Apakah Kitab Suci Fiksi? penjelasan Lengkap Ustadz Adi Hidayat, Lc., MA.

  • 13 Apr 2018
  • 4 370
  •  50
Komentar

  1. Khairul Amri

    Khairul Amri17 hari yang lalu

    Wajar jika RG mengatakan itu karena dia seorang atheis.

  2. Cingdogan

    Cingdogan4 bulan yang lalu

    10:07 pengertian fiksi nya sendiri ini beda sama yg saya tahu, :3

  3. slamet kipao

    slamet kipao11 bulan yang lalu

    jika anda menemukan,mendengar ,melihat apapun yang sifatnya memberikan gambar gambar yg tidak jelas. maka alquran memberikan pandangn ke hati hatian terlebih dahulu untuk memberi komentar jangn cepat bekomentar krna keterangn nol dokumen itu menunjukan suatu maaf hal yg tidak komplit kehidupan ,keterangn tanpa dasar tanpa dalil ,tanpa dokumen atau hal hal yg bi"as yg di sampaikn itu, menunjukn satu rendahnya ke hati hatian ,rendahnya tingkat pengthuan juga kurang kuatnya hubungn kita dengan allah swt

  4. Jumhadi Mhadi

    Jumhadi Mhadi11 bulan yang lalu

    Penjelasanya hanya meranggkul jemaah agar tidak terjerumus sangkaan,praduga & prasangka oleh ungkapan Rocky Gerung, Bila setiap agama memiliki kitab suci maka tidak terbantahkan ungkapan Rocky Gerung yg mengatakan kitab suci Fiksi meliputi seluruh kitab suci selain agama islam. Apapun agamanya sudah pasti setiap orang akan beriman pada kitab sucinya masing-masing.

  5. Nana Juliana Amin Sp

    Nana Juliana Amin Sp11 bulan yang lalu

    bang Rg ..coba baca Al Qur'an dulu...ya...

  6. Farid Bambang Siswantoro

    Farid Bambang SiswantoroTahun Yang lalu

    Ust Adi Hidayat memang oke. Benar yang beliau katakan. Namun, kalau itu menanggapi Roger (Rocky Gerung), itu tidak tepat. Ust Adi tidak memperoleh informasi secara lengkap. Roger tuh hanya membuat silogisme: "Fiksi itu menggerakkan imajinasi. Jika Kitab Suci itu menggerakkan imajinasi, maka Kitab Suci itu fiksi." Jadi, dalam hal ini ada definisi yang lain terhadap kata fiksi. Itu hal biasa saja dalam ilmu sosial! Sekali lagi, jika Ust Adi berfatwa menanggapi si Roger, maka itu tidak pas, karena bukan seperti itu duduk soalnya.

  7. Mahasuma Basuki

    Mahasuma Basuki3 bulan yang lalu

    Betul

  8. Jomblo Mm

    Jomblo MmTahun Yang lalu

    Komunis punya kitab suci. Dll ahli ekonomi. Matematik punya kitab2 suci. Agama punya jg. Fiksi dlm filsafat masih dlm perjalanan entah smpai tujuan atau tdk. Klo bcra mnusia ia smua n bsa fiksi. Tp quran tuntas dr awal ampai akhir lngkp tkdir. Mahdi sdh tau. Kjdian blum. Rngkain kjdian smpai akhir kiamat surga n neraka apa hanya gmbrn atau kjdian?. Mnusia terbatas waktu jd fiksi. Tuhan pncipta waktu jdi pengetahuanx lngkp ucapanx (wahyu lngkp) tuntas. Dlm fiksi ada perkiraan. harapan n tujuan. Quran tuntas jdi fiksi klo sdt mnusia tp quran bukan imajinasi jd mnusia muslim nga anggp fiksi. Nabi adam z bsa liat siapa ahli neraka dr turunanx kok yg bahkan turunan2 di penghujung dunia sdng dia di awal mnculx ni bkn imjinasi. Fiksi yg nga prcya. Yg prcya Tuntas. Tp fiksi kbnykan org fahamx itu sesuatu yg tdk real.

  9. Krishna Fauzi

    Krishna FauziTahun Yang lalu

    Jika kita menilai sebuah pemahaman, ajaran berdasarkan 'siapa,' maka si 'siapa' itu kan bisa di'branding' menurut keinginan penguasa dan kemudian penguasa menggiring publik pada branding itu. Sejak dahulu, para nabi sudah biasa dicitrakan sebagai orang buruk (gila, sesat, bodoh, dsb). Dan sekarangpun, orang lurus bisa dicitrakan sebagai radikalis, teroris, ekstrimis, dll. Nah, kalau opini publik sudah dibentuk seperti itu, mustahil publik akan melihat sebuah kebenaran dari mulut orang yang sudah dicap buruk. Jangankan mendekat untuk mendapat penjelasan. Bertemupun tidak mau karena takut dianggap temannya.

  10. Krishna Fauzi

    Krishna FauziTahun Yang lalu

    Ustadz Adi yg di awal ceramah mengajak hadirin berhati-hati justru dia tdk berhati-hati dalam memberikan definisi fiksi. Maaf ustadz, definisi ustadz tentang fiksi menurut saya dapat menerkam ustadz. Baik, saya garis bawahi definisi ustadz tentang FIKSI: TIDAK NYATA. Ketika definisi ini di terapkan pada Adam, matahari, langit dan sejenisnya, hasilnya sesuai dengan yg diinginkan (yaitu nyata alias bukan fiksi). Bagaimana jika itu ditujukan pada ayat-ayat yang bicara soal jin, malaikat, surga dan sejenisnya, apakah itu semua nyata? Bila dijawab nyata, saya yakin saudara belum memahami apa arti kata 'nyata' Supaya lebih jelas saya copas arti kata nyata dari KBBI. Nyata (syahadah): benar-benar ada; ada buktinya; berwujud Tidak nyata (ghaib): tidak kelihatan; tersembunyi; Makhluk seperti jin, malaikat termasuk yang TIDAK NYATA Jadi, menurut definisi yang diberikan ust Adi, jin, malaikat, termasuk FIKSI ATAU TIDAK NYATA dong ?

  11. Krishna Fauzi

    Krishna Fauzi11 bulan yang lalu

    Farid Bambang Siswantoro, ketika ustadz Adi menyoroti RG, ustadz bukan lagi sbg pendakwah, melainkan sbg kritikus. Seharusnya sebelum menyampaikan definisi yg benar, batalkan dahulu definisi yg diberikan RG. Tunjukkan bhw argumentasi RG salah lalu ustadz menunjukkan argumentasi dengan yg lebih jelas. Bg sy ustadz belum berhasil menjelaskan: nyata. Apa itu nyata atau kenyataan. Apakah sesuatu yang abstrak bisa disebut nyata? Adakah padanan kata nyata atau kenyataan? Kalau ada apa saja? Kita bisa gali lagi: Alquran itu abstrak atau kongkrit. Jadi kita perlu banyak amunisi untuk meruntuhkan argumen lawan.

  12. mur sito

    mur sito11 bulan yang lalu

    @Farid Bambang Siswantoro maaf saya ikut memberi pendapat, pertama kenapa RG waktu mengatakan kalimat "kitab suci adalah fiksi" di acara ILC sudah di tegur sama orang dari nasdem tidak menjawab kitab suci siapa atau yg mana, jelas orang nasdem menanyakan itu karena itu menyangkut rukun iman, maaf saya bahas ini karena pasti pemikiran orang akan beda2 jika tidak di arahkan yg RG maksud termasuk saya sebagai orang awam kitab suci fiksi berrti keyakinan percaya pada kitab suci adalah fiksi , seperti yg di katakan ustadz adi ketika melihat warna kuning akan beda di pikiran kita. Lalu kenapa tidak di jelaskan sampai sekarang karena semua agama punya kitab suci kemudian apa bedanya dg ahok dia menista agama islam RG mnrt pemahamanku menista semua agama. Kedua jika yg di maksud RG fiksi adalah sesuatu menggerakkan untuk berimajinasi apakah artinya kitab suci membuat kita berimajinasi bukan keyakinan yg nyata karena kitab alqur'an mnrt saya adalah keyakinan yg nyata. Mohon maaf jika ada salah kata, mohon diluruskan

  13. Krishna Fauzi

    Krishna Fauzi11 bulan yang lalu

    1. Saudaraku Farid Bambang Siswantoro, Siapapun sah membuat definisi. Yang menjadi masalah apakah definisi yg diberikan itu valid, tak terbantahkan. Saya hanya melihat definisi yg ustadz Adi berikan soal arti fiksi itu tidak pas. Sy sependapat dg bung RG bhw fiksi lwn ktnya adalah realitas, kenyataan. Kenyataan disini bermakna benar benar ada atau eksis(being exist). Ada atau eksis, dalam agama ada dua macam. Pertama, ada yg bersifat nyata (dpt dilihat, kasat mata) seperti manusia dll. Ke-dua ada yg bersifat tdk nyata seperti jin dll. 2. Allah dalam alquran mengatakan عالم الغيب والشهادة Dialah yang mengetahui yg ghaib (yg tidak nyata) dan yang nyata. Lalu di mana kesalahan ustadz? Ketika dia mengatakan fiksi adalah tidak nyata, itulah kesalahannya. Sesuatu yang tidak nyatapun adalah sebuah realitas, sebuah kebenaran. Bukan fiksi Ini intinya

  14. Bee Parkit

    Bee ParkitTahun Yang lalu

    ni hanya pendapat saya pribadi sifatnya tidak menyalahkan pihak manapun dan tidak memihak pihak manapun. jika si pembicara mengatakan kitab suci itu fiksi, di kalimat ini dia menggunakan kata kitab suci tanpa spesifik kitab mana yang dimaksud. penyebutan kitab suci disini bisa dimaknai secara general atau menyeluruh dari semua kitab yang dianggab suci oleh semua umat beragama termasuk Alquran sebagai kitab suci agama Islam. kecuali pembicara menyebut salah satu atau beberapa kitab suci dan Alquran tidak termasuk dalam penyebutannya barulah saya anggab si pembicara tidak melakukan penghinaan kepada kitab suci Alquran. marilah berdiskusi secara sehat dan biarlah nanti pada suatu saat waktu akan membuktikan tokoh A memihak siapa dan tokoh B memihak siapa dan juga seterusnya jika kita bisa jernih berpikir.

  15. Putri Putri

    Putri PutriTahun Yang lalu

    Nggak tau kenapa selalu puas dgn penjelasan ust Adi Hidayat. Selalu sehat ya ust 😊😊