BlayDev
Komentar
  1. author

    New Guy2 tahun yang lalu

    Mulai dari menit ke 4+ ...matahari kaya masuk ke awan..bukannya matahari harusnya di belakang awan...

  2. author

    Liana Zahirah2 tahun yang lalu

    bulan dan matahari itu datar lihat sj sendiri. dimnpun bln dan mthr itu brda tetap memperlihatkan posisi muka yg sm. mrk tdk pernah berotasi seperti globe.

  3. author

    Liana Zahirah2 tahun yang lalu

    dlm islam bintang itu fungsinya hanya 3. 1. sbgi hiasan langit 2. pelempar syaitan 3. petunjuk arah. jd anggapn sains bhw bintang itu gede bgt n mtahari termasuk bintang ada batil

  4. author

    Ahmad Dhanie2 tahun yang lalu

    MENGHERANKAN BUKAN..!!

  5. author

    EDM Everydays2 tahun yang lalu

    Waw,sangat bermanfaat, saya melihat AWAN DI BALIK MATAHARI. ini membuat saya yakin JARAK MATAHARI ITU DEKAT. hanya itu yg tertangkap oleh saya.

  6. author

    surahman matasir2 tahun yang lalu

    inilah video bahwa bumi lebih besar daripada matahari ,hahahahahaha pasti buminya datar

  7. author

    surahman matasir2 tahun yang lalu

    hahahahahaha koplak banget

  8. author

    Elite Potato2 tahun yang lalu

    wkwk~ itu kameara lu jaman batu kali~ g bisa zoom jauh~ pake kamera kekinian biar lu terbuka matanya~ dasar~ kalau mau bully silahkan~ tapi ini kelewatan bodohnya~ wkwkwkwk~ dasar penganut dogma sains modern ~ #SalamPeoplePowerInondesia

  9. author

    Iman Ruchiyat2 tahun yang lalu

    Menurut dokter ahli jiwa bumi itu segi tiga bukan datar atau bulat

  10. author

    ahmed al gozali2 tahun yang lalu

    dari dulu bumi memang datar.

  11. author

    The Emperor2 tahun yang lalu

    SEKOLAH DULU MBOD KOONTOL PINTERIN DULU TU OTAK @BlayDev

  12. author

    Dua Lima2 tahun yang lalu

    Q jdi yakin klw matahari itu Dekt dngn bumi,ga jauh.... bngt sprti kta nasa...

  13. author

    kacuan sampai tekincit2 tahun yang lalu

    Kalau bumi 🌎 itu bulat jelas.... Kenapa TIDAK ADA CEKUNGN AIR LAUT.. Jelass2 foto tersebut di zooom tidak ada cekungan... 10000000% bumi datar...

  14. author

    Alfaqir solah2 tahun yang lalu

    Apa alasannya statement bumi bundar .. Dari referansi mana... Kalau quran udah jelas bumi itu terhampar.... Terhampar pasti datar bukan bulat

  15. author

    irawan warta2 tahun yang lalu

    Saat matahari terlihat setengah, knp yg d zoom cmn bagian atasnya aja ?

  16. author

    MECIDANA Studio2 tahun yang lalu

    prihatin skli dngn bapak yag ngmong di vidio tsb, ndak sadar ap yag telah dia lakukan dgn kapasitasx di vidio ini.. padalh dia sndri bingung, dan memakai dalil2 kitab suci yag dia sndri blum faham.. lalo membuat sebuah pernyataan.. ntr dosa pak.. 3 kesalahn skligus

  17. author

    Rifal Thedrumer2 tahun yang lalu

    Hentikan debat awam vs awam gunakan angka..... kita cari bukti untuk pecahkan teori

  18. author

    Ardi Spy2 tahun yang lalu

    Ada alasan kuat bahwa bumi itu memang datar.. Saat pergantian mlm kepagi..terliht jelas dngn mata telanjang (bulan dan matahari berhadapan) itu bukti kuatnya silahkan tanya knp bulan dn matahari bs berhadapan jika memang bumi ini bulat

  19. author

    Siro Digul2 tahun yang lalu

    mhn maaf, kalau mempelajari skala, sesuai role Heliosentrik, dengan skala matahari dengan bumi, dengan besarnya yang sedemikian, jarak tidak mempengaruhi kekuatansinarnya yang seharusnya merata sejak terbit, karena lokal oleh karenanya tampak redup saat muncul dihorison.

  20. author

    Quasar2 tahun yang lalu

    RENUNGAN BAGI KAUM FLAT EARTH Bagi yg menganggap bumi ini datar, coba PIKIRKAN dan RENUNGKAN sedalam-dalamnya dan dengan seksama, dengan pikiran yg jernih dan hati yg tulus gak usah pakai pernyataan2 orang lain, gak usah pakai kata2 deepweb lah, gak usah pakai dsb, cukup diri kita sendiri , bagaimana : 1. Pergantian siang dan malam yg berbeda waktunya di seluruh dunia... (kalo buminya datar maka siang adalah siangnya di seluruh dunia, begitu pula sebaliknya) Ada juga siy video flatearth yg menggambarkan kalo mataharinya hanya bergerak berputar-putar saja di atas bumi tanpa tenggelam dibawah bumi dan dilustrasikan cahayanya menerangi bumi berputar secara bergantian diseluruh muka bumi -> ini benar2 nonsense ato tidak masuk akal dan gilanya kok berani ya mereka bikin video spt itu. Ya kenapa nonsense karena kalo mataharinya selalu ada diatas bumi, maka seharusnya mataharinya terlihat terus (gak ada yg namanya siang dan malam) sedangkan matahari itu terbit dan tenggelam. Dan kalo ilustrasinya seperti flatearth itu, maka bentuk matahari bukan bulat tapi harus terlihat kadang2 seperti ellips, bulan sabit dsb. Apakah matahari bentuknya senter sedangkan matahari tetap terlihat bulat bentuknya sepanjang waktu ( kecuali waktu terjadi gerhana matahari...jangan ngeless dengan alasan ini ya karena gerhana tidak terjadi setiap hari). 2. Mengapa orang di pulau jawa tidak bisa melihat benua australia, ato di jepang tidak bisa melihat benua amerika padahal cuman kehalangan oleh lautan dan udah naik ke gunung pake teleskop pula.... aneh bukan kalo buminya datar. 3. Fenomena gerhana bulan mengapa bayangan bumi selalu terlihat bulat. Kalo buminya datar dan bundar seperti cakram kan harusnya bayangan bumi di bulan kadang tampak ellips, mata sipit dsb. Tapi bentuknya kan selalu tetap bulat... aneh kan kalo buminya datar. (Kalo belum paham juga belajar lagi deh bagaimana cahaya membentuk bayangan pada sebuah benda...hmm pelajaran anak sd kayaknya) 4. Semua bentuk planet bulat, matahari bulat, bulan juga bulat... kenapa buminya harus datar??? Apakah buminya sebagai pusat peredaran alam semesta (teori geosnetrik yg jadul banget)->wow ini lebih gila lagi, alasanya karena... 5. Bila bumi sebagai pusat alam semesta dan matahari, bulan dan bintang2 yg mengeliling bumi 24 jam setiap harinya... wow berapa kecepatan mereka ya padahal letaknya sangat sangat sangaaaaaaaaaat jauh... gila bukan, bisa2 hancur niy alam semesta. Serta tidak pernahkah kamu melihat bahwa posisi bintang yg satu terhadap bintang yg lain relatif tidak berubah dan tidak terpikirkankah olehmu bahwa planetlah yg justru mengitari mereka (bintang2)yg relatif diam walaupun sebenarnya juga bergerak. Ato apakah kamu berpikir bahwa bintang2 yg relatip tetap kedudukannya satu sama lain mengelilingi bumi dengan kecepatan yg sama jadi terlihat kedudukannya tidak berubah itu yg berarti cuma ada 1 lapis langit diatas seperti kalo kita tidur dan menghadap keatap rumah hanya ada 1 lapis plafon atap kamar tidur dan bintang itu menempel pada lapisan itu...ini nonsense, tidak masuk akal. 6. Kok kita tidak jatuh tergoncang ato terumbang-ambing padahal buminya bergerak tidak membuktikan bahwa bumi ini diam. Jawabannya karena bumi punya gaya tarik dan kitanya yg sangat kecil dibanding bumi yg besar. contonya kalau kita sedang berada di pesawat,kereta ato truk dsb. kita tidak terombang-ambing alias diam tenang padahal sedang bergerak. Dan kenapa juga kita tetap tidak terumbang-ambing ketika buminya bergerak ya karena gerakannya konstan setiap hari 24 jam walaupun cepat, tidak direm-rem kayak mobil. Dan cepat itu relatif...bayangkan bila bola globe yg kecil itu (seperti yg abang pegang diputar sekali putaran 24 jam maka terlihat lambat sampe pegel2 tuh tangannya kalau mau diputar 24 jam... coba ajah kalau emang kurang kerjaan...haha 7. Melihat lengkungan bumi dengan melihat kelengkungan air di gelas ya jelas sangat gak berimbang lah dan gak rasional. Kalo sampai terlihat emang buminya kecil kayak bola basket. Melihat kelengkungan air di gelas sangat tidak mungkin karena mata kita tidak bisa melihat perbedaan sudut yg sangat kecil. Bagaimana bisa mata kita melihat garis yg membuat sudut cuman 0,00000000000000001 derajat, ya pasti akan terlihat lurus dong. Ilustrasi di video flat earth kapalnya bergerak dari kanan ke kiri, coba kalu bergerak maju terus menjjauhi kita niscaya akan hilang dari pandangan kita secara perlahan-lahan mulai dari badannya dan terakhir ujung tiangnya yg membuktikan bahwa ada lengkungan bumi. Kalau hilangnya dari pandangan kita karena keterbatasan mata kita ya harusnya hilangnya sekaligus dong tidak perlahan-lahan. Dan kalau gak terlihat dengan mata telanjang ya pakai teleskop dong. Melihat lengkungan bumi tuh harus dari tempat yg tinggi dari jarak yang jauh apalagi buminya tidak datar karena ada gunung, tebing, ngarai, gelombang dan semua bentuk yg tdk mulus rata. Minimal kita bisa melihat lengkungan bumi tuh dari jarak 400km seperti dari wahana angkasa luar ISS. 8. konspirasi bumi datar harus dijelaskan dengan ilmiah, bukan dengan politik seperti asumsi ato dugaan-dugaan kebohongan yg katanya dilakukan oleh nasa tentang pendaratan dibulan, teleskop dan wahana antariksa yg bisa memotret dirinya sendiri dsb. Apakah anda orang yg cukup berilmu untuk meneliti apa yg mereka ungkapkan tentang hal tsb. .Adalah sangat tidak adil ketika kita mengeneralisir suatu kebohongan yg belum terbukti dan menganggap semua yg dari sumber yg sama adalah semuanya bohong. Itu tidak fair dan tidak adil menurut islam, apalagi ini tercakup dalam bidang science. Katakan yg benar adalah benar dan yg salah adalah salah. kitapun (muslim) diajarkan sebagaimana yg tertulis dalam AlQuran untuk tidak langsung menerima suatu berita tanpa meneliti dulu kebenaran berita tersebut apalagi dari orang yg fasiq krn akan menyesatkan.. Siapakah dan darimanakah ide ato konspirasi flatearth ini berasal ??? yg jelas bukan dari kalangan ilmuwan dan ulama ahlus sunnah waljamaah. Kalopun ada ulama yg mengatakan itu, mereka bukan kapasitasnya dalam menjawabnya secara ilmiah, sementara dalil di Alquran tidak ada tersebut bahwa bumi itu datar. Yang ada adalah bahwa bumi itu sebagai hamparan ato dasar untuk menempatkan manusia,hewan. tumbuhan, gunung, sungai, danau dsb. Makhluk2 tsb yg sangat kecil itu bisa dong terhampar di permukaan bumi yg bulatnya sangat..sangat besar ini. Bahkan di ayat lain juga bumi itu seperti dahaha ato telur burung unta. Jadi kalo dari Alquran memang tidak ada ayat yg secara eksplisit menerangkan bentuk bumi, namun demikian kesan bumi bulat itu ada tersirat . Mungkin ulama yg mengatakan dan ngotot bahwa bumi itu datar adalah ulama yg menafsirkan ayat hanya secara tekstual (bukan ulama yg ahli dalam bahasa Alquran) seperti ulama2 wahabi. 9.Orang2 pioneer ato pengggagas yg tergabung konspirasi flatearth tidak memiliki interest ato kepentingan apapun ato tidak berpolitiklah kasarnya, karena cuman mau menyuarakan kebenaran???.... Ini nonsense dan bullshit... Setiap orang pasti punya kepentingan ato politik ketika menyuarakan sesuatu. Atas dasar apa orang2 flatearth menyuarakan hal itu. Mereka bukan ilmuwan ato setdaknya menerangkan secara ilmiah. Yang mereka lakukan adalah sebatas mempertanyakan sesuatu tanpa meneliti secara ilmiah apa yg mengusik mereka. Dan ketika mereka tidak mendapatkan jawaban yg memuaskan dan memang tidak akan pernah memuaskan karena terbatasnya ilmu mereka ditambah lagi dengan piciknya jalan pikiran mereka kemudian memfitnah adanya konspirasi kebohongan pada umat manusia didunia. Makanya presiden Obama pun sempat mengatakan dalam pidatonya bahwa amerika (dalam hal ini pemerintahannya) tidak ada waktu untuk meladeni pertanyaan2 konyol kaum flatearth.Kita (umat muslim) dan juga umat agama lainnya juga tidak menampikkan bahwa memang ada konspirasi jahat oleh kelompok2 tertentu pada umat manusia di dunia seperti illuminati, freemason, NWO (new world order) dsb. Namun tidak berarti bahwa semuanya adalah bohong apalgi yg menyangkut science. Terlalu naiflah mereka membohongi bentuk bumi yg sebenarnya. Dan lagi justru kebenaran2 dalam Alquran sudah banyak dibuktikan melalui science seperti pusat bumi ada di kota Mekkah (tepatnya pada Ka'bah), Hajar Aswad bukan batuan dari bumi (karena memang sejatinya dari surga) (peneliti inggris), manfaat buah zaitun (peneliti jepang), firaun mati krn tenggelam ke laut (peneliti perancis), bulan pernah terbelah dua pada masa kenabian (dengan mengambil sample bebatuan dari bulan), fenomena hujan, fenomena gunung pelangi, dan masih banyak lagi. Kesimpulannya yaitu adalah bohong kalo orang2 flatearth terutama pioneernya tidak punya tujuan tertentu yg mungkin kita tidak sepenuhnya tahu dan sangat disayangkan orang2 yg mengikuti mereka pun begitu fanatiknya sampai2 hilang pikiran logisnya (karena semua pikirannya dapat dibantah walau dengan logika sederhana). Dan kalolah kaum flatearth bukan suatu organisasi untuk agama, bukan pula buat negara dan bukan pula dari kalangan scientist yg kredible (sekali lagi kredible)....maka mereka tak lebih dari kumpulan orang aneh,gila ato tersesat oleh propaganda dajjal yahudi dan syiah laknatulloh. Masih banyak lagi siy yg tidak logis dari konspirasi bumi datar... Science tuh selaras dengan Alquran. Kalau terlihat sepertinya tidak selaras, itu karena pemahaman kita terhadap Alquran tidak sampai. Alquran adalah kitab "tanda" bukan kitab science. Dan memikirkan tentang tanda2 Alloh adalah wajib. Bagaimana caranya?....ya lewat science lah yg dapat dipertanggungjawabkan. Bukan lewat asumsi belaka. Kesimpulannya : BUMI BULAT TUH FAKTA DAN LOGIS, sedangkan BUMI DATAR TUH ASUMSI DAN KHAYALAN BELAKA...

  21. author

    komarudin2 tahun yang lalu

    video goblok bumi bulat ndesooooo..

  22. author

    Mandhega Hazielghast2 tahun yang lalu

    Ini penjelasan kok aneh..................... Cahaya hijau bukti kebenaran? Horison bukan perspektif mata? Musik menggelegar biar dramatis? Mau menyangkal dan membandingkan....., tapi gak tau yg di sangkal? Anda jalan di kejauhan keliatan separo (gak punya kaki), lama2 kalo deket,..... jadi keliatan utuh deh...., keliatan ganteng !!!!! ( It's very... very..... easy!!!!) Whaat???? Jalannya melengkung????? Haaaaaaa????? Udah gila kali Insinyur PU bikin jalan melengkung?????? Whaat????? Buminya melengkung???? Pernah belajar matematika???? Diameter lingkaran bumi berapa????? bener gak 1 km derajat lengkungnya udah bisa nutupin orang?????? Hadewwwwwwwwww.......... Tonton dulu seri Flat Earth Eps. 1 s/d 12 dengan positif dan netral thinking!!!!! Baru anda coba sangkal satu per satu..........

  23. author

    Supriadi Tarmizi2 tahun yang lalu

    Kalo ad bagian bumi yg melengkung, maka semua air laut yg di bagian tertinggi akan berpindah ke bagian bumi melengkung yg lebih rendah. Teori yg sgt mudah utk di bantah kan. Hahaha....!

  24. author

    kapten zibrud2 tahun yang lalu

    coba lu liat gedung2 tinggi dari jauh pasti keliatan tenggelam bilamana ada sedikit aja objek dipermukaan tanah yg menghalangi,

  25. author

    Bisma sanu2 tahun yang lalu

    matahari itu datar nggak bulat...

  26. author

    Ari San Toso2 tahun yang lalu

    video goblok ga berbobot.

  27. author

    nanda bayu2 tahun yang lalu

    Bummi bulat gendeng....

  28. author

    Gugun Gunawan2 tahun yang lalu

    Di menit 7:06 sampai 7:15 seperti ada awan di balik matahari

  29. author

    Paris Bawazir2 tahun yang lalu

    Saya percaya alquran.. Dan tidak percaya nasa... Bumi bulat tahu kali... Jelas jelas kalian hidup di muka bumi... Bumi berputar.. Ada gempa z bumi kerasa bergoyang apa lagi berputar... Matahari berputar pada poros nya.. Klo pesawat jet luar angkasa.. Balik lagi pasti ke tempat asal nya.. Klo bumi berputar mengelilingi matahari pesawat jet nyasar g bsa balik soal nya bumi sudah pindah tempat dengan kecepatan beribu km per jam

  30. author

    MonSHTer - AE2 tahun yang lalu

    Kl emang bumi bulat , besarnya matahari 400x besarnya bumi,, pd saat matahi sudah mulai kelihatan kenapa sinarnya gak langsung terang seperti pd siang hr.....???? Teori bumi datar lebih logis

  31. author

    Dwi Wasito2 tahun yang lalu

    mataharinya nyentuh awan

  32. author

    Rudi Ana2 tahun yang lalu

    Bumi bulat dah gak lakuuuuuuu masih betahh aja lo di kibulinnnn si nasa lo lo kan sama kaya gua gak pernah naik apolo modal dengkul asal percaya . untung ada yg ngegugat salutt salutttt bagi para penggugat bumi bulat gua ikut pencinta bumi datar soal nya lebih masuk akal. Kl masih percaya yg bulat2 gak apa2 emang yg bulat2 itu enak cilok bulat enak kl garuk biji kelot lg gatel jg enak wakakkkkk tp yg datar lebih enakkkk lempeng hemat bbm

  33. author

    alip alip2 tahun yang lalu

    bulat, kotak, segitiga ato datar ga ada mslh. yg penting hdup damai bermanfaat dan lurus...

  34. author

    sigit malang2 tahun yang lalu

    orang sableng ,konyol lu ,otakmu terbslik

  35. author

    venomonsta2 tahun yang lalu

    Flatard = Republik Of WTF.. oooOOOppss

  36. author

    ontohod chanel2 tahun yang lalu

    Dari kamera k mthri jarakya brp ya, sejauh itu ko lurus, ga ada lengkung nya?

  37. author

    Lancah Man2 tahun yang lalu

    Ssst....!!! Earth is Flat !!

  38. author

    Nico Anderson2 tahun yang lalu

    heii bumi bulat ..kamu gak usah liat matahari,kamu liat aja awan tebal semakin jauh dari anda semakin kliatan rendah dan hampir sama datar dengan posisi anda berdiri ,dan coba anda kejar kesana pasti awanya juga ada jauh di atas anda...,kalian jg mau dibohongi,jgn mau jadi rantai kebohongan,udah ketipu dan menipu yg lain.selamat buat Ilmuan yg FE Tuhan bersama anda dan anda pahlawan dari segala kebenaran

  39. author

    Nico Anderson2 tahun yang lalu

    1000%persen saya yakin bumi datar..dan gak percaya 1juta% sama NASA

  40. author

    Arunz Razid2 tahun yang lalu

    pnjelasan awam...vidio ini mlah mnujukkan bumi datar..lo liat aj dblakang mtahari tuh knpa ada awannya....meteor aj hncur brkeping2 mnabrak langit tau atmosfir..kyak mna nasa pergi ke luar angkasa klo meteor aj hncur. ..lo pikirkan lgi...ada otak kan..klo gk ada gnti aj ma otak sapi

  41. author

    nizam zana3 tahun yang lalu

    wtf

  42. author

    Apho Nurjaman3 tahun yang lalu

    takbermutu