arab gundul) Jujur saya kasihan sama si Ma'ruf

  95. Payakumbuh Pyk

    Payakumbuh PykBulan Yang lalu

    di sumbar adat bersandi sarak,sarak bersandi kitabul,tak impik dak diateh takurung dak diluar,kami takut kepada allah.

  96. Yiiodi Natta

    Yiiodi NattaBulan Yang lalu

    Apa kau bilang buta Al-Qur'an?????? Awasss kauu Maruf amin

  97. Marpianto Tanjung

    Marpianto TanjungBulan Yang lalu

    Aku menghargai mu pak kiyai,,,,dengan pernyataan seperti itu....bapak gak cocok jadi ustad ulama apa lagi kiyai...cocok jadi cebong

  98. umar wirahadi

    umar wirahadiBulan Yang lalu

    Si Ma'Rup yG buta AKIDAH..

  99. Keysha Isan

    Keysha IsanBulan Yang lalu

    PAK perabowo sandi. 02πŸ‘πŸ‘ makin mantep aja.

  100. Didi Mulyadi

    Didi MulyadiBulan Yang lalu

    Sy warga jabar tersinggung dg ucapan mbah yai maruf munkar