Dialog tvOne: Jabatan Presiden 8 Tahun? (Prof. Mahfud MD & Prof. Salim Said)

Komentar

  1. Asfandi Tamrin

    Asfandi TamrinBulan Yang lalu

    Dri wacana ini,, gue respect sm rezimny SBY yg gak rakus sm jabatan....

  2. anto rusmanto

    anto rusmanto2 bulan yang lalu

    kayak di Swiss aja , setahun sekali , atau San Marino , 6 bulan sekali

  3. Andallas 7naga

    Andallas 7naga2 bulan yang lalu

    Sebenarnya 5 tahun itu sudah waktu ideal untuk pemimpin, apalagi untuk pemimpin daerah. Jika alasannya untuk menghemat biaya pemilu, kenapa tidak aturan pemilu nya aja yg diubah..?? Yg paling penting itu, jiwa dan akhlak masyarakat Indonesia nya yg perlu dibangun. Jika memang jiwa dan akhlak manusia nya yg korupsi, tidak jujur, pembenci, munafik, tidak punya rasa malu, dll, mau 5 tahun atau 100 tahun masa pemerintahan, itu tidak berpengaruh untuk kebaikan Indonesia.

  4. Newway to

    Newway to3 bulan yang lalu

    kata saya mah dipercepat jadi 3 tahun.... jadi pemerintah fokus dalam pembangunan dan tidak terlena lena karana alasan waktu masih banyak

  5. kurniawan Dhe

    kurniawan Dhe4 bulan yang lalu

    najis lah ini orang

  6. sitampan malam

    sitampan malam5 bulan yang lalu

    Kalo pendapat saya 10 tahun, tapi cuma satu kali priode. Dan dimulai 2024

  7. mout TV

    mout TV5 bulan yang lalu

    siapa yang setuju presiden 2 tahun aja ...

  8. Mak Uniang

    Mak Uniang6 bulan yang lalu

    Welcome to rezim new otoriter

  9. Ferry Firdaus

    Ferry Firdaus6 bulan yang lalu

    Kalo saya setuju malah kalo perlu 10 tahun saja, cuman syarat nya 1 itu bukan di Indonesia. 😎😎😎😎😎😄

  10. dopper gost

    dopper gost6 bulan yang lalu

    Koq hanya 8 tahun sekalian saja 30 tahun kan lebih enak lagi berkuasa nya

  11. Tunki Rachman

    Tunki Rachman6 bulan yang lalu

    6:45 Kalau alasan merubah masa jabatan presiden dan kepala daerah selama 7 tahun dan hanya dipilih 1 kali adalah untuk menghindari penyalahgunaan jabatan (abuse of power), Kenapa tidak usulkan saja jabatan presiden dan kepala daerah tetap 5 tahun dan bisa dipilih kembali selama 2 kali tetapi tidak boleh secara beruntun, karena penyalahgunaan jabatan hanya bisa dilakukan oleh calon petahana. Menurut saya masa jabatan selama 7 tahun dan hanya dipilih 1 kali sangat disayangkan jika pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang benar-benar disayangi oleh seluruh rakyat. Prof. Salim berpendapat seperti itu mungkin atas dasar belum adanya pemimpin yang disayangi oleh seluruh rakyat, tapi tidak menutup kemungkinan pemimpin yang seperti itu akan ada.

  12. Arfan Poretoka Arfan

    Arfan Poretoka Arfan6 bulan yang lalu

    Saya kira ini hanya isu agar jokowi bisa tiga periode

  13. kuli internasional

    kuli internasional6 bulan yang lalu

    Presiden pertama pasti skrng sedang tersenyum smbil geleng2 kepala di syurga dngn tingkah polah pemerintah sekarang....

  14. kuli internasional

    kuli internasional6 bulan yang lalu

    Lama kelama an kok semau nya sendiri...minta masa tambah jabatan biar bs se enak nya...ntar kalo digulingkan kyk jmn nya pak.harto nyalahin yg demo

  15. Arif Hakim

    Arif Hakim6 bulan yang lalu

    Serakah

  16. AY Chanel

    AY Chanel6 bulan yang lalu

    Periode ny aj d tmbahin

  17. Anis Tane

    Anis Tane6 bulan yang lalu

    Positif dan negatif terhadap sesuatu yang diputuskan sudah pasti ada, itu tergantung cara kita memandang. Pertanyaannya, Jika rakyat menginginkan orang yang memimpin itu berlanjut Bagaimana? Jika Yang terpilih orang yang tidak peduli dengan Rakyatnya Bagaimana? Saya saran Aja. Harusnya DPR yang diperkuat, dan tinggal Fungsi pengawasan dan Legislasi.

  18. Mues Nellon

    Mues Nellon6 bulan yang lalu

    Usulan tk benar itu ,yg benar ditetapkan2priode 10 tahun ,

  19. Indra Bayu

    Indra Bayu6 bulan yang lalu

    1 periode 5 tahun cukup. Lebih efektif kalau presidennya boleh menjabat 3 periode. Kalau 1 periode 8 tahun kelamaan. Bagaimana kalau presidennya burik? Masa iya dipimpin selama 8 tahun?

  20. Yanto Ktt

    Yanto Ktt6 bulan yang lalu

    Setuju banget...masa jabatan presiden maksimal 7 tahun,biar gak ribut" terus.Supaya bs kosentrasi membangun indonesia lebih maju lagi

  21. SYUR YADI

    SYUR YADI6 bulan yang lalu

    Nggk seruu coyyyy yg seru itu model kerajaan tapi harus adil n

  22. Ahmad Albar

    Ahmad Albar6 bulan yang lalu

    Baru kali ini ada yg beginian

  23. Alihambali Hambali

    Alihambali Hambali6 bulan yang lalu

    Bila perlu 15 tahun pemilihan presiden biar super irit dan gubernur dan bupati walikota 7 thun

  24. Haryanto Arya

    Haryanto Arya6 bulan yang lalu

    Kalau presidenya BURUK langsung lakukan PEMIDU. Kalau PRESIDEN nya BAGUS , langsung SEUMUR HIDUP Kalau boleh USUL jadikan JOKOWI PRESIDEN se UMUR HIDUP.

  25. Haryanto Arya

    Haryanto Arya6 bulan yang lalu

    Indonesia akan menjadi lebih HEBAT

  26. Haryanto Arya

    Haryanto Arya6 bulan yang lalu

    SETUJU

  27. Andita Prasetyoningsih

    Andita Prasetyoningsih6 bulan yang lalu

    Saya setuju dengan pernyataan Salim Said dalam ILC dulu, semua masa jabatan pejabat terpilih 7 tahun x 1 periode... kalau sebelum masa jabatan berakhir ternyata kepemimpinannya buruk tinggal di-Impeachment ...

  28. Andita Prasetyoningsih

    Andita Prasetyoningsih6 bulan yang lalu

    @Mues Nellon Saya pikir justru tepat waktu. Saat ini, DPR segera dilantik. Pada awal masa jabatan mereka, hal semacam seharusnya dibahas, bukan menjelang pilpres selanjutnya. Dengan demikian bisa dihindari konflik kepentingan yang dipengaruhi kebutuhan calon yang akan datang ataupun partai-partai pendukung mereka. Justru hal ini perlu dibahas karena merupakan kepentingan rakyat Indonesia. Jangan sampai kita salah melangkah sehingga ancaman perpecahan yang terjadi akibat hanya ada dua kubu politik yang membuat konflik politik terlalu tajam terulang lagi lima tahun mendatang. Selesaikan saja potensi calon petahana sehingga semua kubu politik bisa lebih konsentrasi pada kepentingan rakyat.

  29. Mues Nellon

    Mues Nellon6 bulan yang lalu

    Mikir rakyat jangan wacana terus nasib rakyat Perlu dipikirin ,

  30. Mues Nellon

    Mues Nellon6 bulan yang lalu

    Wacana ini terlalu awal setop saja ,

  31. Ezra Ashab

    Ezra Ashab6 bulan yang lalu

    Ambik lah indonesia tu seumur hidup kau nak jadi presiden jadi lah.... Buat lah suko hati kau..

  32. Dewi Monica

    Dewi Monica5 bulan yang lalu

    Sebener ny NKRI ini sdh aman tentrem dan baik saudaraku tetapi dihancurkan dibuat ribut dan hancur oleh mereka org" yg tdk beriman dan ahklah yg baik ini lah yg dinamakan manusia tdk amanah 😨😈

  33. Yu Lin

    Yu Lin6 bulan yang lalu

    Kalou dapat kaya DKI gaberner nya NKRI bisa karam

  34. adi wijaya

    adi wijaya6 bulan yang lalu

    Apemilunya pakai app android, biar murah.

  35. Kali Yoso

    Kali Yoso6 bulan yang lalu

    sebelumnya saya minta maaf kpd siapa pun namun kami warga negara memberikan komitmen bahwa indonesia dari zaman konon lagi telah melalui rintangan cabaran meski dgn takbir merdeka di mata dunia penuh dgn pengorbanan harta dan nyawa jadi utk kemaslakhatan bersama dgn kesucian pasti butuh duit yg begitu banyak oleh itu perubahan tdk perlu di ungkit" dan cukup lima tahun saja ll lima thn saja sudah terlalu lama

  36. Zufar Khamdi

    Zufar Khamdi6 bulan yang lalu

    Gw setuju 8 tahun tapi satu periode aja

  37. b s

    b s6 bulan yang lalu

    bukankah si prabowo pengen presiden 2024.. klo kelamaan nanti nangis si prabowo.. wkwkw

  38. Kali Yoso

    Kali Yoso6 bulan yang lalu

    ini negara indonesia raya jangan di samakan negara asing manapun jangan pula kita seperti burung beo boleh bicara assalamualaikum makan minum ini dan itu tapi tak tahu artinya yg sebenar nya oleh itu kemungkinan indonesia harus dan dgn pasti mempunyai kemandirian sendiri

  39. Tasmin Bintara

    Tasmin Bintara6 bulan yang lalu

    Setuju bangt itu

  40. Ketut Suadnyana

    Ketut Suadnyana6 bulan yang lalu

    presiden 3 atau 4 th, dpr cukup 2 tahun saja.

  41. Ketut Suadnyana

    Ketut Suadnyana6 bulan yang lalu

    sekalian 3 tahun sekali dan dapat kesempatan untuk di pilh lagi agar target kerja bisa di percepat. ini sekedar usul saja

  42. Hanafi P

    Hanafi P6 bulan yang lalu

    Lagian apa masalah nya mau 20thn atau 10 priode ,kan rakyat juga yg memilih ,kok dak paham ,

  43. Hanafi P

    Hanafi P6 bulan yang lalu

    Lebih bagus 10thn atau 4 priode ,sy sangat mendukung 100%

  44. Professor Xavier

    Professor Xavier6 bulan yang lalu

    Sudah mulai kelihatan belangnya Mau balik ke jaman orba ya? Wkwkwkwk....

  45. Singo Lawe

    Singo Lawe6 bulan yang lalu

    20 tahun aja sekali ya...?

  46. Burung Pipit Jantan

    Burung Pipit Jantan6 bulan yang lalu

    Kurang itu lah.. harusnya seumur hidup biar kayak kaisar..

  47. Harianto Anto

    Harianto Anto6 bulan yang lalu

    Terlalu banyak dampak negatif....sedangkan 5 thn sekali d perbarui cara kerja persiden masih jalan d tempat....memang hemat biayax tapi dampat negatif terlalu banyak....contoh siiapapun terpilih peluang korupsix terlalu banyak mau bukti tdk ada priode kedua...

  48. Dewi Monica

    Dewi Monica5 bulan yang lalu

    Ya allah ibu kota mo dipindah kalau mg mo dipindah, ngapain ya jembatan jln di jkt diper byak bpk ?????? Mubazir keles AUAH LAP SUBBAHANALLAH

  49. Ahmad Jaelani

    Ahmad Jaelani6 bulan yang lalu

    Kalau bisa nitip perpanjangan sim dan stnk jadi 10 thn, kalau perpanjangan masa kerja presiden no coment

  50. Dini Rohaeni

    Dini Rohaeni6 bulan yang lalu

    Salah pilih rakyat indonesia gara" kemeja putih di lipat lipat...

  51. Rx Jimin

    Rx Jimin6 bulan yang lalu

    Hahaha anyingg nying nying, emang serakah tuh 😂

  52. Merah Putih

    Merah Putih6 bulan yang lalu

    Bukannya sdh ada Presiden yg pernah 2 Periode (10 th) kenapa baru heboh sekarang ya ?

  53. Mr Profesor

    Mr Profesor6 bulan yang lalu

    Sangat SETUJU 8 Tahun Jabatan Presiden ! Tapi dilaksanakan tahun 2024 setelah habis masa jabatan Presiden yg sekarang. Jangan jadikan ini sebagai ALASAN untuk mempertahankan dan memperpanjang masa kekuasaan yg sekarang.

  54. Alie fikri

    Alie fikri6 bulan yang lalu

    5x dua msh kurang...hhhh mahfud" ...

  55. Morgant Martabe

    Morgant Martabe6 bulan yang lalu

    5 tahun udah pas... 👍👍👍 Panca sila, panca indra, panca warna, panca rupa, panca marga, dll 😂😂😂😂

  56. Nur Hadi

    Nur Hadi6 bulan yang lalu

    kalo. Bisa jabatan peresiden itu cukup 1kali dan dua tahun saja

  57. xie you fao

    xie you fao6 bulan yang lalu

    5 tahun aja bobrok, malah pingin nambah.... Nafsu dunia oiiiii Penjilat smua.....

  58. Ettan Nada

    Ettan Nada6 bulan yang lalu

    Bagus juga, 1 x 8..ga ada 2 periode, lbj bagus

  59. Kuliner Tv77

    Kuliner Tv776 bulan yang lalu

    jabatan president satu priode 7 tahun seorang President bakal bekerja lebih efektif buat kepentingan rakyat

  60. agus basukirahmad

    agus basukirahmad6 bulan yang lalu

    Klu bisa Jokowi 3 PERIODE lagi karena sudah terbukti Indonesia akan maju

  61. Kali Yoso

    Kali Yoso6 bulan yang lalu

    jabatan presiden dan wakil presiden cukup lima thn saja tdk usah di rubah apapun alasannya pikir dulu baru di kerjakan rakyat indonesia banyak yg bijak baik dan cerdas utk gantian karena klu mendapatkan pemimpin yg jelek kita semua akan menanggung resiko dan menyampah bartahun tahun

  62. Beta Santika

    Beta Santika6 bulan yang lalu

    Saya setuju aja..tapiiiii pleaseee itu berlakuuu untukkk thn 2024 . Jgn utk preside skrg..bobrok ntr

  63. Restyendut Restyendut

    Restyendut Restyendut6 bulan yang lalu

    Gw setuju banget masa jabatan di tambah dan hanya berlaku untuk 1 priode, itu alternatif untuk mengurangi etika kecurangan,, tp kita hrs bijak, peraturan itu hrs berjalan di pemilu thn dpn,,.. bkn untuk sekarang,,

  64. soetiono soeharno

    soetiono soeharno6 bulan yang lalu

    Kalau Soeharto berkuasa 32 tahun,bagaimana pak Salim?

  65. Suroso Suroso

    Suroso Suroso6 bulan yang lalu

    Lama lama DPR dn pemerintah gk kerja untuk rakyat melainkan hanya sibuk mikir UU pemilu,